KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

176 Jamaah Calon Haji Kota Tanjungbalai Diberangkatkan

Walikota Tanjungbalai, Kemenag, Tokoh Masyarakat, FKPD, SKPD, Ketua MUI, Ketua IPHI dan masyarakat yang hadir melepas 176 jamaah calon haji kloter 19 menuju Asrama Haji Medan di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, Selasa (30/7).

176 Jamaah Calon Haji Kota Tanjungbalai Diberangkatkan

Labbaik allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka walmulk laa syarika lak. Terus dikumandangkan sebelum keberangkatan tiba. 

Kepala Kantor Kementerian Agama  Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dalam laporannya menjelaskan bahwa Kota Tanjungbalai tergabung dalam kloter 19 bersama dengan jamaah calon haji Kota Medan.

Jamaah calon haji Kota Tanjungbalai berjumlah 177 orang terdiri dari laki-laki 56 orang dan perempuan 121 orang. Adapun jamaah tertua A/N. Umar Siagian Bin Uwen Siagian usia 83 tahun dengan nomor manifest 285 dan jamaah termuda A/N. Ahmad Muammar Khairi Bin Dr. H. Thamrin Munthe, M.Hum usia 27 tahun dengan nomor manifest 319.

Al Ahyu menambahkan bahwa ada 1 orang jamaah yang gagal berangkat dikarenakan sakit A/N. Bulian Tampubolon Bin Jabbar Tampubolon usia 73 tahun dengan nomor manifest 363. “Dengan demikian jumlah keseluruhan jamaah calon haji Kota Tanjungbalai yang berangkat pada tahun ini berjumlah 176 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut Al Ahyu mengatakan sesuai dengan jadwal pemberangkatan dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara bahwa jamaah calon haji akan masuk asrama tanggal 30 Juli 2019 pukul 15.00 WIB dan diberangkatkan dari Kualanamu Internasional Airport Deli Serdang menuju King Abdulaziz Internasional Airport Jeddah pukul 19.05 WIB.

Disamping itu, Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH dalam arahannya kembali mengingatakan para jamaah untuk terus menjaga kesehatan selama berada di tanah suci, karena melaksanakan ibadah haji adalah ibadah yang banyak mengandalkan fisik, untuk itu para jamaah dihimbau menjaga kesehatannya.

“Ditambahkan lagi, mengingat bahwa suhu di tanah Arafah mencapai 42 derajat celcius, sehingga para jamaah harus benar-benar dalam kondisi yang bugar agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan,” ujar Walikota.

Walikota juga mengajak para jamaah mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena diberi kesempatan menunaikan ibadah haji, sebab mungkin beberapa di antara jamaah pasti ada yang sudah lama menunggu. Untuk itu saya ucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji buat seluruh Jamaah Calon Haji Kota Tanjungbalai, Insyaallah kita semua diberkahi Allah SWT, sebut Wali Kota mengakhiri sambutannya.

Jemaah Calon Haji Serahkan Koper ke Kemenag Tanjungbalai

Sebanyak 173 jamaah calon haji Kota Tanjungbalai yang tergabung dalam kloter 19 berdatangan menyerahkan koper haji untuk diangkut ke truk menuju Kantor Pemerintah Kota Tanjungbalai sebelum diberangkatkan pada besok Sabtu 30 Juli 2019.


Sehari sebelum pemberangkatan, Senin 29 Juli 2019 di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, penyambutan koper ini dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Haji & Umroh, H. Abd. Syadat Saragih, SH didampingi seluruh unsur kepanitiaan penerimaan koper.

Kepada Inhum, Kasi Haji & Umroh mengatakan bahwa panitia sudah siap menerima koper haji sejak pagi tadi, dengan membagi beberapa tim. Seluruh panitia bertanggung jawab menerima koper para jamaah dan memasukkan koper kedalam truk serta pemberian nomor manifest dan kartu kesehatan.

"Tim ini sengaja kami buat guna mengantisipasi banyak jamaah calon haji yang akan mengantarkan koper ke Kantor ini. Dan Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar serta semua panitia yang terlibat dalam kegiatan ini telah siap sejak pagi tadi. “Penerimaan koper diperkirakan akan terkumpul semua pada hari ini juga dan dimuat ke truk pada siang hari ba’da dzuhur,” katanya.

Sementara itu, di sisi lain salah satu staf Seksi Haji & Umroh, Syafaruddin, S.Sos, disela-sela penyerahan koper para jemaah, menghimbau para jemaah untuk tidak membawa banyak barang yang tidak perlu, karena nantinya barang tersebut malah akan merepotkan jamaah itu sendiri saat melakukan ibadah haji.

Kemenag Tanjungbalai Adakan RDK Persiapan Pemberangkatan Jamaah Haji

Dalam rangka persiapan pemberangkatan Jamaah Haji Kota Tanjungbalai Tahun 1440 H / 2019 M. Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah melaksanakan Rapat Dalam Kantor (RDK) persiapan pemberangkatan jamaah haji tahun 1440 H / 2019. Jumat (26/7).

Kemenag Tanjungbalai Adakan RDK Persiapan Pemberangkatan Jamaah Haji

Rapat yang digelar di Aula Kantor Kemenag Tanjungbalai dihadiri dari unsur kepanitiaan persiapan pemberangkatan jamaah haji. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Haji & Umroh, H. Abd. Syadat Saragih, SH yang didampingi Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan harahap, S.Pd.I dan Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag.

Kasi Haji & Umroh dalam rapat membahas tentang proses pemberangkatan Jamaah Haji Kota Tanjungbalai yang dijadwalkan berangkat dari Kota Tanjungbalai menuju asrama haji pada hari Selasa tanggal 30 Juli 2019 dan berangkat dari Bandara International Airport Kualanamu menuju Jeddah tanggal 31 Juli 2019.

Abd. Syadat juga menambahkan bahwa seluruh unsur kepanitiaan harus bekerja dengan profesional mengawal jamaah dalam pengecekan koper hingga hal-hal yang berkaitan dengan jamaah. “Saya harapkan ketelitian kita dalam bekerja tetap terjaga,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga, Hamdan Harahap berharap agar seluruh proses pemberangkatan jamaah haji Kota Tanjungbalai tahun 2019 berjalan sukses dan mendapat ridho dari Allah SWT.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka KSM Tingkat Kota

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA membuka secara resmi kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Tanjungbalai Tahun 2019 yang diikuti oleh siswa-siswi MI, MTs dan MA. Sabtu (20/7).

Kakankemenag Tanjungbalai Buka KSM Tingkat Kota

Pembukaan kegiatan tersebut diadakan di MTsN Kota Tanjungbalai jalan M. Abbas Kelurahan Pantai Burung Kecamatan Tanjungbalai Selatan dengan dihadiri Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag, Pengawas, seluruh Kepala Madrasah dan tamu undangan yang berhadir.

Kepala MTsN Tanjungbalai, Drs. H. Hasanuddin dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah peserta dalam mengikuti ajang KSM berjumlah 227 peserta yang terdiri dari 147 peserta tingkat MI, 48 peserta tingkat MTs dan 32 peserta tingkat MA.

Lebih lanjut Kepala MTsN mengatakan bahwa dalam ajang KSM yang menampung 227 peserta membutuhkan 13 ruang ujian, dimana ruangan ujian untuk tingkat MI memakai 8 ruangan, tingkat MTs 3 ruangan dan tingkat MA dua ruangan.

Kakankemenag Kota Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi mengatakan kompetisi ini harus menjadi momen kebangkitan madrasah untuk menunjukkan kalau siswa madrasah itu juga bisa bersaing dalam hal keilmuan umum, sehingga nanti akan lahir siswa-siswa yang sholeh dan sholehah tetapi memiliki basis keilmuan yang seimbang.

Kakankemenag juga menghimbau kepada peserta KSM agar mengisi data identitas diri dengan baik dan benar serta periksa kembali secara detail lembar jawaban sebelum waktu ujian selesai.

Diakhir sambutannya Al Ahyu berharap dalam ajang KSM ini minat dan daya saing siswa madrasah dalam bidang sains meningkat sehingga dapat menumbuhkan kecintaan para pelajar terhadap mata pelajaran sains.

Kemenag Tanjungbalai Sidak KUA Kecamatan Datuk Bandar

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I dan seluruh Staf Bimas Islam menyidak Kantor Urusan Agama Kecamatan Datuk Bandar yang beralamatkan di Jalan SMA Negeri 3 Kelurahan Pahang Kecamatan Datuk Bandar, Jumat (19/7).

Kemenag Tanjungbalai Sidak KUA Kecamatan Datuk Bandar

Saat tiba di KUA Kecamatan Datuk Bandar, Kakankemenag disambut baik oleh Kepala KUA Kecamatan Datuk Bandar, H. M. Jamil, S.Ag dan seluruh staf.

Kakankemenag Tanjungbalai didampingi Kasi Bimas Islam dan Kepala KUA langsung berkeliling melihat kondisi kantor. Kakankemenag meminta kepada Kepala KUA untuk menciptakan suasana asri, nyaman dan aman dengan menggerakkan seluruh komponen staf untuk menanam bunga atau pohon agar kantor terlihat lebih hijau dan juga terlihat baik oleh masyarakat.

Al Ahyu juga megatakan sidak ke KUA dilakukan mengingat KUA merupakan pusat pelayanan Kemenag di Kecamatan, banyak pelayanan yang langsung berhubungan dengan masyarakat, karenanya peran KUA dimasyarakat tidak bisa dianggap remeh. 

Al Ahyu juga berpesan kepada Kepala KUA untuk selalu memantau dan menjaga kebersihan dalam maupun luar kantor serta tidak lupa memerintahkan staf-staf nya untuk menyusun dokumen-dokumen KUA dengan rapi dan disimpan pada tempat yang aman.

Kasi Penmad Hadiri Pisah Sambut Kepala MAN Tanjungbalai

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Ahmad Zais, S.Ag menghadiri acara pisah sambut Kepala MAN Kota Tanjungbalai yang digelar disalah satu ruang belajar MAN Tanjungbalai yang dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MAN Tanjungbalai, Jumat (19/7).

Kasi Penmad Hadiri Pisah Sambut Kepala MAN Tanjungbalai

Kepala Urusan Tata Usaha MAN Tanjungbalai, H. Hadib Ritonga, M.Pd.I memandu acara pisah sambut dengan menggunakan adat melayu yaitu upah-upah atau tepung tawar. 

Seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MAN Tanjungbalai secara bergiliran mengupah-upah Kepala MAN yang lama Syafri Daulay, S.Pd dan yang baru Khoirul Amri Hasibuan, M.Pd serta mengucapkan terima kasih kepada Kepala MAN yang lama. 

Usai pelaksaan acara upah-upah, Safri Daulay (Kepala MAN yang lama) dalam sambutannya mengatakan selama kurang lebih 3 tahun 5 bulan menjabat Kepala MAN Tanjungbalai, ia merasakan suasana kekeluargaan yang dinilainya begitu baik. Kekeluargaan itu ia rasakan baik dalam suasana kerja ataupun di luar masa kerja. Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan kepada Kepala MAN yang menggantikannya untuk memajukan lagi MAN Tanjungbalai.

Syahri Daulay dengan diselimuti suasana haru mengucapkan rasa terima kasihnya kepada rekan-rekan dewan guru dan para staf MAN Tanjungbalai yang selama ini telah bersama-sama membangun MAN Tanjungbalai dan berharap semoga MAN Tanjungbalai nanti kedepannya labih baik lagi menuju mandrasah hebat bermartabat. 

Khoirul Amri Hasibuan (Kepala MAN Tanjungbalai yang baru), saat sambutan mengharapkan dukungan dari seluruh jajaran dan warga MAN Tanjungbalai untuk bekerjasama dalam memajukan madrasah. “Kita niatkan, kita bulatkan tekad, MAN Tanjungbalai itu bisa lebih maju lagi,” ucapnya.

Khoirul Amri Hasibuan juga memberikan pujian terhadap kinerja dari Kepala MAN yang lama yang sudah memberikan seluruh daya upayanya dalam membangun madrasah segala bidang. Khoirul Amri Hasibuan mengharapkan dukungan kepada para dewan guru, para staf tata usaha dan siswa-siswi MAN Tanjungbalai kedepannya untuk membangun MAN Tanjungbalai yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Kasi Penmad Kemenag Tanjungbalai dalam sambutannya menyatakan bahwa rotasi di lingkungan Kementerian Agama merupakan hal yang biasa dan harus dilakukan untuk penyegaran. “Mutasi ini memberikan kesempatan kepada pegawai untuk mengembangkan potensi dan karirnya di tempat yang baru,” ucap Kasi Penmad.

Ahmad Zais pun berpesan kepada pegawai yang dimutasi untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas sesuai dengan motto Kementerian Agama yaitu Ikhlas Beramal. Ahmad Zais juga mengucapkan terima kasih kepada Syafri yang telah mengabdikan dirinya memimpin MAN Tanjungbalai dan kepada Khoirul Amri Hasibuan, saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas di MAN Tanjungbalai.

Program Jumat Bersih Kemenag Tanjungbalai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA memimpin apel pagi di halaman Kantor Kemenag yang diikuti oleh seluruh peserta apel terdiri dari Kepala Seksi, Kepala KUA, Pengawas, Penyuluh Agama dan seluruh staf baik PNS maupun Non PNS, Jumat (19/7).

Program Jumat Bersih Kemenag Tanjungbalai

Dalam arahannya Kakankemenag Tanjungbalai mengatakan setiap hari jumat seluruh karyawan Kemenag Kota Tanjungbalai ikut serta dalam program Jumat Bersih. Program ini nantinya bertujuan untuk menumbuhkan rasa memiliki dikalangan ASN akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana dikantor atau tempat kerja akan terasa lebih nyaman dan kantor dapat terpelihara dengan baik.

Lebih Lanjut Al Ahyu mengatakan kita sebagai aparatur sipil negara, sudah menjadi kewajiban memberikan contoh melakukan hal yang positif terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari Jumat. “Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu masyarakat akan lihat, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut meniru, bukan hanya itu kekompakan serta keharmonisan juga terjalin antar sesama ASN,” ucap Kakankemenag.

Usai melaksakan apel dan senam pagi, terlihat seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai mulai bergotong royong dengan membersihkan ruangan kerja masing-masing, halaman kantor, taman, selokan serta toilet. Tidak terkecuali Kakankemenag juga turut serta bergotong royong.

Disela-sela kesibukan masing-masing, Kakankemenag Tanjungbalai menyempatkan diri berkeliling keseluruh bagian kantor untuk memantau proses gotong royong dan mengatakan semangat, semangat, semangat dengan mengepalkan tangan kanan nya.

Kakankemenag Tanjungbalai : Semoga Menjadi Haji Yang Mabrur

Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mengadakan acara tepung tawar dan upah-upah bagi jemaah calon haji dilingkungan Kemenag Tanjungbalai bertempat di Musholla Nurul Ihsan Kemenag Kota Tanjungbalai, Kamis (18/7).

Kakankemenag Tanjungbalai : Semoga Menjadi Haji Yang Mabrur

Mengawali tepung tawar dan upah-upah yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA beserta istri dan selanjutnya diikuti oleh pejabat struktural dan fungsional serta tidak terkecuali para staf PNS dan Non PNS juga ikut serta menepung tawar.

Pada kata sambutan, Al Ahyu menyampaikan bahwa acara yang di buat ini ialah suatu bentuk do’a dan dukungan bagi para jemaah calon haji yang berangkat ke tanah suci. Ini juga merupakan suatu bentuk sikap kekeluargaan para ASN Kemenag Tanjungbalai yang telah terjalin selama ini serta menjadi penyemangat saat melaksanakan ibadah di tanah suci nantinya.

Al Ahyu meminta kepada jamaah calon haji agar mempersiapkan diri dengan selalu menjaga kondisi  kesehatan sampai tiba waktunya untuk diberangkatkan. Dan berharap agar dalam proses ibadah haji nanti nya jemaah calon haji untuk selalu menjaga kekompakan dan saling menolong satu sama lain.

 “Semoga acara ini diberkahi oleh Allah SWT dan proses melaksanakan ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar serta jemaah calon haji Kota Tanjungbalai kelak menjadi haji yang mabrur,” ujarnya. 

Kemenag Tanjungbalai Lakukan Supervisi PNBP NR KUA Kecamatan Tanjungbalai Utara

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I dan seluruh Staf Bimas Islam melaksanakan supervisi PNBP NR ke Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjungbalai Utara, Rabu (17/7).

Kemenag Tanjungbalai Lakukan Supervisi PNBP NR KUA Kecamatan Tanjungbalai Utara

Saat tiba di KUA Kecamatan Tanjungbalai Utara, Kakankemenag beserta rombongan disambut hangat oleh Kepala KUA Kecamatan Tanjungbalai Utara, Drs. H. Kuswara, MA. Ia mengatakan bahwa ini merupakan kunjungan pertama Kakankemenag Kota Tanjungbalai ke KUA Kecamatan Tanjungbalai Utara.

Disamping itu juga Kasi Bimas Islam mengatakan kepada Kakankemenag bahwa administrasi PNBP NR di KUA Kecamatan Tanjungbalai Utara mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Ini terlihat dari susunan dokumen nikah pada KUA tersebut rapi sesuai dengan SOP.

Hamdan Harahap juga menambahkan bahwa semua ini tercapai dari hasil kinerja Kepala KUA dan juga berkat kerja sama seluruh komponen staf KUA tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kakankemenag megatakan kemajuan administrasi PNBP NR yang diperoleh ini harus dipertahankan dan kedepannya dan lebih ditingkatkan lagi, termasuk dalam hal pelayanan publik di wilayah KUA Kecamatan tersebut.

Kakankemenag berharap kepada ASN yang bertugas di Kantor KUA harus mengadministrasikan dokumen-dokumen KUA dengan rapi dan tersusun, karena dokumen pernikahan yang ada di Kantor KUA merupakan dokumen negarayang harus jelas, lengkap, dan disimpan pada tempat yang aman.

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Narasumber Sarasehan Wawasan Kebangsaan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menjadi narasumber pada acara sarasehan wawasan kebangsaan yang digelar oleh Yayasan Al Washliyah Gading Kota Tanjungbalai, Selasa (16/7).

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Narasumber Sarasehan Wawasan Kebangsaan

Bertempat di salah satu ruang belajar MTsS Al Washliyah Gading, acara tersebut diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari tenaga pendidik dan juga narasumber terdiri dari Ketua Yayasan Al Washliyah Gading, Kakankemenag dan perwakilan dari Polres Tanjungbalai.

Dalam kesempatan itu Kakankemenag Tanjungbalai menjelaskan bahwa wawasan kebangsaan merupakan pandangan yang menyatakan negara Indonesia merupakan satu kesatuan dipandang dari semua aspek sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dalam mendayagunakan konstelasi Indonesia, sejarah dan kondisi sosial budaya untuk semua dorongan dan rangsangan dalam usaha mencapai perwujudan aspirasi bangsa dan tujuan nasional yang mencakup kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi, kesatuan pertahanan keamanan.

Al Ahyu menambahkan wawasan kebangsaanIindonesia memberi peran bagi bangsa Indonesia untuk proaktif mengantisipasi perkembangan lingkungan stratejik dengan memberi contoh bagi bangsa lain dalam membina identitas, kemandirian dan menghadapi tantangan dari luar tanpa konfrontasi dengan meyakinkan bangsa lain bahwa eksistensi bangsa merupakan aset yang diperlukan dalam mengembangkan nilai kemanusiaan yang beradab.

Di akhir materinya Al Ahyu menyampaikan bangsa Indonesia perlu memahami secara mendalam falsafah Pancasila yang mengandung nilai-nilai dasar yang akhirnya dijadikan pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku yang bermuara pada terbentuknya karakter bangsa.

Hari Pertama Masuk Sekolah, Kakankemenag Tanjungbalai Langsung Monitoring

Untuk melihat sejauh mana kehadiran para guru dan siswa hari pertama masuk sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag melakukan monitoring pada beberapa madrasah di lingkungan Kemenag Tanjungbalai, Senin (15/7).

Hari Pertama Masuk Sekolah, Kakankemenag Tanjungbalai Langsung Monitoring

Al Ahyu mengatakan kedatangannya kebeberapa madrasah untuk memantau langsung pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di madrasah, sekaligus memeriksa jika ada Apratur Sipil Negera (ASN) baik guru maupun staf yang masih menambah libur.

Selanjutnya Al Ahyu memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Madrasah dan dewan guru serta karyawan madrasah yang dimonitoring dapat berhadir semua dan sudah melaksanakan KBM seperti biasa. “Saya sampaikan penghargaan ditempat ini tidak ada yang menambah libur , setelah libur panjang,” tuturnya.

Al Ahyu berpesan kepada Kepala Madrasah agar memberikan semangat motivasi kepada para siswa agar mereka memiliki semangat untuk terus mengajar dan mengukir prestasi lebih baik lagi sehingga dapat menjadi generasi penerus bangsa. 

Sementara bagi para guru, Kakankemenag berharap untuk loyalitas meningkatkan integritas dan kinerjanya memberikan segudang ilmu pengetahuan agar para siswa dapat bertumbuh dan berkembang dengan akhlak yang rendah hati serta takut kepada Allah SWT.

14 CPNS Terima Surat Tugas dan SPMT

Sebanyak 14 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menerima Surat Tugas dan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dalam suasana apel pagi dihalaman Kankemenag Kota Tanjungbalai, Senin (15/7).

14 CPNS Terima Surat Tugas dan SPMT

CPNS yang menerima SPMT ini merupakan CPNS Kanwil Kemenag Prov. Sumut penempatan Kemenag Tanjungbalai yang lulus pada seleksi penerimaan tahun 2018. Ini juga merupakan CPNS lulusan tenaga pendidik yang akan ditempatkan pada MAN, MTsN dan MIN.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa 14 CPNS ini akan dibagi menjadi 3 tempat. MAN berjumlah 4 orang, MTsN 7 orang dan pada MIN 3 orang. “Pembagian ini juga merupakan kebutuhan dari pihak-pihak madrasah,” ujarnya.

Ia juga berharap pada seluruh CPNS untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan kode etik Kementerian Agama, yaitu menjaga nama baik instansi dengan memberikan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Diakhri arahannya Al Ahyu menambahkan terkhusus bagi para tenaga pendidik, untuk dapat meningkatkan prestasi anak didik demi madrasah menuju madrasah yang hebat dan bermartabat.

Kakankemenag Tanjungbalai Tinjau Lokasi Tanah Hibah Untuk Pembangunan Madrasah

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA turun langsung untuk meninjau lokasi hibah tanah pembangunan Madrasah yang terletak di jalan Anggur Kelurahan Pahang Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai, Kamis (11/7).

Kakankemenag Tanjungbalai Tinjau Lokasi Tanah Hibah Untuk Pembangunan Madrasah

Peninjauan lokasi ini sebagai bentuk perwujudan dalam menyahuti niat baik  Tokoh Masyarakat Kota Tanjungbalai H. Zulkifli Amsar Batubara yang ingin menghibahkan sebidang tanahnya seluas lebih kurang 1 haktare kepada Kankemenag Tanjungbalai yang diperuntukkan dalam rencana pembangunan madrasah dilingkungan Kemenag Tanjungbalai.

Setelah peninjauan lokasi, kedua belah pihak menghadap notaris Sapri, SH selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) untuk proses pengalihan hak milik menjadi hibah kepada Kankemenag Kota Tanjungbalai.

Dengan penuh kebahagian dan kegembiaraan, Kakankemenag Tanjungbalai mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada H. Zulkifli Amsar Batubara yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan madrasah. 

H. Zulkifli Amsar Batubara berharap dengan adanya lahan yang dihibahkan ini, madrasah yang nantinya akan dibangun mampu menjadi madrasah yang teladan dengan melahirkan generasi-generasi yang religius dan juga taat kepada ajaran Allah SWT.

Turut mendampingi Kakankemenag pada peninjauan tersebut Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag, Kepala MTsN, Drs. H. Hasanuddin dan Ketua Komite MTsN, H. Ucok Roufdiy.

Kakankemenag Tanjungbalai Resmi Buka Kegiatan MATSAMA MTsN

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag, Kepala MTsN, Drs. H. Hasanuddin dan Ketua Komite MTsN, H. Ucok Roufdiy membuka secara resmi kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MTsN Kota Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2019/2020 yang digelar di salah satu ruang kelas MTsN Tanjungbalai, Kamis (11/7).

Kakankemenag Tanjungbalai Resmi Buka Kegiatan MATSAMA MTsN

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 11 Juli 2019 s/d 13 Juli 2019. Kegiatan ini juga diikuti oleh 304 peserta Matsama yang terdiri dari 130 siswa laki-laki dan 174 siswa perempuan.
Kakankemenag Tanjungbalai sebelum membuka kegiatan secara resmi, mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada seluruh peserta didik baru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Tanjungbalai.

Ia juga menjelaskan bahwa Matsama ini bertujuan untuk saling mengenal antara siswa satu dengan siswa yang lain, mengenalkan lingkungan sekolah baru, mengenal guru-guru baru, mempererat tali silaturahmi dengan kakak kelas serta menanamkan kedisiplinan.

Dikesempatan tersebut Al Ahyu berpesan agar siswa baru bertekat membulatkan niat mereka untuk menimba ilmu dengan baik bukan untuk bermain-main. “Niat yang tertanam dalam hati bila ingin pintar dan cerdas tentunya harus belajar, maka insyaAllah cita-cita para peserta didik bisa tercapai,” tegasnya.

Diakhir arahannya Al Ahyu berharap kepada para guru agar bisa memberikan pendidikan yang maksimal terhadap peserta didik, supaya kelak bisa mencetak siswa dan siswi yang berprestasi dan mampu mengharumkan nama baik madrasah baik nasional maupun internasional.

Kasubbag TU Harapkan Operator Jangan Tertinggal Perkembangan IT

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I bersama dengan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I membuka secara resmi Bimbingan Teknis (BIMTEK) Layanan IT tingkat Kabupaten/Kota yang diselenggarakan di Aula MUI Kota Tanjungbalai, Senin (08/7).

Kasubbag TU Harapkan Operator Jangan Tertinggal Perkembangan IT

Kasi Bimas Islam dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 13 peserta yang terdiri dari Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan 6 orang, operator SIMKAH 6 orang dan satu operator dari Penyelenggara Syariah.

Hamdan Harahap juga menjelaskan bahwa narasumber pada kegiatan ini berjumlah 4 orang antara lain, 2 orang dari Bidang Urais dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Sumut dan 2 orang dari Kankemenag Kota Tanjungbalai.

Kasubbag TU dalam arahan dan bimbingannya sekaligus membuka secara resmi mengatakan bahwa kegiatan ini cukup besar manfaatnya karena di era moderisasi ini perkembangan IT berkembang cukup pesat. Oleh karena itu para operator-operator jangan tertinggal dengan perkembangan sistem IT saat ini.

Kasubbag TU juga menghimbau kepada seluruh Kepala KUA Kecamatan se Kota Tanjungbalai dan masing-masing operator agar aktif mengikuti perkembangan informasi dari Kanwil Kemenag Sumut khususnya berkaitan dengan aplikasi.

Ia juga berharap agar Kepala KUA Kecamatan selalu bekerja sama dengan Kepala Seksi Bimas Islam terkait tugas dan fungsi Bimas Islam Kemenag Kota Tanjungbalai.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Bimbingan Pra Nikah Bagi 25 Pasang Catin

Sebanyak 25 pasang / 50 orang Calon Pengantin (Catin) yang terdaftar di Kantor Urursan Agama (KUA) Kecataman Datuk Bandar, Datuk Bandar Timur dan Tanjungbalai Selatan mendapat bimbingan pra nikah dari Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai selama 2 (dua) hari mulai tanggal 02 Juli 2019 s/d 03 Juli 2019 yang di gelar di Aula Kemenag Tanjungbalai, Selasa (02/7).

Kemenag Tanjungbalai Gelar Bimbingan Pra Nikah Bagi 25 Pasang Catin

Catin yang telah mengikuti bimbingan pra nikah ini adalah gabungan dari 3 KUA Kecamatan dengan metode bimbingan berkelompok dan tatap muka.

Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I pada sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini di ampu oleh 4 narasumber yang terdiri dari Kakankemenag Tanjungbalai, 2 orang narasumber terbimtek dan 1 orang dari Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai.  

“Setelah mengikuti seluruh materi yang di sampaikan, para catin akan di uji dengan mengisi lembar soal terkait meteri yang di sampaikan dan akhirnya mendapat sertifikat yang menyatakan catin telah mengikuti bimbingan perkawinan,” lanjut Kasi Bimas Islam.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dalam arahan dan bimbingannya mengatakan kepada para calon pengantin baru diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius selama 2 hari, karena kegiatan ini adalah sebagai wujud nyata kesungguhan Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dalam mewujudkan keharmonisan dalam berumah tangga.

Kegiatan ini akan memberikan bekal pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan kepada para remaja yang akan melangsungkan pernikahan sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah, warahmah, sehingga nantinya dapat mengurangi angka perselisihan, perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin memahami tentang pentingnya lembaga pernikahan, sehingga yang akan menikah sudah betul-betul berada di usia yang matang, dewasa dan sudah mantap,” tutupnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Ikut Serta Gerak Jalan Santai HUT Bhayangkara Ke 73

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA ikut serta gerak jalan santai dan olahraga bersama dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke 73 Tahun 2019 Polres Tanjungbalai, Selasa (02/7).

Kakankemenag Tanjungbalai Ikut Serta Gerak Jalan Santai HUT Bhayangkara Ke 73

Gerak jalan santai dilepas oleh Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail tepat pada pukul 07.00 WIB yang didampingi Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, SH, S.IK, Kakankemenag, Ketua DPRD, Dan Lanal, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri.

Peserta gerak jalan santai diikuti oleh unsur FKPD, seluruh personil Polres Tanjungbalai, personil TNI AD, personil TNI AL, insan PERS, para pelajar serta masyarakat Kota Tanjungbalai. 

Gerak jalan santai dimulai dari lapangan Polres Tanjungbalai berjalan kaki sejauh kurang lebih dua kilometer de¬ngan melintasi Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sutomo, Jalan Tengku Umar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, lalu kembali ke titik start dan mengikuti senam aerobik bersama.

Wakil Walikota Tanjungbalai sebelum melepas mengatakan bahwa jalan santai merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Bhayangkara  ke-73 yang dimana ini juga sebagai bentuk menjalin kemitraan untuk menjaga situasi kondusif dan komunikasi antar lembaga, termasuk masyarakat Kota Tanjungbalai.

Kapolres Tanjungbalai juga mengatakan selain gerak jalan santai juga digelar sejumlah lomba yakni lomba tarik tambang, lomba lari karung dan juga aksi donor darah. “Kegiatan ditutup dengan pengundian doorprize sesuai dengan nomor undian yang dibagikan panitia,” ungkapnya.

Kapolres juga berharap, momen peri¬ngatan HUT Bhayangkara dapat dijadikan pedoman bagi personel kepolisian agar me¬ningkatkan citra positif Polri, sinergitas satuan, serta mem¬perkuat fungsi Polri sebagai pelayan, pengayom dan pelin¬dung masyarakat.