KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Tausiah 10 Muharram 1441 H / 2019 M

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri acara tausiah 10 Muharram 1441 H / 2019 M bertempat di Aula Pendopo Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai, Senin (16/9).

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Tausiah 10 Muharram 1441 H / 2019 M

Acara tersebut dihadiri segenap pimpinan Forkopimda, Camat, Lurah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan yang berhadir. Acara ini juga diisi oleh pentausiah Al Ustadz Kumpul Pandapotan, S.Pd.I.

Sebelum mulai acara tausiah, Walikota Tanjungbalai yang diwakili oleh Wakil Walikota, Drs. H. Ismail dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu yang berhadir pada acara ini dengan maksud guna mempererat tali ukhuwah islamiyah diantara kita. 

Ismail juga mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengingatkan masyarakat khususnya umat Islam untuk menjaga keutuhan umat Islam yang penuh kedamaian, membangkitkan spirit muharram sebagai spirit kebangkitan Islam dalam menghadapi berbagai persoalan global saat ini.

Mengingat keutamaan-keutamaan bulan muharram ini, sepatutnya kaum muslimin mensyukuri kedatangannya dan diharapkan kegiatan ini bisa menjadi salah satu jalur untuk meningkatkan pemahaman keislaman dan ketaqwaan kepada Allah SWT sehingga terbentuk pribadi muslim baru yang berkualitas.

“Mari kita jadikan momen pergantian tahun ini menjadi semangat untuk mengubah diri menjadi lebih baik dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT agar tahun baru ini jauh lebih baik dari pada memperbaiki amalan-amalan kita ditahun lalu,” ucap Ismail saat mengakhiri sambutannya.

Kakankemenag Resmikan Pondok Tahfidz Qur’an As-Safri MAN Tanjungbalai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA meresmikan Pondok Tahfidz Qur’an As-Safri MAN Tanjungbalai yang beralokasikan di halaman MAN Kota Tanjungbalai jalan M. Abbas Kelurahan Pantai Burung Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Senin (16/9).

Kakankemenag Resmikan Pondok Tahfidz Qur’an As-Safri MAN Tanjungbalai

Acara yang juga dirangkai dengan Gebyar 1 Muharram 1441 Hijriyah dan Market Day atau Bazar Kuliner turut dihadiri Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag, Pengawas Madrasah, Pengurus Komite, Kepala MAN sepembinaan dan seluruh siswa-siswi MAN Tanjungbalai.

Kepala MAN Tanjungbalai, Khoirul Amri Hasibuan, M.Pd mengatakan bahwa peresmian pondok tahfidz Qur’an ini dalam upaya menjawab seruan Kakanwil Kemenag Sumut yang mengatakan bahwa setiap Madrasah harus memiliki pondok tahfidz Qur’an sebagai salah satu wadah dalam membina siswa-siswi menuju generasi Qur’ani yang cerdas, tangguh, cinta akan Al-Qur’an serta berakhlatul karimah.

Khoirul Amri juga mengatakan pondok tahfidz Quran ini juga bisa diperuntukkan bukan hanya bagi siswa-siswi MAN melainkan masyarakat sekitar juga dapat menggunakannya. “Masyarakat yang berkenan menggunakan pondok tahfidz Quran ini bisa digunakan pada malam hari setiap 3x dalam seminggu sesuai jadwal yang sudah ditentukan,”imbuhnya.

Khoirul Amri menekankan bahwa dengan diresmikannya pondok tahfidz Quran ini, MAN Tanjungbalai akan menyaring qori dan qoriah untuk menjawab tantangan dari Kakanwil Kemenag Sumut yang insyaallah akhir tahun ini akan dilaksanakan MTQ tingkat Madrasah se Sumatera Utara.

“Dalam upaya ini juga MAN Tanjungbalai akan segera membuat suatu event lomba antar siswa yang diantaranya, lomba tilawah, lomba tahfidz juz 30, lomba khatib dan lomab syahril demi mematangkan dan mematenkan semangat siswa-siswi MAN yang akan berkompetisi serta dapat meraih posisi pertama pada setiap cabang,” ucap Khoirul Amri.  

Menangapi hal tersebut, Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahannya dan bimbingannya mengatakan bahwa ia mendukung penuh program-program yang direncakan oleh Kepala MAN untuk mendongkrak semangat para siswa dalam upaya memajukan MAN Tanjungbalai pada setiap ajang kompetisi.

Kakankemenag Tanjungbalai juga menambahkan bahwa ada beberapa madrasah yang telah berhasil memasarkan produk-produk buatan dari tangan para siswanya. Disini saya melihat bahwa acara ini menampilkan bazar kuliner. Itu cukup baik karena kita dapat melihat keterampilan para siswa bukan hanya sebagai pelajar namun mempunyai jiwa enterpreneurship dan juga ini dapat menjadi suatu project besar bagi kita untuk memasarkan produk baik dari karya seni maupun dari kuliner dengan daya jual yang cukup baik.

Al Ahyu meminta kepada Kepala MAN agar mempertahankan program ini supaya MAN Tanjungbalai dapat sejajar dengan madrasah-madrasah hebat lainnya.

Diakhir arahannya Al Ahyu mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran MAN Tanjungbalai dan juga siswa-siswi MAN Tanjungbalai atas terselenggaranya acara ini dengan baik dan juga bermanfaat bagi siswa-siswi. 

Jemaah Haji Asal Kota Tanjungbalai Telah Tiba di Kampung Halaman

Sebanyak 176 Jemaah Haji asal Kota Tanjungbalai yang tergabung dalam Kloter 19 tiba di Kota Tanjungbalai pada Pukul 15.00 WIB. Kepulangan jamaah haji disambut langsung oleh Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH, Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail,  Ketua DPRD Tanjungbalai, H. Maralelo Siregar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA, unsur Forkopimda serta Pimpinan OPD di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, Kamis (12/09).

Jemaah Haji Asal Kota Tanjungbalai Telah Tiba di Kampung Halaman

Sebelumnya kepulangan jamaah haji asal Kota Tanjungbalai juga turut disambut oleh Walikota Tanjungbalai, Ketua DPRD, Kakankemenag Tanjungbalai beserta rombongan di Bandara Kualanamu Internasional Airport Deli Serdang yang landing pada pukul 05.30 WIB. 

Saat membacakan laporannya, Kakankemenag Tanjungbalai mengatakan bahwa jumlah jamaah haji Kota Tanjungbalai yang diberangkatkan pada 30 Juli 2019 yang lalu berjumlah 176 orang namun yang pulang ketanah air sebanyak 175 orang.

“Ada satu orang jamaah haji kita yang tidak dipulangkan atas nama Syawaluddin Abdul Hamid Sinaga usia 68 tahun dengan nomor manifest 235. Beliau berdomisili di jalan pancing perjuangan kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai dan beliau masih di rawat di Rumah Sakit Saudi Jerman Madinah dalam keadaan kondisi kesehatan yang menurun pasca operasi” tambahnya.

Al Ahyu juga meminta kepada seluruh jamaah haji untuk mendoakan saudara kita yang tengah di rawat di RS. Saudi Jerman Madinah agar beliau segera sembuh dan dapat pulang ketanah air dengan sehat dan selamat serta dapat kembali berjumpa dengan keluarga.

Disamping itu juga Walikota Tanjungbalai dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur atas kepulangan jamaah haji ke kampung halaman dengan sehat dan selamat. Karena yang kita tahu dalam melaksanakan serangkaian ibadah haji di Mekkah dan Madinah tidak mudah dikerjakan apalagi jamaah yang dikategorikan lanjut usia.

Ia juga menambahkan di Tanah Suci Makkah para jamaah melaksanakan berbagai proses tahapan haji. Saat berangkat tidak saling mengenal dan kembali saling mengenal. “Jalinlah silaturahmi dengan baik dan tetap harus dijaga dengan baik,” ucapnya.

Walikota juga berharap kepada para jamaah haji agar tidak sombong dengan apa yang telah didapat saat ini. Semoga apa yang telah didapatkan ditanah suci diberkahi oleh Allah SWT.

Kakankemenag : Guru PAI Jangan Monoton Memberikan Pembelajaran Kepada Siswa

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Mulyadi, S.Pd.I dan Pengawas PAI, Drs. Sangkot Martua Nasution membuka secara resmi Program Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan Bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB-GPAI) serta Evaluasi Diri Penilaian Kinerja bagi Guru PAI yang digelar di Aula Kemenag Tanjungbalai. Senin (09/9).

Kakankemenag : Guru PAI Jangan Monoton Memberikan Pembelajaran Kepada Siswa

Berdasarkan laporan Kasi PAKIS Kemenag Tanjungbalai, beliau mengatakan bahwa acara ini berlangsung selama dua hari dengan metode tiga sesi. Sesi pertama jumlah peserta terdiri dari 48 orang guru PAI dengan dimulainya acara pada pukul 08.00 WIB s.d 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB s.d 17.00 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 48 orang dan dilanjutkan pada esok hari pada pukul 08.00 WIB s.d 12.00 WIB sebanyak 51 orang. 

“Dengan demikian jumlah keseluruhan peserta pada kegiatan ini berjumlah 147 orang yang terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se Kota Tanjungbalai,” tambahnya. 

Kakankemenag Tanjungbalai pada arahan dan bimbingannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi mengatakan bahwa kegiatan ini cukup baik dan banyak manfaatnya bagi guru PAI dalam meningkatkan mutu dan kompetensi.

Maksud utama kegiatan ini ialah untuk saling mengevaluasi diri terkait kinerja guru PAI serta saling membagi ilmu dan berkomunasi antar sesama guru PAI dalam memberikan ilmu keislaman kepada siswa-siswi untuk membangun karakter insan yang mulia dan taat kepada ajaran Islam di era modern saat ini.

Lebih lanjut Al Ahyu mengatakan bahwa guru PAI harusnya mampu memberikan ide-ide baru dalam metode pembelajaran sehingga para siswa tidak bosan terharap gurunya dan juga tidak bosan dengan pelajaran agamanya, dengan begitu proses belajar mengajar menjadi efektif.

“Saya berharap guru PAI harus memenuhi standart pengembangan kompetensi, sehingga sekolah mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik dan juga saya berharap guru PAI jangan monoton memberikan pembelajaran kepada anak didik,” ucap Kakankemenag saat menutup arahannya.

Kepala KUA Harus Menjadi Wajah Terdepan Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat

Tanjungbalai (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA melantik Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan di Aula Kemenag Tanjungbalai yang dihadiri Kasi Bimas Islam, Kasi Penmad, Pengawas, Penyelenggara Syariah, Penyuluh Agama dan Koordinator Kepegawaian beserta stafnya, Selasa (03/9).

Kepala KUA Harus Menjadi Wajah Terdepan Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan rotasi atau tukar posisi antar sesama Kepala KUA. Masing-masing dari Kepala KUA bertukar posisi demi membangun Kantor Urusan Agama yang lebih baik. Mutasi atau rotasi merupakan hal yang biasa dalam rangka penyegaran tugas dan peningkatan karir.

Al Ahyu juga mengatakan bahwa Kepala KUA Kecamatan tetap menjadi wajah terdepan Kementerian Agama dalam hal pelayanan publik kepada masyarakat. “Untuk itu saya berharap kepada yang dilantik, semoga dengan amanah yang diberikan ini mampu mendorong potensi kerja yang lebih baik dengan semangat lima nilai budaya kerja serta menonjolkan sisi positif untuk Kementerian Agama kedepannya,” ucap Kakankemenag.

Al Ahyu berharap kepada para pejabat khususnya di lingkungan Kemenag Tanjungbalai untuk saling membangun komunikasi yang baik serta saling berkoordinasi antar sesama dalam upaya meningkatkan performa kerja.

Dikahir sambutannya, Al Ahyu berpesan kepada Kepala KUA yang dilantik agar menjadi garda terdepan yang membawa visi dan misi Kemenag di tingkat kecamatan untuk selalu menjaga citra positif Kemenag serta juga dapat menjadi salah satu indikator peniliaian masyarakat terhadap pelayanan publik di Kementerian Agama. (Art).

Kakankemenag Tanjungbalai Sambut Barisan Pawai Dimimbar Kehormatan

Tanjungbalai (Inmas) Tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 01 September 2019, seluruh Instansi Pemerintah Kota Tanjungbalai, kalangan pelajar, Ormas, lintas etnis dan organisasi perangkat daerah melaksanakan pawai 1 Muharram yang dilepas oleh Asisten II Pemko Tanjungbalai, H. Zainul Arifin didepan Masjid Raya Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, Senin (02/9).

Kakankemenag Tanjungbalai Sambut Barisan Pawai Dimimbar Kehormatan

Pawai yang dimulai pada pukul 14.00 WIB, melintasi Jalan Masjid, Jalan Jend. Sudirman, Jalan Sutomo, Jalan Pahlawan dan berakhir di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah. Terlihat pula pawai peserta pawai begitu antusias dan semangat saat pawai berlangsung.

Dimimbar kehormatan peserta pawai disambut oleh Walikota Tanjungbalai, H. Muhammad Syahrial, SH, MH, Wakil Walikota, Drs. H. Ismail, Ketua DPRD, H. Maralelo Siregar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA, Ketua MUI, H. Syahron Sirait, S.Pd.I dan unsur Forkopimda Tanjungbalai.

Dalam kesempatan itu, Walikota Tanjungbalai mengimbau kepada ummat Islam untuk mengisi Tahun Baru Islam dengan amalan-amalan yang diridhai Allah SWT dan berusaha membuang jauh amalan yang tidak baik.

“Sebagai ummat Islam mari kita melaksanakan perintah Allah SWT dan mengamalkan kebaikan sebagaimana ajaran Nabi Muhammad SAW agar kehidupan kita kelak berakhir dengan khusnul khatimah,” kata Syahrial.

Ditambahkan, momentum tahun baru Hijriyah hendaknya menjadikan ummat Islam hijrah dari syirik ke tauhid, dari munafik ke sidiq, dari cinta dunia ke cinta akhirat sehingga kita lebih mantap dalam beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dari tahun-tahun sebelumnya.

“Mengawali bulan Hijriyah mari kita pindah dari kegelapan menuju cayaha Islami, dari kekufuran menuju keimanan, semoga di tahun baru Islam ini rezeki kita bertambah dan panjang umur,” imbau Walikota. (Art).