KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Kakankemenag Tanjungbalai Wisuda 152 Siswa MTsS Al Washliyah Kuala Silau Bestari

Sebanyak 152 siswa-siswi MTsS Al Washliyah Kuala Silau Bestari dilepas dan diwisuda pada Senin, 29 April 2019 yang digelar di halaman MTsS Al Washliyah Kuala Silau Bestari Jln. Melati Keluarahan Silau Bestari Kecamatan Tanjungbalai Utara.

Kakankemenag Tanjungbalai Wisuda 152 Siswa MTsS Al Washliyah Kuala Silau Bestari

Acara wisuda sekaligus khataman Al Qur’an dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA, PD. Al Washliyah Gading Tanjungbalai, Lurah Silau Bestari, mewakili Dewan Pendidikan, Tokoh Agama, para orang tua murid dan masyarakat setempat.

Sebelum memasuki prosesi wisuda, Kakankemenag Tanjungbalai dalam sambutannya mengatakan ucapan selamat kepada seluruh  peserta didik yang telah lulus menyelesaikan pendidikan tingkat Tsanawiyah dan berharap agar bisa melanjutkan ke jenjang Aliyah bahkan ke jenjang perguruan tinggi.

“Madrasah sekarang ini sudah masuk pada fase madrasah bergengsi karena prestasi. Dewan guru, tenaga pendidik dan kependidikan harus mampu membawa madrasah kearah tersebut dan juga mampu membawa madrasah menuju madarasah hebat bermartabat,” imbuhnya.

Selanjutnya, Al Ahyu berharap agar antara Madrasah dengan Kemenag, Komite dan Dewan Pendidikan harus terjalin komunikasi yang baik agar tercipta hubungan kerja yang solid demi memajukan pendidikan di Kota Tanjungbalai.

Diakhri sambutannya Kakankemenag mengapresiasi kepada seluruh dewan guru dan perangkat lainnya yang telah berjuang mengajar dan mendidik anak-anak sehingga akhirnya bisa sampai kepada titik perjalanan menyelesaikan pendidikannya di MTsS Al Washliyah Kuala Silau Bestari.

Pada sesi terakhir acara, Kakankemenag, Kepala Madrasah, Lurah dan PD. Al Washliyah menyerahkan ijazah dan penyematan tanda mendali kepada para wisudawan MTsS Al Washliyah Kuala Silau Bestari.

Kakankemenag Hadiri Perpisahan Siswa-siswi Kelas VI MIN 1 Tanjungbalai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri acara perpisahan siswa-siswi kelas VI MIN 1 Tanjungbalai tahun pelajaran 2018/2019 sekaligus dirangkai dengan khataman Al-Qur’an. Acara digelar di MIN 1 Jln. Khairil Anwar No. 50 Kelurahan Kuala Silau Bestari Kecamatan Tanjungbalai Utara, Kamis 25 April 2019.

Kakankemenag Hadiri Perpisahan Siswa-siswi Kelas VI MIN 1 Tanjungbalai

Acara perpisahan pun berlangsung meriah, nampak kegembiraan dan keceriaan serta keharuan para tamu undangan yang hadir melihat rangkaian tampilan acara yang menarik. Dimulai dari pembacaan ayat suci Al-Qur’an, tari persembahan, sambutan wali murid serta pidato singkat dari anak didik kelas V MIN 1. 

Kepala MIN 1, Hj. Lely, S. Pd.I dalam sambutannya mengatakan kepada seluruh siswa kelas VI untuk bisa meneruskan pendidikan yang berkelanjutan yakni melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah menamatkan pendidikan di MIN 1 ini dan jangan putus sampai disini.

Dalam sambutannya, Kakankemenag menyampaikan ucapan selamat atas pelepasan siswa-siswa kelas VI MIN 1 Tanjungbalai, ia berharap alumni-alumni yang dilepaskan hari ini menjadi generasi terbaik yang  berguna bagi agama, bangsa dan negara.

“Buat orang tua wali murid, saya menghimbau agar lebih ditingkatkan lagi perhatian dalam masalah pendidikan anak-anak kita, karena pendidikan ini merupakan hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh seseorang dalam meraih kesuksesan,” tuturnya.

Al Ahyu mengajak kepada wali murid untuk 10 tahun kedepan mari kita siapkan tenaga, fikiran, dukungan, motifasi untuk anak kita agar mereka kelak menjadi generasi yang mampu membanggakan bangsa dan negara.

Diakhir sambutannya Al Ahyu berpesan kepada seluruh ASN khususnya dilingkungan MIN 1 Tanjungbalai untuk menjaga dan menjunjung tinggi nama baik Kementerian Agama karena sesungguhnya Kementerian Agama adalah rumah kita bersama yang harus kita jaga.

Jelang Ramadhan, Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Rapat Koordinasi

Memasuki bulan suci ramadhan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I memimpin rapat koordinasi bersama seluruh pejabat dilingkungan Kemenag Tanjungbalai, Rabu 24 April 2019.

Jelang Ramadhan, Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Rapat Koordinasi

Rakor yang digelar di Aula Kemenag Tanjungbalai membahas tentang berbagai macam persiapan terkait apa saja agenda kegiatan Kemenag Tanjungbalai selama bulan suci ramadhan.

Dalam arahan dan bimbingannya, Al Ahyu mengatakan bahwa dengan informasi yang diperoleh dari Kasubbag TU, kegiatan Kemenag Tanjungbalai selama bulan suci ramadhan baik sholat dzuhur berjemaah, tausiah, safari ramadhan dan lain sebagainya akan terus dijalankan.

Ia juga menambahkan kepada seluruh peserta rapat agar memberikan masukan-masukan atau tambahan terkait kegiatan yang akan dilakukan.

“Disamping itu, dalam waktu singkat ini pihak Kemenag Kota Tanjungbalai akan melakukan koordinasi ke pihak Pemerintah Kota terkait dengan kegiatan safari Ramadhan gabungan disetiap kecamatan,” imbuhnya.

Diakhir arahannya, Al Ahyu mengajak kepada seluruh pajabat dan ASN termasuk honorer dilingkungan Kankemenag Kota Tanjungbalai agar menyambut bulan suci ramadhan pada tahun ini dengan penuh suka cita, serta senantiasa menjadikan bulan ramadhan ini menjadi momentum yang tepat bagi ASN Kemenag Tanjungbalai untuk lebih dekat kepada masyarakat dan juga lebih dekat kepada Allah SWT.

Kakankemenag dan Walikota Monitoring Pelaksanaan UNBK di MTsN Tanjungbalai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama dengan Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai, Tety Juliany Siregar, ST, MT beserta rombongan memonitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di MTsN Kota Tanjungbalai, Senin 22 April 2019.

Kakankemenag dan Walikota Monitoring Pelaksanaan UNBK di MTsN Tanjungbalai

Kedatangan rombongan monitoring disambut baik oleh Kapala Madrasah MTsN, Drs. H. Hasanuddin dan juga para guru. Kamad MTsN mengatakan bahwa peserta ujian sebanyak 297 siswa dengan menggunakan metode 3 (tiga) sesi dan memakai 3 (tiga) ruangan ujian.

Syahrial mengatakan monitoring ini bertujuan untuk melihat lebih dekat pelaksanaan UNBK di MTsN Kota Tanjungbalai sekaligus memotifasi para peserta didik untuk lebih teliti dalam menjawab soal ujjian secara online.

Saat melihat dari luar ruangan ujian, orang nomor satu di Kota Tanjungbalai berpesan kepada siswa dan siswi MTsN untuk semangat menjalani ujian tersebut. Ia juga mengatakan kepada peserta ujian agar jangan lupa berdoa sebelum ujian dan juga meminta restu kepada orang tua agar diberikan kelancaran.

Walikota Tanjungbalai juga berharap agar UNBK ini dapat berjalan dengan maksimal dan mendapatkan hasil yang memuaskan. “Kepada siswa-siswi saya doakan semuanya lulus dan mendapatkan nilai yang bagus,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kakankemenag mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh pengawas, penitia penyelenggara dan unsur yang terkait dalam mensukseskan ujian ini.

Ia juga berpesan kepada seluruh pengawas, panitia penyelenggara dan siswa-siswi agar menjaga kesehatan selama masa ujian. Terkhusus kepada siswa untuk tidak melakukan hal-hal diluar batas kewajaran yang dapat membahayakan kesehatan. 

“Giatlah belajar dan teruslah berdoa serta maksimalkan waktu ujian yang ada serta jangan asal-asal dalam menjawab soal ujian,” ucap Kakankemenag.

Kakankemenag Ingatkan Para Siswa Fokus Saat UNBK

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA yang hadir bersama Kasi Penmad, H. Abd. Syadat Saragih, SH,MA dan Pengawas tingkat Madrasah, Yulina Rahman, M.Pd.I membuka secara resmi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat MTs, Senin 22 April 2019 bertempat di halaman depan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Tanjungbalai.


Dalam arahan dan bimbingannya Al Ahyu mengingatkan kepada para siswa-siswi yang mengikuti UNBK agar fokus dan teliti saat menjawab soal karena ini merupakan ujian terakhir dalam menyambut kelulusan.

“Para siswa juga diharapkan untuk mematuhi tata tetib yang telah ditetapkan oleh panitia ujian sehingga pelaksanaan ujian bisa berjalan lancar,” lanjut Kakankemenag.

Al Ahyu juga meminta kepada pengawas ruangan agar mematuhi tata tertib pengawas dan aktif memantau siswa disaat ujian berlangsung dan juga memeriksa kehadiran siswa, jangan sampai ada peserta ujian yang tidak hadir segera dilaporkan ke panitia ujian.

Diakhir sambutannya Al Ahyu berharap pelaksanaan UNBK tahun ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar dengan melihat kesiapan panitia yang telah melakukan sinkronisasi seluruh perangkat komputer.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melalui Penyelenggara Syariah menggelar acara pembinaan penyuluh agama Islam baik PNS maupun Non PNS dilingkungan Kankemenag Tanjungbalai bertempat di Aula MUI Kota Tanjungbalai,, Selasa 16 April 2019.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Hadir pada acara tersebut Kepala Bidang Penais Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Prov. Sumut, H. Abdul Manan, MA yang juga menjadi narasumber pada kegiatan itu. Hadir pula Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I dan para penyuluh agama Islam.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya sekaligus membuka acara resmi mengatakan penyuluh Agama mempunyai peran yang sangat penting ditengah-tengah masyarakat untuk melakukan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama Islam dan pembangunan melalui bahasa agama.

Ia menambahkan, bahwa penyuluh agama Islam merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam melaksanakan penerangan agama Islam di tengah pesatnya dinamika perkembangan masyarakat Indonesia.

“Perannya sangat strategis dalam rangka membangun mental, moral, dan nilai ketaqwaaan umat serta turut mendorong peningkatan kualitas kehidupan umat dalam berbagai bidang baik di bidang keagamaan maupun pembangunan,” ungkap Kakankemenag.

Kakankemenag berharap melalui kegiatan pembinaan ini para penyuluh dapat menyerap segala informasi yang akan diberikan oleh para narasumber sebagai tambahan amunisi atau bekal dalam melaksanakan tugas sebagai penyuluh.

Pada kesempatan yang sama Kabid Penais Zakat Wakaf Kanwil Kemenagsu menerangkan bahwa penyuluh agama Islam juga mempunyai peran penting dalam pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan dirinya masing-masing.  

“Dengan kata lain, keberhasilan dalam bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat menunjukkan keberhasilan dalam manajemen diri sendiri,” tegasnya.’

Kakankemenag Harapkan Kepala KUA Tingkatkan Kompetensi Diri

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA mengatakan kepada jajaran Bimas Islam khusunya kepada Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan agar berbenah dan meningkatkan kualitas serta kompetensi diri dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kakankemenag Harapkan Kepala KUA Tingkatkan Kompetensi Diri

Hal itu disampaikan Kakankemenag Tanjungbalai dalam acara penyerahan penghargaan KUA teladan Kota Tanjungbalai serta penyerahan penghargaan bagi pemenang Musabaqah Baca Kitab (MBK) tahun 2019 yang digelar di Aula Kankemenag Tanjungbalai, Senin 15 April 2019.

Lebih lanjut Al Ahyu mengatakan bahwa Kepala KUA sebagai ujung tombak Kemenag, untuk itu di meminta agar tugas dan fungsinya di optimalkan serta juga dapat menjadi salah satu indikator peniliaian masyarakat terhadap pelayanan publik di Kementerian Agama. 

Kepada seluruh Kepala KUA Kecamatan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus betul-betul mengacu pada undang-undang yang berlaku sebab Kepala KUA merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag yang secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti pencatatan nikah, nikah dan rujuk, melakukan bimbingan keluarga sakinah dan bimbingan ke masjidan dan juga kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakan lainnya. 

“Untuk itu Kepala KUA perlu mendapat pencerahan yang mampu memotivasi dalam meningkatkan kinerja dan tata laksana dalam menjalankan tugas dan pelayanan,” tambahnya.

Al Ahyu mengharapkan kepada Kasi Bimas untuk melakukan pembinaan kepada seluruh jajarannya setiap tiga bulan atau tri wulan sekali agar dapat memantau perkembangan kinerja KUA khususnya Kepala KUA Kecamatan dan tata kelola kantor KUA. 

Kakankemenag mengatakan bagi Penghulu yang berhasil menang dalam lomba MBK diharapkan mampu menjadi pionir di tengah-tengah masyarakat serta dapat menguasai hukum syariat Islam dan juga dapat menguasai hukum positif negara terkait perkawinan. 

Al Ahyu juga memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada KUA yang berhasil meraih peringkat pertama pada penilaian KUA teladan tingkat Kota. Ia juga mengatakan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari peran aktif seluruh staf yang ada di KUA baik PNS maupun Non PNS.

Ia juga mengatakan bagi KUA yang berhasil menjadi KUA teladan tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2019 akan mewakili Kota Tanjungbalai pada penilaian KUA teladan tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

“Untuk itu kita harus lebih memperbaiki lagi secara detail segala aspek yang ada, baik urusan tata kelola administrasi kantor, kebersihan dalam maupun luar kantor serta hal-hal lain yang menjadi catatan,” ungkapnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Rapat Koordinasi

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar Rapat Koordinasi, Senin 15 April 2019 di Aula Kemenag Tanjungbalai. Rakor bertujuan untuk mengevaluasi program dan kegiatan yang telah di kerjakan serta hal-hal lainnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Rapat Koordinasi

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I memimpin rapat koordinasi. Rapat tersebut dihadiri seluruh Kepala Seksi, Kepala Madrasah, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan, Pengawas, para penyuluh agama serta karyawan & karyawati lingkup Kemenag Tanjungbalai.

Kakankemenag Tanjungbalai mengatakan seluruh peserta rapat memberikan masukan-masukan yang postif yang sifatnya membangun guna mempermudah pekerjaan serta memajukan Kementerian Agama untuk kedepannya. 

Al Ahyu juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran dan partisipasi aktif jajarannya dalam melaksanakan setiap tugas dan fungsi di bidang dan sub bidang masing-masing serta berterima kasih atas suksesnya seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dari seksi masing-masing.

Pada rapat koordinasi ini, setiap Seksi/Penyelenggara menyampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan dan program-program yang akan dilaksanakan di seksi/penyelenggara masing-masing. 

Seperti Kasi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan penilaian KUA teladan serta penilaian Musabaqah Baca Kitab (MBK) bagi Penghulu pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se Kota Tanjungbalai telah sukses terlaksana.

Kakankemenag Tanjungbalai Imbau ASN Jangan Golput

Saya menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama Kota Tanjungbalai baik PNS maupun Non PNS untuk tidak golput pada Pemilu tahun 2019 yang akan dilaksanakan 17 April 2019 mendatang.

Kakankemenag Tanjungbalai Imbau ASN Jangan Golput

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. AL Ahyu, MA saat memberikan arahan dan bimbingan pada apel pagi yang dilaksanakan di halaman depan Kemenag Tanjungbalai, Senin 15 April 2019.

Al Ahyu menambahkan dalam menghadapi pesta demokrasi yang dilaksanakan beberapa hari lagi, ASN Kemenag Tanjungbalai diminta jaga keamanan dan kebersamaan serta menciptakan pemilu yang sejuk, aman dan kondusif.

Lebih lanjut Kakankemenag mengatakan memang dalam pemilu pasti ada perbedaan pilihan namun harus tetap bersatu bukan untuk bercerai berai karena satu kesatuan dan persaudaraan merupakan hal  terpenting bagi masyarakat seluruh Indonesia. 

“Oleh karena itu, Al Ahyu berharap agar seluruh ASN untuk tidak golput pada pemilu tahun 2019 ini. Pilihlah sesuai pilihan agar kita tidak menyesal karena ini menyangkut masa depan Indonesia bukan sekedar 5 (lima) tahun tapi seterusnya,” pungkasnya.

Apel pagi tersebut diikuti oleh Kasubbag Tata Usaha, seluruh Kepala Seksi, Kepala Kantor Urursan Agama Kecamatan, Kepala Madrasah, Pengawas, Penyuluh serta seluruh staf baik PNS maupun Non PNS. 

Kemenag Tanjungbalai Gelar Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalitas penyuluh, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan penilaian dan pemilihan penyuluh agama Islam teladan tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2019. Acara tersebut pun digelar di Aula MUI Kota Tanjungbalai, Selasa 09 April 2019.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I dan Kepala Seksi PAKIS, Mulyadi, S.Pd.I membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag dalam laporannya mengatakan bahwa peserta sebanyak 54 orang yang terdiri dari penyuluh agama Islam Fungsional sebanyak 6 orang dan penyuluh agama Islam Non PNS sebanyak 48 orang.

Abdullah Rahim menambahkan bahwa penilaian penyuluh teladan ini terdiri dari 3 kategori diantaranya, penilaian berkas laporan kegiatan penyuluh,vidio pendekatan penyuluhan dan testimoni serta naskah bimbingan penyuluhan dan presentasi.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan pemilihan penyuluh agama Islam PNS dan Non PNS teladan ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan penting tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama.

Kegiatan ini sesungguhnya bukan semata-mata sebagai ajang kejuaraan, lebih dari itu, kegiatan ini diproyeksikan untuk meningkatkan kompetensi penyuluh agama Islam dalam tugasnya memberikan dakwah-dakwah Islami di tengah-tengah masyarakat.

“Diharapkan setelah dinilai memberikan motivasi bagi para penyuluh agama Islam untuk meningkatkan ketekunan dan pengabdian dalam pembinaan serta pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.

Kakankemenag Hadiri Tabligh Akbar Polres Tanjungbalai


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I menghadiri acara tabligh akbar, dzikir serta doa bersama dalam rangka peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 M yang diselenggarakan oleh Polres Tanjungbalai bertempat di Masjid Raya Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, Senin 08 April 2019.

Kakankemenag Hadiri Tabligh Akbar Polres Tanjungbalai

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD, Kepala Bea dan Cukai, Kepala Dinas, Ketua MUI, pimpinan yayasan pendidikan Al Washliyah, pimpinan Bank, beberapa siswa-siswi dan serta seluruh jajaran kepolisian termasuk ibu-ibu bhayangkari.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, SH, S.IK dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan  dalam upaya pembekalan rohani bagi apar kepolisian yang beragama muslim dengan mengambil hikmah dan pembelajaran dari kisah Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW.

Kapolres juga mengaitkan dengan konteks sekarang dimana era digitalisasi mengharuskan polisi bekerja lebih keras dalam menjalankan tugas dan tantangan yang dihadapi terutama yang tengah digalakkan saat ini anti radikalisme dan anti hoax.

Melalui tema “Marilah Kita Tanamkan Jiwa Islami Guna Mensukseskan Pemilu yang Aman, Damai dan Sejuk di Kota Tanjungbalai” Kapolres berharap kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan sekaligus meningkatkan kinerja kepolisian serta mendukung Pemuli damai 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Kegiatan Musabaqah Baca Kitab

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Baca Kitab (MBK) tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2019 di Aula Kankememenag Tanjungbalai, Senin 08 April 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Kegiatan Musabaqah Baca Kitab

Kasi Bimas Islam dalam laporannya mengatakan bahwa yang menjadi peserta pada kegiatan ini ialah seluruh Penghulu pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se Kota Tanjungbalai berjumlah 6 (enam) orang, sedangkan yang menjadi dewan juri adalah Ketua MUI Tanjungbalai, H. Syahron Sirait, S.Pd.I dan dari unsur ulama, Al Ustadz Hajarul Aswadi, S.Ag.

Kasi Bimas Islam menambahkan MBK ini intinya bertujuan untuk mendorong kecintaan penghulu dalam membaca literatur berbahasa Arab sehingga terjaga eksistensi di masyarakat.

Dalam arahan dan bimbingannya Al Ahyu mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Seksi Bimas Islam adalah program nasional yang secara otomatis tetap kita laksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)  dalam rangka meningkatkan pemahaman kajian dari pendalaman ilmu-ilmu agama Islam dan dari sumber kitab-kitab bahasa Arab dalam melayani masyarakat.

“Hebatnya lagi kitab kuning, meskipun lahir jauh beberapa abad yang lalu namun keilmuan yang ada didalamnya senantiasa kompatibel dengan segala zaman termasuk dengan zaman milenial seperti saat ini,” ucapnya.

Al Ahyu berharap MBK ini meskipun pesertanya tidak banyak, namun mampu memicu dan memacu tumbuhnya gairah baru dikalangan Penghulu untuk memperdalam keilmuan klasik yang dipadu padankan dengan keilmuan saat ini serta diselaraskan dengan situasi dan kondisi saat ini.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka UABN MDTA

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, Kasi PAKIS, Mulyadi, S.Pd.I dan Pengawas tingkat Madrasah, Saidah, MA membuka secara resmi penyelenggaraan Ujian Akhir Bersama Nasional Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (UABN MDTA) Tahun Pelajaran 2018/2019. Acara pembukaan digelar di Madrasah YMPI Sei Tualang Raso, Senin 08 April 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka UABN MDTA

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian ini berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 08 April s/d 11 April 2019, untuk itu seluruh santri dapat mempelajari kembali pelajaran yang akan diujikan sesuai dengan jadwal ujian.

Kakankemenag juga meminta kepada lembaga pendidikan keagamaan Islam yang berkontribusi besar pada pembangunan bangsa agar lebih mengedepankan kembali pengembangan pendidikan Islam, akhlak moral, karakter bagi santri-santri diniyah dalam memberikan pendidikan dan pengajaran.

“Sekali lagi saya ingatkan seluruh santri untuk fokus saat menjawab soal ujian, jangan terburu-buru, baca soal dengan teliti dan lebih terpenting selalu berdoa kepada Allah SWT agar hasil yang diraih nantinya memuaskan,” harap Kakankemenag.

Diakhir sambutannya Al Ahyu meminta kepada para guru untuk selalu memberikan semangat serta motivasi kepada santri-santri kita sebelum memasuki ruang ujian agar mereka lebih percaya diri saat melaksakan ujian.

Kakankemenag Serahkan Sertifikat Malim Sekampung Bagi Siswa MTsN

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menyerahkan sertifikat malim sekampung atau bilal mayit kepada 8 (delapan) orang siswa-siswi MTsN Kota Tanjungbalai yang dinggap mampu melaksanakan fardhu kifayah tersebut, Senin 08 April 2019.

Kakankemenag Serahkan Sertifikat Malim Sekampung Bagi Siswa MTsN

Penyerahan sertifikat itu juga dirangkai dengan beberapa agenda acara diantaranya khataman Al-Qur’an dan dzikir bersama dalam menyambut UNBK tingkat MTs sepembeninaan sub rayon 06 Tanjungbalai serta penanaman pohon dalam rangka penghijauan madrasah menuju madrasah hebat bermartabat.

Penyerahan sertifikat diawali oleh Kakankemenag Tanjungbalai dan dilanjutkan dengan tamu undangan yang berhadir serta didampingi oleh orang tua siswa. 

Kakankemenag Tanjungbalai saat menyerahkan sertifikat mengatakan bahwa sertikikat ini bukan hanya didapat, dipajang maupun disimpan akan tetapi ilmu yang diperoleh serta capakaian yang raih dapat berguna bagi masyakarat.

Al Ahyu juga mengapresiasi seluruh tenaga pendidik khusunya di madrasah karena telah memberikan ilmu baik lisan maupun praktik yang bermanfaat bagi peserta didik. “Bila waktunya tiba maka siswa-siswi kita ini mampu menonjolkan diri di tengah-tengah masyarkat untuk menjadi malim sekampung atau bilal mayit,” ujarnya.

Menurutnya capaian yang diraih siswa-siswi MTsN ini patut untuk diapresiasi dan ditiru oleh Madrasah Tsanawiyah yang lain. 

“Dengan adanya torahan prestasi ini saya yakin tahun-tahun berikutnya madrasah yang ada di Kota Tanjungbalai akan unggul dari sekolah-sekolah lain dan akan menuju madrasah hebat mbermartabat,” ucap Kakankemenag dengan penuh semangat.

Al ahyu juga menambahkan dalam rangka menyambut UNBK yang akan dilaksanakan pada 22 April 2019 mendatang seluruh siswa-siswi MTs sepembeninaan sub rayon 06 agar belajar dengan serius, selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan serta mengurangi berbagai aktifitas yang dapat membahayakan keselamatan.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Dewan Pendidikan, Pengawas tingkat Madrasah serta seluruh kepala MTs sepembeninaan sub rayon 06 Kota Tanjungbalai.

Kakankemenag Hadiri Peresmian Gedung Endra Dharmalaksana Polres Tanjungbalai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri acara peresmian gedung Endra Dharmalaksana Polres Tanjungbalai yang juga sekaligus memimpin doa pada acara tersebut, Kamis 04 April 2019.

Kakankemenag Hadiri Peresmian Gedung Endra Dharmalaksana Polres Tanjungbalai

Hadir pada acara tersebut ialah Kapolda Sumut, Inspektur Jenderal Polisi, Drs. Agus Andrianto, SH, MH. Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja pertama Kapoldasu ke Mapolres Tanjungbalai untuk bersilaturahmi dan bertatap muka dengan seluruh personel Polres Tanjungbalai dan juga sekaligus meresmikan gedung Endra Dharmalaksana, gedung parkir, peletakan batu pertama rusun Polres Tanjungbalai, bakti sosial, bakti kesehatan dan kegiatan lainnya.

Hadir pula Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH, Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail, jajaran Forkopimda, Instansi Vertikal, Ketua MUI, Ketua FKUB, Camat, Lurah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai, S.H, S.IK dalam sambutannya mengatakan bahwa gedung Endra Dharmalaksana akan difungsikan sebagai sarana monitoring centre untuk mendukung terwujudnya Tanjungbalai yang aman dan damai.

“Kepada Pak Kapolda saya sampaikan bahwa situasi Kamtibmas di Kota Tanjungbalai dalam keadaan aman dan kondusif. Hal itu tak lepas dari peran pemerintah Kota Tanjungbalai beserta jajarannya dan juga dukungan dari seluruh element masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan itu juga, Kapoldasu mengapresiasi kinerja Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai sekaligus mengimbau agar tetap bersinergi dengan pemerintah daerah setempat. 

Ia berharap jajaran Polres Tanjungbalai juga harus menciptakan program pendekatan dengan masyarakat dan peduli lingkungan dan juga mendukung program pemerintah Kota Tanjungbalai terutama dalam menghindari konflik di masayarakat untuk terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Polisi jangan pernah takut dan ragu untuk berbuat baik. Ingat tugas polisi, baca tujuan organisasi, perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat harus lebih ditingkatkan,” ujar Kapoldasu.

Kakankemenag Kunjungi MIN 1 Tanjungbalai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, SH.MA dan Pengawas tingkat Madrasah, Yuninda Sitorus, S.Pd.I mengunjungi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Tanjungbalai yang beralamatkan di Jln. Khairil Anwar No. 50 Kelurahan Kuala Silau Bestari Kecamatan Tanjungbalai Utara, Selasa 02 April 2019.

Kakankemenag Kunjungi MIN 1 Tanjungbalai

Adapun kunjungan Kakankemenag beserta rombongan dalam rangka bersilaturahmi sekaligus melihat langsung kondisi madrasah dan juga mengetahui lokasi madrasah. Kunjungan Kakankemenag pun di sambut baik oleh Kepala Madrasah MIN 1, Hj. Leli, S.Pd.I.

Setibanya di lokasi Kakankemenag langsung melihat sekeliling madrasah, mulai dari ruang guru hingga tiap-tiap kelas ia kunjungi. Kakankemenag mengatakan bahwa ia mendapat informasi dari Kasi Penmad yang mengatakan MIN 1 hanya memiliki sedikit halaman bahkan nyaris tidak ada.

Menanggapi hal tersebut, Kepala MIN 1 mengatakan memenag benar bahwa kami hanya memiliki sedikit halaman bahkan nyaris tidak ada. “Kami pun terpaksa harus memakai sebagian jalan untuk melakukan upacara bendera setiap senin. Bahkan untuk mata pelajaran olahraga pun kami kerepotan, anak-anak harus berolahraga memakai sebagian jalan. Walaupun demikian tetap dipantau oleh guru olahraganya, jelasnya kepada Kakankemenag. 

Ia juga menambahkan walapun kondisi seperti ini, masyarakatnya sudah memaklumi. Bahkan warga-warga lebih memilih jalan lain untuk melakukan aktivitas dan tidak melewati madrasah ini demi menjaga anak-anak agar tidak terjadi hal-hal diluar dugaan.

Mendengar penjelasan tersebut, Kakankemenag mengucapkan terima kasih dan juga memberi apresiasi kepada Kepala MIN 1 dan juga kepada para guru yang telah bekerja dengan tekun, ikhlas dan profesional demi memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat walapun dengan kondisi seperti ini.

“Tetap semangat mengajar dan berikan yang terbaik demi citra madrasah menuju madarasah hebat madrasah bermartabat,” tambahnya.

Diakhir kunjungannya Al Ahyu berpesan kepada guru petugas piket untuk selalu dan tetap mengawasi siswa-siswi saat melakukan aktivias bermain.

Hari Pertama UNBK, Kakankemenag Langsung Monitoring

Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Madrasah Aliyah Kota Tanjungbalai, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA langsung turun untuk memonitoring pelaksanaan UNBK di MAS Aras Kabu Agung, Senin 01 April 2019.

Hari Pertama UNBK, Kakankemenag Langsung Monitoring

Kunjungan Kakankemenag yang didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, SH.MA dan Pengawas tingkat Madrasah, Yuninda Sitorus, S.Pd.I disambut baik oleh Kapala MAS Aras Kabu Agung, Drs. H. Adlin Sitorus.

Adlin Sitorus mengarahkan Kakankemenag beserta rombongan untuk meninjau langsung kondisi ruangan ujian serta proses para siswa dalam menghadapi UNBK. Ia mengatakan bahwa hari pertama ujian berlangsung aman dan tertib dan juga tidak terlihat ada kendala sama sekali.

Saat melihat peserta ujian dari luar ruangan Kakankemenag mengatakan sebelum ujian dimulai ada baiknya siswa-siswi diberikan motivasi dan semangat agar mereka tidak kehilangan konsentrasi dan fokus saat menjawab soal ujian. 

Kakankemenag juga mengatakan kepada proktor,  20 menit sebelum peserta ujian memasuki ruangan, seluruh komputer harus di cek kembali terlebih dahulu agar tidak ada kendala saat proses ujian berlangsung.

Diakhir kunjungannya Kakankemenag  berpesan  mari kita semua bersama-sama mengingatkan kepada semua panitia agar tetap menjaga keamanan dan keberhasilan dalam hal pelaksanaan.

Kakankemenag Buka Pelaksanaan UNBK MAN Tanjungbalai

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat MA dan SMA tahun ajaran 2018/2019 secara serentak dilaksanakan, tak terkecuali MA sepembinaan sub rayon 04 Kota Tanjungbalai yang awal pelaksanaannya dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA. Pembukaan dilaksanakan di halaman MAN Kota Tanjungbalai, Senin 01 April 2019.

Kakankemenag Buka Pelaksanaan UNBK MAN Tanjungbalai

Dalam arahan dan bimbingannya Kakankemenag Tanjungbalai didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, SH.MA dan Pengawas tingkat Madrasah, Yuninda Sitorus, S.Pd.I mengatakan bahwa siswa-siswi yang mengikuti ujian untuk selalu optimis dalam mengerjakan soal, tetap fokus dan teliti menjawab soal ujian dan jangan lupa untuk selalu berikhtiar serta berdoa agar pelaksanaan dan hasil ujian berjalan dengan baik dan lancar.

Al Ahyu berharap keikutsertaan pada UNBK ini tidak membuat kalian kehilangan konsentrasi, kehilangan capaian dari capaian-capaian sebelumnya untuk menunjukkan bahwa anak-anak madrasah adalah anak-anak yang memiliki persiapan kapanpun dilaksanakan ujian serta model apapun ujian yang dilaksanakan akan selalu siap.

Al Ahyu juga mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, para pengawas, proktor dan seluruh unsur yang terlibat dalam suksesnya pelaksanaan UNBK ini. “Mari kita wujudkan pelaksanaan UNBK yang aman, tertib dan bermutu demi citra Kementerian Agama dan Madrasah menuju madrasah hebat madrasah bermartabat,” tutupnya.