KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara Penutupan Hari Jadi Kota Tanjungbalai Ke-399

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama dengan Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I dan seluruh Kepala Seksi menghadiri acara penutupan Hari Jadi Kota Tanjungbalai yang Ke-399 Tahun 2019. Acara tersebut diselenggarakan di lapangan Gedung Olahraga (GOR) Serbaguna Kota Tanjungbalai. Minggu (29/12).

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara Penutupan Hari Jadi Kota Tanjungbalai Ke-399

Sebelumnya Kemenag Kota Tanjungbalai juga turut berpartisipasi memerihakan HUT Kota Tanjungbalai dengan mendirikan stand. Stand tersebut dihiasi dengan berbagai pernak pernik dan jajanan serta makanan jaman dulu karena tema kali ini menciptakan makanan dan jajanan era kesultanan.

Acara tersebut turut dihadiri Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH, Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail, jajaran Forkopimda, Ketua MUI, Ormas, Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat, TNI/Polri, Insan PERS, para pelajar serta masyarakat Kota Tanjungbalai.

Dalam laporannya, Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai, Yusmada Siahaan, M.AP mengatakan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dengan berbagai macam kegiatan yang diantaranya, sidang paripurna DPRD Kota Tanjungbalai, prosesi kesultanan, acara pembukaan HUT Kota Tanjungbalai yang dilaksanakan pada Jumat 27 Desember 2019 dan dilanjutkan dengan acara hiburan tari etnis dan pakpong melayu. Kemudian keesokan harinya dilanjutkan dengan pawai budaya dengan berpakaian busana etnis dan busana dari bahan daur ulang, seleksi pemilihan Parano dan Daro,  parade finalis pemilihan Parano dan Daro, penyerahan hadiah bagi pemenag lomba dan acara hiburan. 

Lebih lanjut Yusmada mengatakan pada malam ini dilaksakan acara penutupan yang juga dirangkai dengan berbagai kegiatan yakni, pemberian santunan kepada anak yatim, orangtua jompo, pemberian bingkisan kepada anak disabilitas, acara penutupan dan dikahiri dengan dzikir akbar, doa bersama dan tausiah.

“Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia pelaksana yang telah merancang seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan juga kepada masyarakat Kota Tanjungbalai saya ucapkan terimakasih telah memeriahkan HUT Kota Tanjungbalai yang ke-399 ini,” ucap Yusmada mengakhiri laporan.

Semantara itu, Walikota Tanjungbalai dalam arahan dan bimbinggannya mengatakan dzikir akbar dan doa bersama bertujuan untuk bermunajat kepada Allah SWT agar Kota Tanjungbalai terhindar dari bahaya dan bencana sehingga upaya pemerintah dalam menapaki cita-cita membangun Kota Tanjungbalai menjadi lebih baik dapat terwujud.

Syahrial juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap kompak dan menjaga silaturahmi serta situasi yang damai. Apalagi di tahun 2020 nanti pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungbalai akan terlaksana.

“Mari kisa sambut tahun 2020 dengan kebersamaan dan kedamaian. Walaupun pilihan kita berbeda namun NKRI harus tetap kita jaga. Hindari konflik, provokasi dan penyebaran berita hoax yang dapat memicu terjadinya konflik sesama kita. Terutama provokasi masalah agama yang sangat besar pengaruhnya saat ini, mari kita wujudkan Islam yang rahmatan lil’alamin dengan tetap menjaga toleransi antar umat beragama,” pesan Walikota. 

14 Pasang Pasutri Ikuti Sidang Isbat Nikah Massal

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar acara sidang Isbat Nikah Massal yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Tanjungbalai bertempat di Aula Kemenag Kota Tanjungbalai, Kamis (19/12). Acara ini juga merupakan salah satu agenda kegiatan Kemenag Kota Tanjungbalai dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke-74 Januari mendatang.

14 Pasang Pasutri Ikuti Sidang Isbat Nikah Massal

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Tanjungbalai, Hamdan Harahap, S.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Kementerian Agama dalam hal pelayanan kepada masyarakat untuk mempermudah urusan administrasi seperti adminitrasi kependudukan, pengurusan kartu keluarga, akta kelahiran anak dan itu semua dibutuhkan buku nikah yang sah secara hukum  Islam dan Undang-Undang Perkawinan.

Ketua Pengadilan Agama Tanjungbalai, Eldi Harponi, S.Ag, MH dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kali pertama pihak Kemenag dengan Pengadilan Agama menggelar acara ini. “Untuk itu, pada tahun 2020, kami akan melakukan isbat nikah massal di Kantor KUA Kecamatan saja dengan sistem tiga bulan dua Kecamatan secara berkala dengan satu syarat bahwa satu kecamatan harus memiliki lebih dari sepuluh perkara,” ucapnya.

Eldi Harponi juga menambahkan dilakukannya program tersebut untuk memberikan akses yang seluas-luasnya masyarakat karena menurut laporan dari Dinas Dukcapil masih banyak masyarakat di Kota Tanjungbalai yang belum tercatat pernikahannya secara sah.

Semantara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA mengapresiasi kerja para Kepala KUA Kecamatan karena kegiatan ini hanya dirancang kurang lebih satu minggu. Untuk itu Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak terkait yang telah bisa melaksanakan kegiatan ini.

Diakhir sambutannya Ia berharap agar ditahun 2020 mendatang pihak Kemenag dan Pengadilan terus bersinergi memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat guna mewujdkan kehidupan rumah tangga yang harmonis dan berkualitas.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara NGOPI di Kabupaten Batubara

Acara Ngobrol Pendidikan Islam atau yang disebut dengan istilah “NGOPI” yang diselenggarakan oleh 4 (empat) Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yakni, Kemenag Kota Tebing Tinggi, Kemenag Kabupaten Batubara, Kemenag Kabuten Asahan dan Kemenag Kota Tanjungbalai berjalan dengan sukses dan lancar, Rabu (18/12).

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara NGOPI di Kabupaten Batubara

Acara yang dipusatkan di Kabupaten Batubara tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, H. Iwan Zulhami, SH, M.AP beserta rombongan, Bupati Kabupaten Batubara Ir. H. Zahir, M.AP, Kakankemenag Kota Tebing Tinggi, Julsukri Mangandar Limbong, M.M, Kakankemenag Kabupaten Batubara, H. Ahmad Sofian, MA, Kakankemenag Kabupaten Asahan, Dr. H. Hayatsyah, M.Pd dan Kakankemenag Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA.

NGOPI ini mengambil tema “Menangkal Paham Radikalisme Dalam Menjaga Kebersamaan Umat Beragama Dengan Moderasi Beragama”. Suasana dialog dalam kegiatan NGOPI ini pun berlangsung dengan rasa nyaman dan santai karena seluruh peserta dengan narasumber dapat berdialog dengan penuh keakraban namun tetap fokus pada permasalahan, sehingga setiap persoalan yang disampaikan dapat ditanggapi dengan baik. 

Kakanwil Kemenag Sumut dalam arahannya mengatakan bahwa acara NGOPI ini bukan sekedar acara ngobrol-ngobrol biasa melainkan untuk mencari inovasi baru dalam perkembangan mutu dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam yang ada di Sumatera Utara.

Iwan Zulhami menambahkan para guru agama haruslah profesional dan mampu mengusai ilmu agama dengan baik serta memiliki pengetahuan yang cukup tentang ilmu agama. “Saya kira kurang pas kalau ada guru agama tetapi dia sendiri tidak memahami ilmu agama, ini bisa menjadi musibah bagi madrasah/sekolah,” ujar Kakanwil.

“Untuk itu kegiatan NGOPI ini bertujuan menepis segala persoalan-persoalan yang ditemui saat ini melalui dialog dengan para narasumber yang nantinya dapat menciptakan ruang lingkup yang nyaman dan aman bagi madrasah, guru maupun murid untuk menuju madrasah hebat bermartabat,” lanjutnya.

Kakanwil Kemenag Sumut juga mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh rombongan yang hadir serta mengapresiasi kerja para panitia pelaksana yang telah merancang acara ini dengan baik mulai dari senam pagi, olahraga bersama, NGOPI hingga acara tambahan lainnya.

Pelaksanaan Undian Lucky Draw di Kemenag Tanjungbalai Berlangsung Meriah

Usai pelaksanaan gerak jalan santai kerukunan umat beragama, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menyambut para peserta gerak jalan dengan undian lucky draw yang di halaman Kantor Kemenag Kota Tanjungbalai, Minggu (15/12).


Undian lucky draw berlangsung meriah dengan berbagai macam hadiah menarik yang sudah menanti, mulai dari payung, kompor gas, peralatan rumah tangga, termos, setrika, tas sekolah, dispenser, sepeda olahraga hingga grand prize berupa 1 unit mesin cuci dan 1 unit lemari pendingin (kulkas). 

Sebagian besar hadiah merupakan partisipasi dari berbagai instansi. Walikota Tanjungbalai, Kapolres, Kajari, Pimpinan Bank BSM dan jajaran FKUB turut memberikan hadiah sebagai bentuk persaudaraan dalam memeriahkan HAB Kemenag Ke 74. 

Pada pukul 08.00 WIB terlihat para peserta gerak jalan santai mulai memadati halaman Kemenag Tanjungbalai. Satu per satu mulai memasukkan nomor undian kedalam kotak undian yang dipandu oleh panitia.

Sebelum pengundian dilakukan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H.Al Ahyu, MA  dalam sambutannya mengapresiasi keikutsertaan seluruh kalangan lintas agama dalam mengikuti kegiatan yang dibentuk oleh Kemenag Tanjungbalai dan FKUB.

Al Ahyu menambahkan bahwa gerak jalan dan lucky draw merupakan julid ke 4 yang dibentuk oleh Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dalam memeriahkan Hari Amal Bakti. “Untuk itu para peserta diharapkan untuk terus semangat dan saling menjaga keharmonisan antar sesama agama, jangan saling menjatuhkan satu sama yang lain tapi mari sama-sama kita pererat tali silaturahmi sesama umat beragama agar tahun depan lucky draw ini lebih meriah dan lebih banyak hadiah-hadiah menarik lainnya,” ungkapnya.

Kemuadian Kakankemenag juga berharap bahwa hadiah yang diperoleh bagi para peserta yang beruntung agar dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Ke-74 yang diperingati pada 03 Januari 2020 mendatang, Kantor Kementrian Agama Kota Tanjungbalai bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar gerak jalan santai kerukunan umat beragama, Minggu (15/12).

Kemenag Tanjungbalai Gelar Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama

Peserta gerak jalan santai diikuti dari berbagai kalangan lintas agama se-Kota Tanjungbalai yakni, agama Islam, Katolik, Kristen, Budha, Hindu dan Konghucu. Adapun peserta gerak jalan santai terdiri dari ASN Kemenag, karyawan/ti Bank, para siswa-siswi, tenaga pendidik serta dari kalangan masyarakat.

Berawal dari lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, para peserta akan berjalan mengikuti rute perjalan mulai dari jalan Pahlawan, jalan Sutomo, jalan Jend. Sudirman hingga berakhir di Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai.

Sebelum sesi pelepasan, Kakankemenag Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh tokoh agama serta masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan HAB Kemeneg Ke 74 mendatang.

Al Ahyu berharap dengan adanya gerak jalan santai ini bukan menjadi ajang sekedar berjalan-jalan akan tetapi mampu menumbuhkan rasa toleransi kepada kita antar sesama agama, menumbuhkan keharmonisan bermasyarakat serta menolak isu-isu yang memecahkan persatuan dan kesatuan.

“Hal itu menjadi tanda bahwa Kementerian Agama Kota Tanjungbalai tidak hanya sebagai simbol, namun terlibat langsung dalam upaya pembangunan masyarakat yang agamis dan toleran,” tambahnya.

Disamping itu, Walikota Tanjungbalai, H. M.Syahrial, SH, MH dalam arahannya mengatakan kegiatan yang digelar oleh Kemenag dan FKUB ini cukup baik untuk melihat sejauh mana toleransi antar agama di kota ini. “Dan alhamdulillah isu-isu yang memecahkan umat tidak terdengar hingga saat ini,” ucap Syahrial.

Sayahrial juga menambahkan kegiatan gerak jalan kerukunan ini suatu hal yang positif untuk memperkuat tali persaudaraan antar sesama agama, tidak membeda-bedakan satu dengan yang lain namun juga berbaur menjadi satu.

Tepat pada pukul 07.30 WIB, Walikota Tanjungbalai yang didampingi Kakankemenag, Ketua FKUB, Kapolres, Ketua Pengadilan Agama, Ketua MUI, Kajari dan pimpinan Bank melepas peserta gerak jalan santai kerukunan dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”.

Jelang HAB Ke 74, Kemenag Tanjungbalai Gelar Berbagai Kegiatan

Jelang peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke 74 pada 03 januari 2020 mendatang, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan berbagai macam kegiatan berupa kegiatan edukasi dan kemasyarakatan, Rabu (11/12).

Jelang HAB Ke 74, Kemenag Tanjungbalai Gelar Berbagai Kegiatan


Adapun kegiatannya berupa; jalan santai kerukunan umat beragama, gotong royong kerukunan umat beragama, lomba guru berprestasi, lomba pidato bahasa Indonesia tingkat MI, lomba tahtim tingkat MTs, lomba marhaban tingkat MA, lomba ayat ahkam bagi majelis taklim, lomba volly ball dan tenis meja bagi guru madrasah dan karyawan/ti Kemenag, senam bersama, pelaksanaan isbat nikah massal dan penyerahan penghargaan bagi tokoh masyarakat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA resmi membuka kegiatan tersebut yang ditandai dengan pemukulangan Gong dengan didampingi langsung oleh Ketua DWP Kemenag Tanjungbalai Hj. Rina Lestari, S.Ag dan juga para Pejabat Kemenag Tanjungbalai dihalaman Kantor Kenenag Tanjungbalai.

Dalam sambutannya Al Ahyu mengatakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan yang disusun oleh seluruh panitia cukup baik karena disitu keterlibatan masyarakat benar-benar ada. “Ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan keharmonisan bagi kita dan juga kepada masyarakat,” ungkap Kakankemenag.

Ia juga menambahkan pada kegiatan edukasi bagi anak didik tingkat MI, MTs dan MA diharapkan mampu memberikan penampilan yang terbaik didepan dewan juri agar nantinya hasil yang peroleh benar-benar dari peserta didik tidak ada campur tangan dewan juri. “Kepada dewan juri saya harapkan agar bersikap netral, sehingga siapa yang terbaik maka itulah yang dijadikan juara,” tegasnya.

Selanjutnaya, Al Ahyu mengatakan pada perayaan puncak HAB Ke 74 nanti diharapkan kepada seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai baik PNS maupun Non PNS agar turut memeriahkan nya baik pada kegiatan tahlilan bersama, ziarah ke makam pahlawan, upacara HAB hingga acara resepsinya.

Saya minta kepada seluruh Kepala Seksi dan Kepala KUA untuk mengkordinir staf-staf nya menghadiri acara puncak tersebut. “Ini acara besar kita untuk kita, kalau bukan kita yang memeriahkannya siapa lagi,” ucap Kakankemenag mengakhiri sambutannya. 

Acara tersebut turut dihadiri seluruh Kepala Seksi, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah Negeri dan Swasta, para penyuluh agama, serta seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai.

Kakankemenag Buka Secara Resmi Seleksi Penyuluh Agama Islam Non PNS

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I dan Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag membuka secara resmi seleksi Penyuluh Agama Islam Non PNS Masa Bakti 2020-2024 dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Minggu (08/12).

Kakankemenag Buka Secara Resmi Seleksi Penyuluh Agama Islam Non PNS

Acara tersebut dibuka di halaman Madrasah Aliyah Negeri Kota Tanjungbalai dengan melakukan seremonial apel pagi pembukaan pada pukul 07.30 WIB. Apel tersebut juga dihadiri oleh para penguji yang terdiri Penyuluh Agama Islam PNS Kota Tanjungbalai.

Seleksi penyuluh ini dilakukan dengan dua metode ujian yaitu ujian tertulis dan ujian wawancara. Ujian tertulis dilaksanakan di salah satu ruang kelas MAN Tanjungbalai tepatnya pada pukul 08.00 WIB s/d 09.30 WIB dan selanjutnya dilakukan ujian wawancara yang bertempat di Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai pada pukul 10.00 WIB s/d selesai.

Pada kesempatan itu, Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahannya mengatakan bahwa ujian seleksi ini dilakukan secara nasional serentak se Indonesia. “Untuk itu diharapkan para peserta yang mengikuti seleksi ini mampu menjawab soal dengan baik dan teliti,” imbuhnya.

Al Ahyu juga menambahkan tujuan seleksi ini ialah untuk merekrut para penyuluh agama Islam yang memiliki kompetensi yang baik dan berintegritas kepada bangsa dan negara. Oleh karena itu para penyuluh ini diseleksi dengan ujian yang sangat ketat yaitu ujian tertulis yang nanti akan langsung dikoreksi oleh panitia seleksi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

Ditempat terpisah Penyelenggara Syariah Kemenag Tanjungbalai mengatakan ada tiga materi yang akan diujikan dalam tes wawancana, pertama tentang wawasan kebangsaan, kedua praktik membaca Al Qur’an dan praktik ibadah dan yang ketiga tentang bagaimana para peserta mampu atau tidak melaksanakan khutbah sholat jumat atau ceramah di tengah-tengah masyarakat.

Abdullah Rahim juga mengatakan waktu pelaksanaan ujian 08 Desember 2019 tetapi para peserta terus disaring selama 30 hari mulai 01 November s/d 29 November 2019. Para peserta yang mendaftar sebanyak 41orang dengan kelengkapan berkas yang baik.  

“Seleksi ini dibuka untuk umum kepada masyarakat sehingga masyarakat berhak mengikuti seleksi ini, namun yang ditetapkan sebagai penyuluh pada masa bakti 2020-2024 sebanyak 8 orang. Kami berharap kepada Allah agar penyuluh yang terpilih adalah penyuluh yang mempuni,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan tes ujian wawancara tampak di hadiri oleh Kepala Bidang Penais Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Prov. Sumut, H. Abdul Manan, MA.

Kasubbag TU Hadiri Acara Hari Disabilitas Internasional

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, MM menghadiri acara peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2019 yang diselenggakan oleh Dinas Sosial Kota Tanjungbalai bertempat di lapangan Kantor Dinas Sosial, Selasa (03/12).

Kasubbag TU Hadiri Acara Hari Disabilitas Internasional

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai, Yusmada, SH, M.AP, Kajari, Kapolres, Pimpinan Bank, Instansi Vertikal, Kadis Sosial, Kadis Pendidikan, Ketua MUI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Sekda Kota Tanjungbalai mengatakan HDI ini hendaknya kita saling meningkatkan solidaritas terhadap teman-teman yang penyandang disabilitas, membuka kesadaran kita tentang disabilitas serta memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan difabel.

Selanjutnya ia juga mengatakan bahwa pihak dari Dinas Sosial maupun lembaga-lembaga lainnya harus saling berkoordinasi demi memakmurkan disabilitas dengan memberikan mereka wadah pembelajaran dan keterampilan seperti menjahit maupun membatik.

Lebih lanjut Yusmada berharap dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional ini mari kita saling bergandeng tangan dan tidak saling menuai kesombongan agar teman-teman kita penyandang disabilitas tidak terkucilkan dan juga mereka dapat merasakan kesetaraan yang sama.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara HUT KORPRI Ke-48

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Ke 48 Tahun 2019, Senin (02/12).

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara HUT KORPRI Ke-48

Upacara yang dihelat di lapangan Kantor Pemerintah Kota Tanjungbalai berlangsung dengan tertib dan khitmad. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH, sedangkan Komandan Upacara ialah Pahala Zulfikar yang merupakan Camat pada Kecamatan Tanjungbalai Selatan.

Walikota Tanjungbalai dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia JokoWidodo, menyampaikan salam sekaligus apresiasi khusus pada anggota KORPRI yang bertugas di pelosok pelosok negeri, di pulau-pulau terdepan, di kawasan perbatasan dan wilayah-wilayah terisolir.

“Mereka adalah abdi negara yang menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, untuk memastikan negara hadir di seluruh penjuru tanah air. Terima kasih atas pengabdian yang saudara-saudara berikan kepada rakyat, bangsa dan negara,” ujar Walikota.

Di sisi lain, persaingan antar negara juga semakin sengit untuk berebut teknologi, berebut pasar dan memperebutkan talenta-talenta hebat yang digunakan untuk memajukan negaranya. Dalam menghadapi perubahan dan persaingan itu, kita tidak boleh takut. Kita harus menghadapi persaingan itu dengan cara-cara baru, dengan terobosan-terobosan baru. Kecepatan, kreativitas dan inovasi adalah kunci. Cara-cara lama yang monoton, yang tidak kompetitif tidak bisa diteruskan lagi. Kita harus bisa lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan negara lain.

“Karena itu, saya mengajak seluruh anggota KORPRI untuk mengambil jalan perubahan, melakukan reformasi secara berkelanjutan. Tidak ada lagi pola pikir lama. Tidak ada lagi kerja linear. Dan tidak ada lagi kerja rutinitas. Birokrasi harus berubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, cepat beradaptasi dengan perubahan. Saya mengajak seluruh Anggota KORPRI untuk terus menerus bergerak mencari , terobosan, terus menerus melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan yang menyulitkan rakyat, harus kita pangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi,” jelas Syahrial.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh unsur FKPD dan SKPD, Instansi Vertikal, BUMD, OKP, Organisasi Wanita, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, TNI/Polri, beberapa Purnabhakti Pemko Tanjungbalai, Insan Pers serta Para Pelajar.