KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Pesantren Kilat Akbar Tingkat MI

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag dan seluruh Pengawas menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Pesantren Kilat Akbar tingkat Madrasah Ibtidayyah se Kota Tanjungbalai yang beralokasikan di MIN 4 Kota Tanjungbalai, Senin (20/5).

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Pesantren Kilat Akbar Tingkat MI

Kepala MIN 4 Kota Tanjungbalai, Abdurrahman Sirait, S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pesantren kilat akbar ini diikuti oleh 100 siswa dari masing-masing perwakilan MI se Kota Tanjungbalai. “Kegiatan ini juga memakan waktu selama 2 hari selama bulan ramadhan mulai tanggal 20 Mei s/d 21 Mei 2019,” ucapnya.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa pesantren kilat ini bertujuan untuk membentuk karakter anak didik yang religius dengan mengajarkan syariat-syariat Islam demi menciptakan generasi yang cinta akan Al-Qur’an, cinta kepada Allah dan cinta kepada Rasul nya.

Al Ahyu juga berharap dengan batas waktu singkat ini diharapkan para ustadz dan ustadzah yang menyampaikan pembelajaran mampu meciptakan suasa yang tidak membosankan serta memberikan materi yang mudah dicerna oleh anak didik kita yang tingkat pendidikan nya masih Madrasah Ibtidayyah.

“Diharapkan juga para peserta pesantren kilat akbar agar tekun mengikuti kegiatan ini sehingga ilmu yang diperoleh dapat terserap dengan baik dan juga jika tidak dapat mengikuti kegiatan ini segera dilaporkan atau diberitahukan kepada guru agar tidak terjadi hal-hal diluar dugaan,” tutupnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka DDWK Guru IPS Madrasah

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub, Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag membuka secara resmi kegiatan Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK) Teknis Substantif Penilaian Pembelajaran Guru IPS Madrasah dilingkungan Kankemenag Kota Tanjungbalai, Senin (20/5). Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka DDWK Guru IPS Madrasah

Rifdayani, M.Psi selaku Widiaiswara Ahli Muda Balai Diklat Keagaaman (BKD) Medan dalam laporannya menyampaikan kegiatan DDWK ini berlangsung selama 6 (enam) hari mulai dari tanggal 20 Mei s/d 25 Mei 2019.

Adapun peserta Diklat berjumlah 30 orang terdiri dari guru madrasah bidang study IPS di lingkungan Kemenag Kota Tanjungbalai. Sedangkan sumber dana yang dimanfaatkan untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut bersumber dari DIPA Balai Diklat Teknis Keagamaan Medan.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingan sekaligus membuka kegiatan secara secara resmi menyampaikan kegiatan DDWK merupakan kegiatan berkelanjutan dan sangat besar manfaatnya bagi guru, khususnya guru madarasah di lingkungan Kemenag Kota Tanjungbalai. Dia berharap guru dalam melakukan proses pembelajaran harus mampu memberikan materi pelajaran yang diajarkan cepat direspon oleh murid/siswa.

Al Ahyu mengharapkan agar peserta DDWK mampu mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, dan ilmu yang diperoleh selama DDWK dapat di kembangkan kepada guru-guru yang ada di madrasahnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Doa Upacara Peringatan HARKITNAS Ke 111

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri sekaligus memimpin doa pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) Ke 111 Tahun 2019 yang di gelar halaman Kantor Pemerintah Kota Tanjungbalai, Senin (20/5).

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Doa Upacara Peringatan HARKITNAS Ke 111

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail sedangkan Komandan Upacara Camat Datuk Bandar, Abu Said, S.Ag. Upacara dihadiri segenap pimpinan FKPD, Plh. Seketaris Daerah, para Pegawai Negeri Sipil, Kepala OPD, TNI - Polri, Pelajar, Camat, Lurah serta Kepala Lingkungan Se Kota Tanjungbalai.

Wakil Walikota Tanjungbalai dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Komukasi dan Informatika RI, Rudiantara mengatakan dalam naskah sumpah palapa yang ditemukan pada kitab pararaton tertulis: sira gajah madapatih amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira gajah mada: “lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring seran, tanjung pura, ring haru, ring pahang, dompo, ring bali, sunda, palembang, tumasik, samanaisun amukti palapa”.

Memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan “amukti palapa”. Umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang Mahapatih Gajah Mada. Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga
persatuan Indonesia.

Menkominfo RI juga menambahkan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita.

“Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan,” paparnya mengakhiri sambutan.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam bait-bait doanya menyampaikan dalam peringatan ke-111 tahun Kebangkitan Nasional ini, Ia memohon semua warga Indonesia untuk dapat menyatukan hati, menyatukan tujuan untuk membangun bangsa Indonesia maju dan lebih baik lagi serta membangkitkan semangat juang merah putih demi membangun negeri yang lebih maju, adil dan makmur.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara Penandatangan MoU Pemko dengan PT. SMI

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H.Al Ahyu, MA menghadiri acara penandatangan MoU dalam rangka lanjutan pembangunan RSUD Tipe C Kota Tanjungbalai antara Pemerintah Kota Tanjungbalai dengan PT. Sarana Multi Infrastrtuktur (SMI) yang bertempat dihalaman RSUD jalan Kartini, Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai, Rabu (15/5).

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara Penandatangan MoU Pemko dengan PT. SMI

Penandatanganan MOU ini langsung dilakukan oleh Walikota Tanjungbalai H. M Syahrial SH,MH dan dari PT. Sarana Multi Infrakstruktur (SMI) diwakili Direktur Pembiayaan dan Investasi, Edwin Syahruzad.

Walikota Tanjungbalai dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PT. SMI karena sudah bekerja sama dalam memberikan pinjaman untuk pembiayaan pembangunan RSUD yang ada di Kota Tanjungbalai.

“Sebelumnya, bersama DPRD telah dibahas dan disetujui terkait dengan kerja sama pembiayaan kegiatan pembangunan RSUD di Kota Tanjungbalai, yang tujuannya mensejahterakan dan memberikan pelayanan prima bagi warga Kota Tanjungbalai dan sekitarnya baik dalam bidang kesehatan ataupun sarana publik lainnya.” jelas Walikota.

Syahrial mengungkapkan, dengan adanya MoU ini, rencana membangun RSUD Tanjungbalai dengan kontruksi 3 lantai sudah bisa dimulai, dengan rencana gedungnya akan selesai pada pertengahan tahun 2020 mendatang.

Lebih lanjut Syarial mengatakan pembangunan lanjutan RSUD ini merupakan wujud pengabdian dan Visi Misi saya bersama Wakil Walikota dalam melanjutkan program pembangunan yang sebelumnya telah dirintis oleh para Walikota Tanjungbalai sebelumnya. 

“Pemko Tanjungbalai dalam hal ini memperoleh pinjaman sebesar 126 Milyar lebih dengan jangka waktu pembayaran pinjaman 5 Tahun, diharapkan penyelesaian pembangunan RSUD ini selesai dalam waktu 18 Bulan,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Pembiayaan dan Investasi PT. SMI dalam sambutannya mengatakan penandatanganan MoU kerja sama antara PT. SMI dan Pemerintah Kota Tanjungbalai, terkait dengan layanan kesehatan memang merupakan salah satu pelayanan publik yang menjadi tanggung jawab pemerintah dan kami terus terang sangat senang bisa bekerja sama dengan Pemko Tanjungbalai untuk penyelesaian pembangunan rumah sakit yang mana ini merupakan salah satu terobosan yang bapak lakukan agar peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat bisa semakin meningkat.

“Khusus buat Tanjungbalai memang kami mengapresiasi terobosan Walikota bersama DPRD dan masyarakat dalam penyelesaian pembangunan. Hal serupa juga pernah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo saat menjadi Walikota Solo ketika membangun Pasar Rakyat, alhamdulillah saat ini bisa dinikmati warga Solo,” ungkapnya.

Usai acara penandatanganan MOU, Walikota Tanjungbalai didampingi Ketua TP. PKK Tanjungbalai Hj. Sri Silvisa Novita, Wakil Walikota Drs. H Ismail, jajaran Forkopimda, Kakankemenag Tanjungbalai, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda bersama Perwakilan PT. SMI (Persero) melakukan Peletakan Batu sebagai pertanda lanjutan Pembangunan RSUD Tanjungbalai.

Kakankemenag Tanjungbalai Dampingi Kakanwil Kemenagsu Safari Ramadhan ke Masjid Jami’ Ussabil

Usai melaksanakan sholat maghrib dan buka puasa bersama di Kemenag Kota Tanjungbalai, kini rombongan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H.Al Ahyu, MA malaksanakan safari ramadhan ke Masjid Jami’ Ussabil jalan MT. Haryono Kel. Selat Lancang Kec. Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai, Selasa (14/5).

Kakankemenag Tanjungbalai Dampingi Kakanwil Kemenagsu Safari Ramadhan ke Masjid Jami’ Ussabil

Seluruh rombongan Kanwil Kemenagsu hadir dalam safari ramadhan tersebut disertai dengan rombongan dari Kankemenag Kota Tanjungbalai, Kankemenag Kabupaten Asahan dan Kankemenag Kabupaten Batubara.

Tim safari ramadhan Kanwil Kemenagsu dan rombongan Kemenag Kab/Kota melaksanakan sholat Isya berjemaah dan sholat sunnah terawih. Tujuan safari ramadhan ini ialah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat Kota Tanjungbalai dan berbaur didalamnya demi meningkatkan ukhuwah islamiyah.

BKM Masjid Jami’ Ussabil, Al Ustadz Hajarul Aswadi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim safari ramadhan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara. Ia juga berbangga hati karena Masjid Jami’ Ussabil terpilih menjadi destinasi safari ramadhan Kanwil Kemenagsu beserta rombongan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, H. Iwan Zulhami, SH, M.AP dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Dr. H. Sapi’i, MA berharap dalam bulan yang penuh berkah ini ada beberapa makna pokok yang bisa dipetik diantaranya, makna silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah sehingga dapat mempersatukan semua dalam membangun jati diri sebagai insan yang beramal kepada Allah SWT serta menjadi pribadi yang baik lagi depannya.

Sapi’i juga mengatakan BKM Masjid Jami’ Ussabil berhasil membuat Masjid ini menjadi tempat ibadah yang nyaman bagi warga dengan ditandainya jamaah yang begitu ramai dari awal hingga akhir juga tidak kalah penting anak-anak turut antusias melaksanakan sholat Isya dan terawih berjemaah.

“Untuk itu kepada seluruh BKM Masjid Jami’ Ussabil harus membuat trobosan baru demi menciptakan generasi-generasi yang lebih mencintai ajaran Islam serta mengembalikan jati diri Tanjungbalai yaitu Kota yang relegius,” tutupnya.

Usai kata sambutan Kabid Urais, dilanjutkan dengan tausiah dari Ketua MUI Kota Tanjungbalai, H. Syaron Sirait, S.Pd.I dan pemberian bantuan oleh tim safari ramadhan Kanwil Kemenagsu kepada BKM Masjdi Jami’ Ussabil.

Kedatangan Kakanwil Kemenagsu Disambut Tiga Kakankemenag Kabupaten/Kota

Kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, H. Iwan Zulhami, SH, M.AP yang ditemani oleh Ny. Hj. Susilawati (Istri) beserta rombongan dalam rangka berbuka puasa bersama dan safari ramadhan disambut hangat oleh Kakankemenag Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA, Kakankemenag Kabupaten Asahan, Dr. H. Hayatsyah, M.Pd dan Kakankemenag Kabupaten Batubara, H. Ahmad Sofyan, MA di halaman depan Kankemenag Kota Tanjungbalai, Selasa (14/5).

Kedatangan Kakanwil Kemenagsu Disambut Tiga Kakankemenag Kabupaten/Kota

Selain berbuka puasa bersama, Kakanwil Kemenagsu juga memberikan santuan kepada 50 orang anak yatim diantaranya, 25 orang anak yatim Kota Tanjungbalai, 15 orang anak yatim Kabupaten Asahan dan 10 orang anak yatim Kabupaten Batubara. Bukan hanya itu, rombongan Kakanwil Kemenagsu juga akan melaksanakan safari ramadhan ke Masjid Jami’ Ussabil jalan MT. Haryono Kel. Selat Lancang Kec. Datuk Bandar Timur.

Tampak hadir dalam pada acara buka puasa berasama, Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH,MH, mewakili Ketua Pengadilan Agama, Kapolres, Danlanal, dan Kajari, Ketua MUI, Ketua DMI, Ormas, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama serta tamu undangan lainnya. 

Disela-sela menunggu berbuka puasa, Kakankemenag Tanjungbalai dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh rombongan Kanwil Kemenagsu dan tamu undangan yang berhadir pada acara buka puasa bersama di Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai.

“Menurut informasi yang saya terima, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai untuk pertama kalinya di kunjungi Kakanwil Kemenagsu dalam acara buka puasa berasama, ini merupakan suatu penghargaan dan momen bersejarah bagi ASN Kemenag Tanjungbalai,” ucap Kakankemenag dengan rasa senang.

Al Ahyu juga mengatakan dihari yang baik bulan baik ini hendaklah kita saling mempererat tali silaturahmi antar sesama ASN serta meningkatkan keimanan demi mejadi pribadi yang baik berguna disisi Allah SWT dan dikehidupan bermasyarakat.

Pada kesempatan yang sama Walikota Tanjungbalai dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan Kakanwil Kemenagsu. Orang nomor satu di Kota Tanjungbalai itu juga mengatakan dalam waktu dekat ini pihak pemerintah kota akan menghibahkan tanah menjadi milik Kankemenag Tanjungbalai dalam upaya sebagai sarana penunjang tugas-tugas dan pelayanan publik di Kemenag.

Sementara itu Kakanwil Kemenagsu mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa untuk tim safari ramadan 1440 H Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, dan mengapresiasi atas segala sesuatu yang telah dilakukan oleh tiga Kankemenag Kabupaten/Kota yang mengkondisikan kedatangan Tim Safari Ramadan ke Kota Tanjungbalai.

Usai sambutan Kakanwil dilanjutkan dengan tausiah oleh Penyuluh Agama Islam Non PNS, Ustadz Taufik Azhar dan kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dengan hidangan khas Kota yang berjuluk Kota Kerang tersebut.

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Pentausiah Tim Safari Ramadhan Walikota

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA mengikuti safari ramadhan bersama tim rombongan Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH di Masjid Al-Ihklas jalan Besar Teluk Nibung Kel. Kapias Pulau Buaya Kec. Teluk Nibung Kota Tanjungbalai usai melaksanakan buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai di pendopo rumah dinas, Senin 13 Mei 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Pentausiah Tim Safari Ramadhan Walikota

Usai melaksanakan sholat isya dan terawih berjemaah di Masjid Al-Ikhlas, Walikota Tanjungbalai  menyampaikan kata sambutannya pada kunjungan ini. Ia mengatakan bahwa kunjungan tim safari ramadhan ini bertujuan untuk bersilaturahmi dengan masyarakat setempat agar tercipta hubungan yang harmonis di bulan suci ramadhan ini.

Syahrial juga mengatakan bahwa tim safari ramadhan yang bentuk pemerintah kota berjumlah 2 tim. “Dimana tim pertama terdiri dari Dandim 0208 AS, Kapolres, Ketua DPRD dan Kakankemenag Tanjungbalai yang juga sekaligus sebagai pentausiah, sedangkan tim kedua dipimpin langsung oleh Wakil Walikota,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Kakankemenag Tanjungbalai dalam tausiahnya mengatakan bukan hanya bulan ramadhan kita harus memperbaiki sikap, namun selepas ramadhan ini kita terlepas dari sikap-sikap yang merugikan orang. Kita juga lebih bertaqwa dan pasti lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Al Ahyu berharap kepada semua warga setempat serta pengurus masjid yang telah kunjungi dan mendapat bantuan, silahkan manfaatkan bantuan tersebut dengan baik dan benar, agar dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Diakhri tausiahnya, Al Ahyu mengajak seluruh jemaah Masjid Al-Ihklas untuk menjadikan bulan suci ramadhan menjadi momen yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan hal-hal yang postif. “Jangan hanya bulan Ramadan namun di bulan-bulan lain pun kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Acara safari ramadhan dikhiri dengan pemberian bantuan berupa sembako, perlengkapan elektronik seseprti pengeras suara dan mic oleh Walikota Tanjungbalai.

Pemko Undang Kemenag Tanjungbalai Buka Puasa Bersama

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama Kasubbag TU, Kepala Seksi, Penyelenggara Syariah, Kepala KUA, Kepala Madrasah serta beberapa ASN Kemenag Tanjungbalai menghadiri undangan berbuka puasa bersama yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai bertempat di pendopo rumah dinas Walikota Tanjungbalai, Senin 13 Mei 2019.

Pemko Undang Kemenag Tanjungbalai Buka Puasa Bersama

Hadir pada acara tersebut seluruh unsur FKPD dan SKPD, Ketua MUI, Pimpinan Bank, Alim Ulama serta seluruh Ormas Islam se Kota Tanjungbalai.

Disela sela menunggu berbuka puasa, Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang berhadir karena acara ini dibuat tidak lain tidak bukan untuk memperkuat tali silaturahmi bagi kita semua.

Ia juga berharap dibulan yang baik ini mari kita sucikan hati menuju yang fitri. Mari introfeksi diri apakah kita dapat bertemu dengan Ramadhan tahun depan atau tidak. Dengan ini saya mengajak kita semua untuk meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT untuk bekal dihari esok.

Syahrial juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembentukan acara ini. “Saya yakin dengan ini kita semua makin memperkokoh tali silaturahmi baik itu seluruh Instansi Pemerintah  juga masyarakat Kota Tanjungbalai,” pungkasnya.

Kakankemenag Lantik Dua Pejabat Struktural

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA melantik dua pejabat struktural eselon IV.a yakni H. Ahmad Zais sebagai Kepala Seksi Pendidikan Madrasah dan H. Abd. Syadat Saragih, SH sebagai Kepala Seksi Haji & Umroh, Rabu 08 Mei 2019.

Kakankemenag Lantik Dua Pejabat Struktural

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di ruang kerja Kakankemenag Tanjungbalai yang dihadiri oleh Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam, Kasi PAKIS, Pengawas, Kepala KUA Kecamatan, Penyelenggara Syariah, Penyuluh dan Kepala Madrasah.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan rotasi atau tukar posisi dari yang dulunya H. Ahmad Zais Kasi Haji & Umroh kini bertukar posisi dengan H. Abd. Syadat Saragih, SH Kasi Penmad. “Ini merupakan hal yang lazim bagi kita,” ucapnya.

Al Ahyu juga menambahkan setiap menerima jabatan, ingat itu adalah amanah bukan hanya sekedar tanggung jawab kepada pimpinan dan bawahan tetapi kepada Allah SWT. 

Selanjutnya Ia berpesan agar pejabat yang telah dilantik dapat profesional dan harus mampu menjadi teladan kepada bawahannya dan orang-orang sekitarnya. 

Al Ahyu berharap kepada pejabat yang baru dilantik bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, dan selalu berkoordinasi dengan pejabat yang sebelumnya untuk lebih memaksimalkan suatu kegiatan dan terutama pelayanan terhadap masyarakat.

Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Safari Ramadhan

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan kunjungan tim safari ramadhan di Masjid Ubudiyah jalan Kartini Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai, Selasa 07 Mei 2019.

Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Safari Ramadhan

Tampak hadir pada acara tersebut Kapela Sub, Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala Seksi Haji & Umroh, Kepala Seksi PAKIS, seluruh Kepala KUA Kecamatan, Pengawas, Kepala Madrasah para ASN Kemenag Tanjungbalai PNS dan Non PNS serta jemaah yang berhadir.

Dalam kunjungan ini juga seluruh tim safari ramadhan melaksanakan sholat Isya berjamaah dan sholat tarawih berjamaah di Masjid tersebut. Adapun yang menjadi imam pada kunjungan safari ramadhan itu adalah Kepala KUA Kecamatan Datuk Bandar, H. M. Jamil, S.Ag dan sebagai penceramah adalah penyuluh agama Islam, Drs. Muslim.

Usai melaksanakan sholat terawih berjemaah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menyampaikan kata sambutannya pada kunjungan ini. Ia mengatakan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung ke lapangan serta bersilaturahmi dengan masyarakat setempat agar tercipta hubungan yang harmonis di bulan suci ramadhan ini.

Al Ahyu juga menambahkan bukan hanya bulan ramadhan kita harus memperbaiki sikap, namun selepas ramadhan ini kita terlepas dari sikap-sikap yang merugikan orang. “Kita juga lebih bertaqwa dan pasti lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta,” ucapnya.

Al Ahyu juga berharap kepada BKM Masjid Ubudiyah hendaklah membuat suatu inovasi dan gagasan baru yang dapat menggungah hati masyarakat untuk selalu ke Masjid.

“Karena kita tahu saat ini masjid-masjid selalu ramai saat bulan suci ramadhan, namun setelah ramadhan berakhir kita tidak dapat lagi melihat masyarakat beramai-ramai ke masjid, ini merupakan suatu catatan bagi kita,” ujar Kakankemenag.

Diakhir sambutannya Kakankemenag Tanjungbalai berharap kepada semua warga setempat serta pengurus masjid yang telah kunjungi dan mendapat bantuan dari pihak lain, silahkan manfaatkan bantuan tersebut dengan baik dan benar, agar dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat di Kecamatan Datuk Bandar.

Acara safari ramadan ini ditutup dengan  penyerahan bantuan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai yang diserahkan Kakankemenag kepada Ketua Pengurus BKM Masjid Ubudiyah dan dilanjutkan dengan ceramah.

Kasubbag TU Hadiri Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Kota Tanjungbalai

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I menghadiri acara deklarasi pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBM) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada Kantor Pengadilan Agama Kota Tanjungbalai, Selasa 07 Mei 2019.

Kasubbag TU Hadiri Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Kota Tanjungbalai

Acara yang digelar di Aula Kantor Pengadilan Agama Tanjungbalai jalan Sudirman Km. 05 dihadiri Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH, jajaran Forkompimda, Ketua MUI, Pimpinan Bank dan seluruh ASN Pengadilan Agama.

Ketua Pengadilan Agama Kota Tanjungbalai, Eldi Harponi, S.Ag, MH dalam sambutannya mengatakan pencanangan ZI menuju WBK dan WBBM ini adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya korupsi disertai dengan langkah nyata dalam mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Pada kesempatan yang sama Walikota Tanjungbalai dalam sambutannya mengatakan program ini merupakan upaya mempercepat proses reformasi birokrasi dengan memberikan pelayanan yang baik, efektif, efesien dan profesional serta mendorong pencegahan korupsi dan nepotisme.

Lebih lanjut Syahrial mengatakan demi terwujudnya pemerintahan baik dan bersih, diperlukan komitmen bersama untuk mewujudkan hal tersebut. “Memang bukan hal mudah, karena ada parameter komponen yang harus dipenuhi seperti mekanisme, pola fikir, budaya kerja dan sebagainya,” terangnya.

Diakhir sambutannya Walikota Tanjungbalai mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketua PA Kota Tanjungbalai dan seluruh jajarannya yang telah mencanangkan pembangunan zona integritas ini. Upaya pencanangan komitmen zona integritas menuju WBK dan WBBM dapat menjadi salah satu upaya awal untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Usai sambutan Walikota Tanjungbalai, acara dilanjutkan dengan pengucapan ikrar bersama aparatur PA Tanjungbalai sebanyak 5 poin janji untuk menjauhi dan tidak korupsi serta tulus melayani tanpa pamrih. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas  oleh Ketua PA Tanjungbalai dengan disaksikan oleh seluruh unsur Forkompimda.

Selama Bulan Suci Ramadhan, Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Tausiah Ba’da Dzuhur

Memasuki bulan suci Ramadan 1440 H, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menjalankan programnya yaitu tausiah atau ceramah 7 menit yang disampaikan oleh para penyuluh dilingkungan Kankemenag Kota Tanjungbalai setelah shalat dzuhur berjemaah, Senin 06 Mei 2019.

Selama Bulan Suci Ramadhan, Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Tausiah Ba’da Dzuhur

Program ini juga merupakan program tahunan Kemenag Tanjungbalai dilaksanakan setiap Senin s/d Kamis selama bulan suci Ramadan. Program tausiah ini bertujuan untuk mengingat serta mengulang kembali pemahaman tentang syariat-syariat Islam.

Tausiah pertama di buka oleh Ketua POKJALUH Tahmid Hasibuan, S.Ag. Isi tausiahnya menjelaskan hikmah puasa. Dijelaskan bahwa hikmah puasa adalah mensucikan jiwa, karena dengan berpuasa manusia memilih untuk menahan diri dari hal-hal yang sebenarnya halal untuknya.

Lebih lanjut Tahmid menjelaskan hikmah puasa itu dapat melatih seseorang menjadi lebih bersyukur. Disaat kita menjalankan ibadah puasa, kita hanya makan dua kali di saat berbuka puasa dan waktu sahur. Dengan demikian, maka kita akan lebih merasa bersyukur dengan apa yang kita makan selama ini ketika kita tidak berpuasa. Oleh karena itu rasa syukur itu akan muncul pada diri seseorang tersebut .

Diakhri tausiahnya Tahmid mengajak seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai  untuk menjadikan bulan suci Ramadan menjadi momen yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan hal-hal yang postif. “Jangan hanya bulan Ramadan namun di bulan-bulan lain pun kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Lantik 5 Penghulu Muda

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA melantik 5 penghulu muda fungsional yang bertugas pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dilingkungan Kemenag Tanjungbalai yang berlangsung di Aula Kankemenag Kota Tanjungbalai, Kamis 02 Mei 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Lantik 5 Penghulu Muda

Turut hadir pada pelantikan tersebut, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I, Kepala Seksi PAKIS, Mulyadi, S.Pd.I, Pengawas, Penyuluh dan Kepala Madrasah.

Dalam arahan dan bimbingannya Kakankemenag mengatakan Kepala KUA akan menjalankan tugasnya sebagai penghulu juga. Artinya jabatan Kepala KUA hanya tugas tambahan saja layaknya seorang guru yang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Madrasah.

“Saat ini kita melantik 5 penghulu yang seharusnya 6 penghulu dari keseluruhan Kecamatan yang ada di Kota Tanjungbalai. Namun dalam waktu dekat ini kita akan melantik 1 penghulu lagi untuk melengkapi kekurangan penghulu kita,” ucap Kakankemenag.

Al Ahyu mengharapkan dalam menjalankan tugas benar-benar mengacu pada pedoman atau aturan yang telah ditetapkan jangan sampai nantinya ada penyimpangan yang dilakukan.

Dikahir sambutannya, Al Ahyu berpesan kepada penghulu yang dilantik agar menjadi garda terdepan yang membawa visi dan misi Kemenag di tingkat kecamatan untuk selalu menjaga citra positif Kemenag serta juga dapat menjadi salah satu indikator peniliaian masyarakat terhadap pelayanan publik di Kementerian Agama. 

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Kegiatan PKB Guru PAI

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) malaksanakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tahun 2019 di Aula Kankemenag Kota Tanjungbalai, Rabu 01 Mei 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Kegiatan PKB Guru PAI

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dengan diikuti peserta dari para guru-guru yang bertugas di sekolah umum dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas dan kejuruan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam se Kota Tanjungbalai.

Dalam arahan dan bimbingannya Kakankemenag Tanjungbalai mengatakan bahwa PKB merupakan hak yang harus diberikan kepada para guru atau dalam bahasa agama PKB adalah suatu kewajiban, supaya kelak guru mempunyai tanggungjawab untuk bisa meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya.

PKB ini juga menjadi sebuah tuntutan dan motivasi para guru agar memiliki komitmen bersama  dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan benar.

Lebih lanjut Al Ahyu mengajak kepada guru Pendidikan Agama Islam untuk senatiasa membuka wawasan baru terhadap perubahan baik melalui KKG/MGMP maupun organisasi keprofesian lainnya. 

Adapun narasumber pada kegiatan tersebut antara lain Kakankemenag Tanjungbalai, Kepala Bidang PAKIS Kanwil Kemenagsu, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I dan Kepala Seksi Pendidikan Dasar pada Bidang PAKIS Kemenagsu.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Harlah YMPI Ke 71 Sei Tualang Raso

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I menghadiri malam puncak Hari Lahir Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai Ke 71Tahun 2019 yang sekaligus juga dirangkai dengan acara peringatan Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW, Selasa 30 April 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Harlah YMPI Ke 71 Sei Tualang Raso

Acara yang digelar dihalaman YMPI jalan Letjend Suprapto Sei Tualang Raso dihadiri oleh Asisten I Pemko Tanjungbalai, Ketua DPRD, mewakili Kapolres, Ketua Yayasan YMPI, Camat Sei Tualang Raso, dan seluruh keluarga besar YMPI baik guru, siswa maupun alumni.

Dalam kesempatan tersebut, Kakankemenag Tanjungbalai memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya Ia mengatakan bahwa YMPI sudah berkiprah selama 71 tahun memberikan warna dalam panggung dunia pendidikan dan memberikan kontribusi yang luar biasa dalam tatanan kehidupan masyarakat Kota Tanjungbalai.

“Setiap tahunnya animo para orang tua untuk menitipkan anaknya mengenyam ilmu pendidikan di madrasah ini selalu luar biasa. Inilah keistimewaan YMPI yang memang memiliki tempat terindah di hati masyarakat,” tuturnya.

Ia menambahan masyarakat Kota Tanjungbalai turut berbangga hati terhadap kiprah YMPI di Kota Tanjungbalai ini. Al Ahyu berharap apa yang telah dilakukan YMPI ini akan semakin baik kedepannya.

Diakhir sambutannya Kakankemenag mengucapkan selamat dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pengurus YMPI atas terselenggaranya peringatan Harlah YMPI sekaligus dibarengi dengan peringatan Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW. 

Kasubbag TU Sambut Barisan Siswa-siswi YMPI di Tribun Kehormatan

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai Ke 71Tahun 2019, ribuan pelajar mulai dari MA, MTs, MIS, MDA, TK, PAUD dan seluruh tenaga pendidik YMPI berbondong-bondong melaksanakan pawai ta’ruf, Selasa 30 April 2019.

Kasubbag TU Sambut Barisan Siswa-siswi YMPI di Tribun Kehormatan

Pawai yang dimulai dari jalan Letjend Suprapto Sei Tualang Raso persisnya di depan gedung YMPI menuju rute jalan Veteran, jalan Masjid dan berakhir di depan pendopo rumah dinas Walikota Tanjungbalai jalan Jend. Sudirman.

Tampak antusias seluruh pelajar saat mengikuti pawai walaupun hujan rintik-rintik terus mengguyur barisan dari start hingga finish. Namun demikian wajah kegembiraan jelas terpancar dari seluruh barisan pawai, tidak terlihat satu pun lari atau keluar dari barisan.

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I bersama dengan Asisten II Pemko, Ketua Yayasan YMPI, mewakili Kapolres, mewakili DPRD menyambut seluruh barisan di tribun kehormatan.

Asisten II Pemko Tanjungbalai dalam sambutannya mengatakan kalangan pelajar harus terus memacu diri menunut ilmu. Kini YMPI sudah berusia 71 tahun, dan selama itu pula sudah cukup banyak alumninya yang berhasil dan menjadi orang-orang besar di luar daerah.

“Melalui Harlah Ke 71 tahun ini, hendaknya para pelajar YMPI dapat lebih menekuni berbagai ilmu keagamaan yang diajarkan oleh para mualim dan mualimah di lingkungan YMPI,” imbuhnya.