Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Apel HAB Kemenag Ke 78

Tanjungbalai (Humas) Pelaksanaan Apel Memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke 78 Tahun 2024 dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai berjalan dengan sukses dan lancar walaupun disertai dengan turunnya hujan. Rabu (3/1).

Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Apel HAB Kemenag Ke 78


Apel HAB Ke 78 terlaksana di halaman MAN Lokasi 2 diikuti oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Dr. H. Al Ahyu, MA, MA, Ketua DWP Unit Kemenag Tanjungbalai, para Kepala Seksi, Kepala Madrasah, Kepala KUA Kecamatan, Pengawas, Penyuluh Agama, para guru, tenaga pendidik dan seluruh ASN PNS, PPPK dan Pramubakti.

Bertindak sebagai Pembina Apel yakni Walikota Tanjungbalai, H. Waris Tholib, S.Ag, MM dan dihadiri segenap jajaran Forkopimda, Ketua MUI, Ketua FKUB, Ketua DMI, Ketua NU, Alim Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, mewakili Bank BSI, Bank BRI dan Insan Pers.



Dalam amanatnya, Walikota Tanjungbalai membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Gus Men (sapaan Akrab Menteri Agama RI) mengatakan setiap tahun baru, setiap insan Kementerian Agama memiliki makna baru. Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari. Tepatnya 3 Januari 1946. Artinya, setiap memasuki tahun baru, kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama.

“Spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna. Hari Amal 2 Bakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama. Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama,” ucap Walikota saat membacakan sambutan Menag.



Selanjutnya, Pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang kita usung pada HAB ke-78 ini. Ini bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

Terkahir, mari kita wujudkan birokrasi yang melayani. Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak. Kita akan betul-betul bersama umat, yang berujung pada Indonesia Hebat,” pungkas Walikota.



Usai pelaksanaan Apel, Walikota Tanjungbalai bersama Kakankemenag Tanjungbalai menyerahkan Tropi bagi madrasah yang mengikuti lomba jelang HAB, penyerahan Sertifikat Halal sekaligus penyerahan Satya Lencana Karya Satya bagi ASN dilingkungan Kemenag Tanjungbalai. (Art).