KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Lomba 17-an ASN Kemenag Tanjungbalai Berlangsung Meriah

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019, Keluarga Besar Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan berbagai kegiatan atau perlombaan yang diperuntukkan khusus antar sesama ASN dilingkungan Kemenag Tanjungbalai baik PNS dan Non PNS. Rabu (21/8).

Lomba 17-an ASN Kemenag Tanjungbalai Berlangsung Meriah

Kegiatan ini juga dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA pada apel pagi yang dilaksanakan dihalaman Kantor Kemenag Tanjungbalai. Apel pagi ini dihadiri oleh Kepala Seksi, Penyeleggara Syariah, Pengawas, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Penyuluh Agama dan seluruh peserta lomba.

Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21 – 22 Agustus 2019 dengan cabang perlombaan antara lain, catur, tenis meja, lari dalam karung, memasukkan paku kedalam botol, mengupas telur puyuh, makan kerupuk, pembacaan UUD 1954, pembacaan Prasetya Kopri dan yang terakhir Pembacaan Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama.

“Lomba tidak hanya diikuti pegawai kantor, tetapi juga guru, staf KUA, dan tenaga honor baik tingkat MI, MTs dan MA,” ucap Kasi Bimas Islam.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahannya mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh penitia pelaksana dalam waktu yang sangat singkat dapat merancang kegiatan dengan baik dan sempurna dan juga terima kasih kepada seluruh ASN dan pramubhakti yang antusias mengikuti kegiatan ini.

“Kegiatan yang sangat sederhana ini dapat direspon baik, ini menunjukkan bahwa kita adalah orang-orang berintegritas dan juga sangat menghargai kebersamaan. Mudah-mudahan antusias kita ini dapat menunjukkan bahwa ASN Kemenag Tanjungbalai kuat, kokoh dan siap sedia untuk bersama,” kata Kakankemenag.

Lebih lanjut Al Ahyu mengatakan kendati pun kegiatan ini sederhana dan dirancang secara sederhana, kita ingin dalam dua hari ini memberi muatan dalam kegiatan ini sehingga memberikan dampak yang positif.

Al Ahyu berharap perlombaan ini mampu menumbuhkan rasa sportifitas diantara kita dan juga jangan jadikan kekalahan sebagai dendam dalam hati tapi jadikan sebagai hiburan dan semangat dalam diri. “Perlombaan tersebut bukan sekadar memeriahkan HUT RI saja, tetapi juga bertujuan mempererat tali silaturahmi antar pegawai dilingkungan Kemenag Tanjungbalai,” tutupnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Doa HUT Kemerdekaan RI Ke-74

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri sekaligus memimpin doa pada acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019 yang didampingi pemuka agama yakni, agama Katholik, Protestan, Budha dan Khonghucu. Sabtu (17/8).

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Doa HUT Kemerdekaan RI Ke-74

Upacara yang berlangsung di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai dipimpin langsung oleh Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH sebagai Inspektur Upacara sedangkan Komandan Upacara yakni, Wadanki Brimob Subden/3, Polda Sumut, Iptu Pandu Winata Batubara. Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Tanjungbalai, H.Maralelo Siregar. 

Saat memimpin doa, Al Ahyu memanjatkan kepada Allah SWT untuk mensyukuri 74 tahun kemenrdekaan NKRI sebagai upaya lebih meneguhkan diri, merajut kemajemukan dalam jalinan persaudaraan sesama anak negeri, mencegah permusuhan, pertikaian dan perpecahan yang harus dihindari.

Al Ahyu juga meminta kepada Allah SWT untuk diberikan kekuatan antar sesama agar saling menyamai kedamaian, saling menjaga kerukunan, saling menyokong perdamaian, saling merawat persaudaraan sekaligus saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran.

Usai pembacaan doa oleh Kakankemenag dilanjutkan dengan penyerahan bendera Merah-Putih kepada personel Paskibra pembawa baki, Dini Alisa siswi MAS YMPI Sei Tualang Raso oleh Walikota Tanjungbalai.

Pengibaran bendera Merah-Putih satu tiang penuh itu dilakukan tiga personel Paskibra yaitu, Muhammad Hanafi (SMN 7), Arif Rahman (MAN) dan Amrozi Sinaga (MAS-YMPI). Sedangkan Komandan Paskibra adalah Ipda Fauzi Guntara (Brimob).

Upacara yang berlangsung khidmat dan tenang dihadiri unsur Forkopimda, sejumlah pejabat SKPD, personil TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil dan para pelajar.

Penyelenggara Syariah Pimpin Doa Pemberian Remisi di Lapas Klas IIB Tanjungbalai

Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Abdullah Rahim, S. Ag memimpin doa paca acara pemberikan remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIB Tanjungbalai, Sabtu (17/8).

Penyelenggara Syariah Pimpin Doa Pemberian Remisi di Lapas Klas IIB Tanjungbalai

Dalam bait doanya, Abdullah Rahim meminta kepada Allah SWT untuk selalu diberikan kesehatan dan kekuatan jasmani dan rohani kepada para pejabat Lapas Klas IIB Kota Tanjungbalai untuk dapat memberikan pelayanan yang mengayomi warga binaan serta berikan rasa syukur kepada warga binaan pemasyarakatan yang mendapat remisi tahun ini.

Lebih lanjut, Abdullah Rahim mengatakan jadikanlah warga binaan pemasayarakat menjadi manusia yang selalu mengabdi dan selalu akan takut dengan azabMu agar mereka mendapat hidayahMu dan selalu bertaubat di jalanMu menggapai bekal dunia dan akhirat.

“Ya Allah ya Tuhan kami, anugerahkan kepada kami kesejahteraan yang cukup selama bekerja dan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Kesejahteraan yang membuat hati kami, hati keluarga kami dan orang-orang terdekat kami merasa damai dan tenteram, sehingga kami dapat menjalankan setiap tugas yang diamanahkan kepada kami dengan penuh rasa tanggung jawab berharap rido darimu Ya Allah Ya Wasi’ar Rahmah,” tutupnya dalam doa.

Upacara pemberian remisi dihadiri unsur Forkopimda dan seluruh pegawai Lapas Klas IIB Tanjungbalai.

Kakankemenag Hadiri Upacara Pemberian Remisi WBP di Lapas Klas IIB Tanjungbabalai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri Upacara pemberian remisi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tanjunbalai, Jln. Pulau Simardan Kota Tanjungbalai. Sabtu (17/8).

Kakankemenag Hadiri Upacara Pemberian Remisi WBP di Lapas Klas IIB Tanjungbabalai

Upacara dipimpin langsung oleh Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH,MH yang dihadiri oleh Ketua DPRD, Kapolres Tanjungbalai, Kalapas Klas IIB Tanjungbalai, Dandim 02/08 AS, Danlanal, Kajari, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri serta tamu undangan yang berhadir.

Keputusan remisi tersebut diserahkan Walikota Tanjungbalai usai pelaksanaan upacara HUT RI Ke 74. Kepada WBP yang mendapat remisi bebas, Walikota mengucapkan selamat berkumpul kembali dengan keluarga dan sekembalinya ke lingkungan masyarakat dapat melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Terhadap WBP yang belum mendapat remisi diimbau agar meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan peraturan di Lapas, agar pejabat di lingkungan Lapas dapat menilai dan melakukan yang terbaik terhadap para warga binaan.

“Semoga remisi kemerdekaan yang diberikan oleh Menteri Hukum & HAM ini bermanfaat dan bisa membawa pengaruh positif terhadap yang menerima,” ujar Syahrial.

Kalapas Klas IIB Tanjungbalai, Jayanta, SH, MH menjelaskan dari seluruh jumlah WBP sebanyak 1482 orang, hanya dua orang yang mendapat remisi bebas pada HUT RI Ke 74 RI tahun ini.

Menurut Jayanta, jumlah WBP yang diusulkan mendapat remisi sebanyak 913 orang, namun yang mendapat remisi sesuai Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor PAS.965.PK.01.01.02 Tahun 2019, tertanggal 17 Agustus 2019 sebanyak 833 orang.

Rinciannya, remisi 1 bulan 93 orang, 2 bulan 106 orang, 3 bulan 250 orang, 4 bulan 226 orang, 5 bulan 150 orang dan 6 bulan 8 orang sehingga total keseluruhan 833 orang. Sedangkan usulan remisinya belum turun sebanyak 46 orang.

“Pada HUT RI tahun ini, dua orang mendapat remisi bebas. Seharusnya ada 32 orang lagi yang bebas, namun karena tidak membayar denda subsider, mereka harus menjalani masa hukumannya,” kata Jayanta. 

Kakankemenag Tanjungbalai Ikut Melepas Pawai Obor

Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019, ratusan warga Kota Tanjungbalai yang terdiri dari TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil, organisasi masyarakat serta para pelajar mengikuti acara pawai obor yang di gelar oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai. Jumat (16/8).

Kakankemenag Tanjungbalai Ikut Melepas Pawai Obor

Sebelum pelepasan dilakukan, Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH,MH yang bertindak sebagai inspektur upacara lebih dulu menyalakan obor secara simbolis kepada salah seorang peserta pawai. Setelah itu peserta pawai menghidupkan obornya masing-masing. Pelepasan pawai obor dilakukan di depan pendopo rumah dinas Walikota pada pukul 20.30 WIB.

Walikota Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa pawai obor ini dilakukan rutin setiap tahun jelang peringatan Hari Kemerdekaan sebagai kecintaan kepada NKRI. Mari kita sambut Kemerdekaan ini dengan semangat membara-bara untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar momentum Kemerdekaan ini hendaknya kita menghormati jasa para pahlawan yang telah bersusah payah mempertaruhkan jiwa dan raga demi kemerdekaan yang sedang kita nikmati saat ini. “Kemerdekaan ini merupakan suatu anugrah bagi kita semua karena bebas dari belenggu penjajahan,” tutupnya.

Walikota didampingi segenap pimpinan Forkopimda termasuk juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA melepas pawai obor dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Pembukaan KSM Tingkat Provinsi

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri acara pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan. Rabu (14/8).

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Pembukaan KSM Tingkat Provinsi

Acara pembukaan tersebut berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai seni tari siswa-siswi madrasah dari beberapa madrasah Kabupaten/Kota.

Acara tersebut juga dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Iwan Zulhami, SH, M.AP yang dihadiri oleh Pejabat dilingkunagan Kanwil Kemenagsu, Kakankemenag Kabupaten/Kota se Sumaetra Utara, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten/Kota se Sumatera Utara, Kepala Madrasah tingkat MI, MTs dan MA se Sumatera Utara dan seluruh peserta KSM yang tampak memadati Aula Madinatul Hujjaj.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenagsu, H. Mustapid, MA dalam laporannya mengatakan bahwa hari ini sampai besok kita akan melaksanakan perhelatan akbar untuk bidang pendidikan madrasah yang merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan setiap tahun mulai dari tingkat satuan pendidikan, tingkat Kabupaten/Kota dan tingkat Provinsi.

Mustapid juga menambahkan bahwa pada tanggal 20 sampai 25 september 2019 mendatang kita akan mengikuti KSM tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Kota Manado Sulawesi Utara. “Pada tahun ini juga Kanwil Kemenagsu mempunyai target untuk KSM nasional bersama dengan Kasi Penmad daerah menargetkan bahwa KSM tingkat nasional minimal membawa pulang tiga medali emas,” tegasnya.

Disamping itu juga Mustapid mengatakan bahwa tahun ini kita menggandeng lembaga pendidikan dalam rangka membantu, membina dan juga memberikan pembelajaran terhadap anak-anak kita yang nantinya ditingkat Provinsi juara satu akan dilakukan pembinaan selama satu bulan dengan sistem karantina yang tentunya dibimbing oleh tutor yang terpercaya, teruji dari Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI).

Kakanwil Kemenagsu dalam arahan dan bimbingannya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan kompetisi sains madrasah tingkat Provinsi ini adalah salah satu ajang berprestasi, bergengsi dilingkungan madrasah untuk menunjukkan keunggalan dari siswa-siswi madrasah yang akan berlomba dalam 11 cabang yang akan diperlombakan pada tingkat nasional.

Kakanwil Kemenagsu berharap kepada LOPI setelah selesainya nanti KSM tingkat Provinsi ini dan juga sudah mendapatkan juara satu yang akan nantinya diutus pada tingkat nasional, mohon terus diadakan semacam pelatihan dilingkungan mereka sehingga dengan demikian kita dapat diperhitungkan pda tingkat nasional.

“Kepada Kakankemenag Kabupeten/Kota, madrasah harus hebat bermartabat, itu sudah tekat kita, itu sudah janji kita, kalau bukan kita siapa lagi kalau tidak sekarang kapan lagi,” ucap Kakanwil Kemenagsu dengan penuh harapan.

Kakankemenag Tanjungbalai Berikan Penghargaan Kepada Juara KSM Tingkat Kota

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA memimpin apel di halaman Kankemenag Kota Tanjungbalai yang diikuti Kepala Seksi, Kepala KUA, Pengawas, Penyuluh Agama, Kepala Madrasah serta ASN PNS dan Non PNS. Selasa (13/8).

Kakankemenag Tanjungbalai Berikan Penghargaan Kepada Juara KSM Tingkat Kota

Apel pagi ini terasa berbeda karena kehadiran siswa-siswi madrasah yang telah menjuarai ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Tanjungbalai untuk dilakukan penyerahan piala kepada juara 1, 2 dan 3.

KSM merupakan ajang kompetisi bakat dan minat di bidang sains antar siswa madrasah di seluruh Indonesia. Dalam ajang KSM tingkat Kota Tanjungbalai ini, diikuti oleh 227 peserta yang terdiri dari 147 peserta tingkat MI, 48 peserta tingkat MTs dan 32 peserta tingkat MA.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan pagi ini kita merasa bangga atas prestasi yang diraih oleh siswa-siswi yang menjuarai ajang KSM. Siswa-siswi inilah yang nanti akan mewakili Kota Tanjungbalai dalam ajang KSM tingkat provinsi yang akan diadakan besok 14 Agustus sampai 15 Agustus 2019.

Perwakilan ini adalah siswa-siswi yang meraih juara 1 dalam ajang KSM tersebut, namun bukan berarti yang mendapatkan juara 2 dan 3 harus kecewa, anggaplah ini sebagai kesuksesan yang tertunda dan terus tingkatkan lagi prestasi yang didapat.

“Kepada siswa-siswi yang akan diberangkatkan besok saya berpesan agar fokus dalam ajang tersebut. Tingkatkan konsentrasi dan jauhi hal-hal berbahaya yang dapat menggangu kesehatan dan jangan jadikan ini sebagai beban mental, buatlah harum nama Kota Tanjungbalai” ucap Kakankemenag. 

Lebih lanjut Kakankemenag berharap kepada guru pendamping untuk memberikan perhatian khusus kepada anak didik kita saat berkompetisi di tingkat Provinsi.

Diakhri arahannya Kakankemenag Tanjungbalai juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kepala Madrasah dan para guru yang telah memberikan perhatian khusus kepada siswanya sehingga telah berhasil mengukir prestasi bagi madrasahnya masing-masing.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara Pengukuhan Paskibraka

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri acara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kota Tanjungbalai yang berlangsung di Aula pendopo rumah dinas Walikota Tanjungbalai. Senin (12/8).

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara Pengukuhan Paskibraka

Hadir pula segenap pimpinan Forkopimda antara lain, Walikota Tanjungbalai, Wakil Walikota Tanjungbalai, Ketua DPRD, mewakili Kapolres, mewakili Dan Lanal, mewakili Danfim 0208/AS dan para orangtua anggota Paskibraka.

Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH dalam arahannya mengatakan kepada anggota Paskibraka agar tidak sombong karena terpilih dan dipercaya menjadi anggota Paskibraka tahun ini.

“Terpilih sebagai anggota Paskibraka, merupakan suatu kebanggaan dan prestasi, tetapi hendaknya tidak sombong. Semua yang telah terpilih harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin dan bermoral,” ujar Walikota.

Syahrial juga berpesan agar anggota Paskibraka terus meningkatkan kedisiplinan yang didapat selama berlatih dan bisa memberikan pengaruh yang positif baik di lingkungan sekolah maupun di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Rayakan Idul Adha, Kemenag Tanjungbalai Sembelih 7 Hewan Kurban

Dalam memperingati Hari Raya Idul Adha 1440 H / 2019 M, Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 7 ekor yakni  6 ekor sapi/lembu dan 1 ekor kambing di halaman belakang Kemenag Kota Tanjungbalai. Senin (12/8).


"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd", terus berkumandang saat prosesi penyembelihan hewan kurban yang di lakukan oleh Kasi Penmad, H. Ahmad Zais, S. Ag, Penyuluh Agama Islam, Miswardi, S. Ag dan Kepala MTsS Binaan Kemenag, Ahmad Husin S, Ag secara bergantian yang disaksikan seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA mengatakan saat ini sudah dilakukan penyembelihan terhadap hewan kurban yang sebelumnya telah disiapkan untuk dikurbankan dalam perayaan Idul Adha. “Dan Alhamdulillah pagi tadi kita sudah dilakukan penyembelihan dan saat ini masih proses pemotongan dan nantinya dibagikan kepada penerima”, ucapnya.

Lebih lanjut Al Ahyu juga mengatakan melalui momen ini, Kemenag Tanjungbalai mengaktualisasikannya dengan berbagi dan mendistribusikan daging-daging kurban kepada ASN Kemenag baik yang PNS maupun Non PNS serta masyarakat di lingkungan sekitar Kemenag Tanjungbalai.

Al Ahyu mengatakan penyembelihan hewan kurban ini sebagai bentuk nyata rasa syukur kepada Allah SWT dan menjalankan ajarannya dan juga harus dilakukan setiap tahun untuk mendapatkan predikat insan yang bertaqwa.

Al Ahyu juga berterima kasih kepada seluruh pantia kurban atas terselenggaranya acara ini dengan baik.

Kakankemenag Sampaikan Potret Keluarga Nabi Ibrahim Dalam Khutbah Idul Adha

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA melaksanakan Salat Hari Raya Idul Adha (Hari Raya Qurban) tahun 1440 H / 2019 M di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai. Minggu (11/8).

Kakankemenag Sampaikan Potret Keluarga Nabi Ibrahim Dalam Khutbah Idul Adha

Salat Idul Adha juga dihadiri segenap pimpinan Forkopimda diantaranya, Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH, Wakil Walikota, Drs. H. Ismail, Ketua DPRD Tanjungbalai, H. Maralelo Siregar dan Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, SH, S.IK.

Tidak hanya mengikuti salat, Kakankemenag juga memberikan khutbah Idul Adha disana. Adapun judul yang disampaikan yakni “Potret Keluarga Ibrahim, Inspirasi Untuk Membangun Kota Tanjungbalai”. 

Dalam khutbah ini disampaikan bahwa hari ini, kita diingatkan kembali kepada kisah seorang kholilullah (kekasih Allah SWT), nabi Ibrahim As, ketika Allah uji kecintaannya, apakah cintanya kepada keluarganya lebih besar ketimbang cintanya kepada Allah SWT.

Namun, alhamdulillah, sejarah mencatat, cintanya kepada Allah melebihi dari segalanya. Kendatipun Allah gantikan Ismail dengan seekor Kibas (domba), tapi kisah pengorbanan Ismail oleh Ibrahim dalam meraih ketakwaan tersebut, menjadi pesan simbolik menuju tonggak peradaban manusia, sehingga potret keluarga Ibrahim tersebut, membuat kita, bahkan nabi Muhammad SAW sekalipun, diperintahkan Allah SWT untuk dapat mengambil pelajaran dari kehidupannya.

Lebih Lanjut Al Ahyu mengatakan keluarga nabi Ibrahim As adalah potret keluarga yang banyak memberikan inspirasi keteladanan dalam kehidupan kita. Baik secara personal maupun komunal. Banyak sisi keteladanan yang sangat menarik, yang perlu disampaikan, dalam kehidupan keluarga nabi Ibrahim as, namun dalam kesempatan khutbah ini, paling tidak ada dua sisi potret keteladanan dari kehidupan keluarga nabi Ibrahim As yang dapat kita jadikan sebagai inspirasi untuk kita, khususnya dalam kaitannya dengan dinamika pembangunan di Kota Tanjungbalai yang kita cintai ini.
Pertama; Persatuan, Potret keteladanan ini tercermin dari ritual haji, yang merupakan napak tilas kisah Nabi Ibrahim bersama keluarganya, yang bersama-sama, bersatu padu membangun kekompakan atas dasar komitment yang tinggi, menepis godaan Iblis sebagai simbol kejahatan, yang berusaha mengganggu kehidupan keluarganya.

Selanjutnya Potret keteladanan yang kedua adalah pengorbanan. Ibadah kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim secara substansial merupakan ibadah memerangi egoisme dan menyerahkan jalan hidup ini hanya kepada Tuhan semata. Hal ini telah dibuktikan oleh Nabi Ibrahim as. tidak akan pernah terjadi seorang ayah, yang karena perintah Allah SWT, bersedia menyembelih anak kesayangannya untuk dijadikan korban, sebagaimana Nabi Ibrahim as. demikian pula Ismail as, yang dengan ikhlas dan lapang dada menerima perintah tersebut untuk dikorbankan.

“Untuk itu, kita harus mengorbankan segala ego kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, inilah makna simbolik ibadah kurban, dengan menyembelih sisi sisi sifat kebinatangan dalam diri kita, seperti  tamak, rakus, serakah dan tidak suka berbagi, sebab selama masih ada dalam diri kita bercokol sifat-sifat seperti itu, maka ibadah kurban kita akan sia-sia, karena tidak meraih ketakwaan dalam pandangan Allah SWT,” ucapnya mengakhiri khutbah.

Kakankemenag Tanjungbalai Lantik Kepala MIN

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA melantik Kepala Madrasah Ibtidayyah Negeri (MIN) yang bertempat di Aula Kankemenag Kota Tanjungbalai, Senin (05/8) yang dihadiri Kasi Bimas Islam, Kasi Penmad, Pengawas, Penyelenggara Syariah, Kepala Madrasah dan Koordinator Kepegawaian beserta stafnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Lantik Kepala MIN

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan rotasi atau tukar posisi antar sesama Kepala MIN. Masing-masing dari Kepala MIN bertukar posisi demi membangun Madrasah yang lebih baik dan juga kita dapat melihat kepemimpinan Kepada Madrasah ditempat yang baru dan suasana baru.

Lebih lanjut Kakankemenag mengatakan kepada yang dilantik, semoga dengan amanah yang diberikan ini mampu mendorong potensi kerja yang lebih baik dengan semangat lima nilai budaya kerja serta menonjolkan sisi positif untuk Kementerian Agama kedepannya.

Al Ahyu berharap kepada para pejabat khususnya di lingkungan Kemenag Tanjungbalai untuk saling membangun komunikasi yang baik serta saling berkoordinasi antar sesama dalam upaya meningkatkan performa kerja.

“Kepada Kepala MIN yang telah dilantik dapat bekerja dengan profesional dan harus mampu menjadi teladan kepada bawahannya dan orang-orang sekitarnya,” ucap Kakankemenag menutup arahannya.

Kakankemenag Tanjungbalai Serahkan Surat Tugas dan SPMT CPNS Gelombang II

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menyerahkan Surat Tugas dan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) kepada 10 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) gelombang II dihalaman Kankemenag Tanjungbalai, Senin (05/8).

Kakankemenag Tanjungbalai Serahkan Surat Tugas dan SPMT CPNS Gelombang II

CPNS yang menerima SPMT ini merupakan CPNS Kanwil Kemenag Prov. Sumut penempatan Kemenag Tanjungbalai yang lulus pada seleksi penerimaan tahun 2018. Ini juga merupakan CPNS lulusan tenaga pendidik yang akan ditempatkan pada Madrasah Aliyah Negeri dan Madrasah Tsanawiyah Negeri.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa 10 CPNS ini akan dibagi menjadi 2 tempat. MAN berjumlah 3 orang dan MTsN 7 orang. “Pembagian ini juga merupakan kebutuhan dari pihak-pihak madrasah,” ujarnya.

Ia juga berharap pada seluruh CPNS untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan kode etik Kementerian Agama, yaitu menjaga nama baik instansi dengan memberikan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Lebih lanjut Al Ahyu mengatakan bahwa dalam menyongsong HUT RI yang Ke-74, seluruh komponen ASN Kementerian Agama Kota Tanjungbalai termasuk CPNS turut serta berpartisipasi memeriahkan hari kemerdekaan kita. “Jika ada event-event perlombaan di madrasah, CPNS harus turut serta untuk menjalin tali silaturahmi antar sesama tenaga pendidik,” ucap Kakankemenag.

Diakhir arahannya, Al Ahyu mengajak seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mengedepankan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, sehingga keberadaan Kementerian Agama lebih dirasakan ditengah-tengah masyarakat.

Penyerahan Surat Tugas dan SPMT ini dihadiri seluruh Kepala Seksi, Pengawas, Kepala KUA, Penyuluh Agama dan seluruh ASN PNS dan Non PNS.

Kakankemenag Tanjungbalai Antar Jamaah Calon Haji Sampai keTake Off

Kepala Kantor Kementerian Agama  Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama dengan rombongan petugas ikut mengantar jamaah calon haji kloter 19 sampai ke Bandara Kualanamu Internasional Deli Serdang usai pelesapasan keberangkatan dari Asrama Haji Medan. Rabu (31/7).

Kakankemenag Tanjungbalai Antar Jamaah Calon Haji Sampai keTake Off

Tepat pada pukul 16.27 WIB jamaah calon haji kloter 19 dilepas dari Asrama Haji dengan menggunakan sembilan unit bus berukuran besar yang dikawal oleh mobil patroli dari kepolisian dan dinas perhubungan.

Para jamaah tiba di Bandara Kualanamu Internasional Deli Serdang pada pukul 18.25 WIB dengan mamasuki pintu Terminal Kargo Bandara Kualanamu Internasional. Para jamaah langsung disambut oleh petugas bandara dan diarahkan menaiki pintu pesawat.

Kakankemenag Tanjungbalai langsung menyempatkan diri bersalaman dan memberikan semangat kepada jamaah calon haji kloter 19 khususnya jamaah calon haji asal Kota Tanjungbalai tepat saat jamaah hendak menaiki pintu pesawat.

Al Ahyu berpesan kepada para jamaah agar fokus saat menjalankan proses ibadah haji. Kami mengingatkan kepada seluruh jamaah untuk tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di tanah suci. “Sehat itu adalah prioritas,” tegasnya.

Al Ahyu mengharapkan para jamaah calon haji ikhlas dalam menjalankan ibadah agar tercipta haji yang mabrur. Kami do’akan semoga jamaah calon haji Kota Tanjungbalai selalu sehat dan fit dalam menunaikan ibadah haji dan juga selamat pergi dan selamat pulang ke tanah air.

Jamaah Calon Haji kloter 19 Embarkasi Medan berjumlah 393 orang take off dari Bandara Kualanamu Internasional Deli Serdang pada pukul 19.31 WIB dengan penerbangan Garuda Indonesia Airways GA. 3119.

Kemenag dan Walikota Tanjungbalai Lepas Jamaah Menuju Bandara

Kepala Kantor Kementerian Agama  Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dengan Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH bersama dengan rombongan yang terdiri dari Ketua DPRD Tanjungbalai, H. Maralelo Siregar dan Asisten II Tanjungbalai, H. Zainul Arifin melepas keberangkatan jamaah calon haji kloter 19 menuju Kualanamu Internasional Airport Deli Serdang dalam menjalankan proses ibadah haji ditanah suci Makkah. Rabu (31/7).

Kemenag dan Walikota Tanjungbalai Lepas Jamaah Menuju Bandara

Acara yang berlangsung di Aula Madinatul Hajjaj Asrama Haji Medan dihadiri Kepala Bidang Haji & Umroh Kanwil Kemenag Prov. Sumut, Drs. H. Muslim Lubis, MM, mewakili Walikota Medan, Kepala UPT. Asrama Haji Medan, Kabid Keamanan Embarkasi Medan dan seluruh jamaah calon haji kloter 19.

Sebelum melepas para jamaah, Walikota Tanjungbalai memberikan sambutannya. Ia mengatakan jamaah calon haji Provinsi Sumatera Utara terutama jamaah calon haji Kota Tanjungbalai yang berjumlah 176 orang yang tergabung dalam kelompok terbang 19 Embarkasi Medan mulai dari kampung halaman samapi tempat tujuan tanah suci Makkah tidak mendapat suatu halangan apapun.

“Serta tidak kalah pentingnya dari itu mudah-mudahan sepulangnya dari tanah suci Makkah dengan menggondol predikat haji yang mabrur, sehingga tingkah laku selanjutnya untuk berkiprah dimuka bumi ini benar-benar sesuai dengan agama Islam dan dapat mencerminkan nilai-nilai keislaman,” ujar Walikota.

Syahrial juga turut menghimbau para jamaah yang mendapat panggilan Allah untuk datang ke tanah suci Makkah, hendaklah berziarah ke Makam Rasulullah, Abu Bakar, Umar Usman dan Ali serta dapat melihat tempat-tempat yang bersejarah.

Diakhir sambutannya beliau mengatakan bahwa haji yang mabrur itu ialah haji tidak ada lagi pahalanya kecuali syurga dan syurgalah sebagai tempat kediaman yang langgeng, kelak di akhirat adalah merupakan dambaan bagi setiap insan yang mukmin.

Usai kata sambutan dari Walikota, dilanjutkan dengan penyerahan petaka (bendera) dan surat kepercayaan kepada petugas kloter dan ketua rombongan oleh Walikota Tanjungbalai didampingi tamu undangan.