KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Penilaian KUA Teladan Tahun 2019

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan penilai Kantor Urusan Agama (KUA) teladan tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2019 di 6 (enam) KUA Kecamatan se Kota Tanjungbalai, Kamis 28 Maret 2019.

Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Penilaian KUA Teladan Tahun 2019

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I  didampingi tim penilai Kasi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I, Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag dan staf Bimas Islam, Taufikurahman, S.Pd.

Dalam laporannya Kasi Bimas Islam mengatakan kepada Kasubbag TU bahwa hari ini merupakan hari terakhir penilaian KUA teladan tepatnya di Kua Kecamatan Datuk Bandar. Sebelumnya kami sudah melaksanakan penilaian ini KUA Kecamatan yang lain.

Kasi Bimas Islam juga menambahkan bahwa hasil dari penilaian ini nantinya akan disampaikan langsung oleh Kakankemenag sesuai dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh tim penilai.

Ia juga mengatakan bagi KUA yang berhasil menjadi KUA teladan tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2019 akan mewakili Kota Tanjungbalai pada penilaian KUA teladan tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

Pada kesempatan yang sama Kasubbag TU mengatakan bahwa Penilaian KUA teladan merupakan kegiatan tahunan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dari para KUA Kecamatan agar terus bisa menginovasi diri mereka.

Ralid Muslim menambahkan penilaian KUA teladan jangan hanya dijadikan sebagai seremoni tahunan saja, akan tetapi menjadi acuan untuk meningkatkan kinerja, melayani masyarakat secara prima serta mengembangkan dan memperbaiki segala aspek yang ada, khususnya urusan tata kelola administrasi kantor, kebersihan kantor dan lingkungannya dan yang paling terpenting kedisiplinan pegawainya.

Kasubbag TU Hadiri Khataman Al-Qur’an dan Dzikir Akbar MAN Tanjungbalai

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I bersama Pengawas tingkat Madrasah, Yuninda Sitorus,S.Pd.I menghadiri acara Khataman Al-Qur’an dan Dzikir Akbar Madrasah Aliyah sepembinaan sub rayon 04 Kota Tanjungbalai dalam rangka  persiapan  menjelang Ujian Nasional (UN). Acara dilaksanakan di MAN Tanjungbalai, Kamis 28 Maret 2019.

Kasubbag TU Hadiri Khataman Al-Qur’an dan Dzikir Akbar MAN Tanjungbalai

Kepala MAN Tanjungbalai, Syafri Daulay, S.Pd dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan menjelang UN. Kegiatan ini juga bertujuan guna membawa anak didik agar gemar dan mengamalkan Al-Qura’an sebagai kunci kesuksesan dunia dan akhirat.

Syafri Daulay juga mengatakan bahwa siswa-siswi yang hadir pada acara ini berkisar 600 orang. Acara ini juga dimeriahkan oleh cemarah Ustadz Ardiyansyah Lubis, S.Pd yang juga merupakan salah satu penyuluh Agama Islam Non PNS.

Kasubbag TU dalam sambutanya memberikan motifasi  kepada para pelajar agar bersemangat dan fokus dalam menghadapi ujian dengan membatasi  hal hal yang dapat mengganggu proses belajar. “Kalian jangan takut menghadapi ujian tetapi harus yakin berhasil dengan mempersiapkan diri sebaik baiknya mulai hari ini, prioritaskanlah belajar terlebih duluhu,” tandasnya.

Ia juga berharap semoga ujian yang akan berlangsung nanti berjalan dengan sukses yang artinya tidak ada kendala sama sekali. 

Kakankemenag Tanjungbalai Monitoring KUA Kecamatan Teluk Nibung

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I memonitoring Kantor Urusan Agama Kecamatan Teluk Nibung Jln. Pematangraya Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai, Rabu 27 Maret 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Monitoring KUA Kecamatan Teluk Nibung

Kehadiran Kakankemenag dan Kasubbag TU disambut langsung oleh Kepala KUA Kecamatan Teluk Nibung Irwan Situmorang, S.Ag beserta staf-stafnya. Setelah itu Kakankemenag langsung melihat kondisi di sekeliling Kantor baik didalam maupun di luar, mulai dari kebersihan halaman, kelayakan plang Kantor hinggu informasi-informasi dinding yang ada didalam Kantor KUA tersebut.

Kasubbag TU menyampaikan bahwa kunjungan monitoring ini bertujuan untuk melihat kondisi ril lapangan terhadap  keberadaan dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai garda terdepan Kementerian Agama dalam memberikan informasi dan penyuluhan tentang keagamaan di masyarakat.

Pada kesempatan itu juga Kakankemenag Tanjungbalai langsung memeriksa administrasi NR yang menjadi salah satu tugas pokok Kantor Urusan Agama Kecamatan dibidang pencatatan perkawinan. Al Ahyu berharap semua administrasi NR harus ditata dengan rapi dan terjamin keamanannya, karena berkas NR merupakan dokumen negara yang wajib dijaga keamanannya.

Al Ahyu juga meminta kepada seluruh pegawai yang ada di Kantor Urusan Agama Kecamatan Teluk Nibung baik PNS dan Non PNS untuk selalu meningkatkan kinerja dan kapasitas selaku abdi negara dan abdi masyarakat. 

Kakankemenag Tanjungbalai Tinjau Langsung Pelaksanaan USBN

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I dan para pengawas meninjau langsung proses pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Madrasah Tsanawiyah, Rabu 27 Maret 2019. Adapun MTs yang dikunjungi antara lain, MTsS Al-Fajri dan MTsS Al Wahsliyah Teluk Nibung. 

Kakankemenag Tanjungbalai Tinjau Langsung Pelaksanaan USBN

Saat berkunjung, Kakankemenag Kota Tanjungbalai melihat langsung para siswa siswi kelas IX mengerjaan soal USBN dari luar pintu kelas. Ia juga mengatakan jika terdapat soal yang kurang jelas ataupun terjadi kesalahan pada soal mohon segera di laporkan kepada pengawas ujian.

Al Ahyu juga berpesan kepada siswa/i yang tengah melaksanakan USBN agar belajar dengan tekun, mengisisi lembar jawaban dengan teliti dan juga harus menjaga kesehatan juga jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan sewaktu mengisis lembar jawaban. Sebelum lembar jawaban dikumpul, lihat kembali kelengkapan biodata dan lembar isian jawaban. “Kepada guru pengawas diminta agar menjaga ketertiban selama ujian berlangsung”, ujarnya.

Ia juga meminta kepada Kepala Madrasah agar memberikan arahan dan bimbingan supaya para siswa dan siswi yang mengikuti ujian agar senantiasa percaya diri dan mampu mengisi lembar jawaban dengan baik dan benar agar hasil yang dicapaipun memuaskan. 

Al Ahyu juga mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, para pengawas, para siswa/i dan seluruh unsur yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan pelaksanaan USBN tingkat MTs ini. 

Kemenag Tanjungbalai Buka Seleksi Pimpinan Baznas

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai membuka seleksi pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) periode 2019-2024. Seleksi dilaksanakan di Aula Kankemenag Kota Tanjungbalai, Selasa 26 Maret 2019.

Kemenag Tanjungbalai Buka Seleksi Pimpinan Baznas

Adapun tim seleksi antara lain, Wakil Ketua, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA, Sekretaris, Kabag Sosial Pemko Tanjungbalai, Drs. H. M. Yunan, anggota tim seleksi Ketua MUI Tanjungbalai, H. Syahron Sirait, S.Pd.I dan mewakili Tokoh Masyarakat, H. Amasrisyah Putra, S.Ag.

Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag yang juga sebagai fasilitator tim seleksi dalam laporannya mengatakan bahwa pendaftarakan seleksi pimpinan Baznas dibuka mulai tanggal 02 Januari 2019 s/d 31 Januari 2019, namun karena peserta masih sedikit pendaftakan dibuka kembali sampai tanggal 28 Februari 2019.

Ia juga mengatakan bahwa ada 14 peserta yang mengikuti seleksi dan tim seleksi hanya menetapkan 10 dari seluruh peserta kemudian diajukan kepada Walikota untuk dipilih sebanyak 5 orang menjadi calon pimpinan Baznas Kota Tanjungbalai periode 2019-2024.

Dalam arahan dan bimbingannya Sekretaris tim seleksi mengatakan bahwa seleksi ini dilaksanakan untuk mencari dan menyaring calon-calon pimpinan Baznas Kota Tanjungbalai yang bisa bekerja kedepan mengumpulkan zakat, infaq, sedekah, yang ada di Kota Tanjungbalai yang dikelola secara profesional oleh pimpinan Baznas yang terpilih nantinya.

M. Yunan juga mengatakan calon pimpinan Baznas yang terpilih nanti akan diajukan kepada Baznas Provinsi untuk mendapatkan rekomendasi. Setelah itu Baznas Provinsi akan mengajukan kepada Baznas pusat untuk mendapatkan rekomendasi agar pimpinan Baznas Kota Tanjungbalai dapat di lantik secara hukum dan dapat melaksanakan tugasnya mengumpul serta menyalurkannya kepada yang berhak.

M. Yunan mengharapkan pimpinan baznas kedepan tidak hanya menyalurkan zakat secara konsumtif tapi menyalurkan zakat secara produktif, karena zakat produktif itu sangat banyak manfaatnya dan bisa menuntaskan kemiskinan. 

“Oleh karena itu sistem penyeleksian pimpinan Baznas tahun ini dilakukan secara resmi, secara akurat, dan secara profesional,” tutupnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Apel Gelar Pasukan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Pengamanan Kampanye Terbuka, Pemungutan Suara dan Perhitungan Suara Pemilu Tahun 2019 yang di gelar oleh Polres Tanjungbalai bertempat di halaman Pemerintah Kota Tanjunbalai, Jumat 22 Maret 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Apel Gelar Pasukan

Bertindak sebagai Inspektur Upacara ialah Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai, S.H, S.IK. Apel tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail, Ketua DPRD, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB, mewakili dan Lanal, mewakili Dandim 02/08 AS, Lurah dan pasukan TNI-Polri. 

Kapolres Tanjungbalai dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanaan (MENKO POLHUKAM) Republik Indonesia, Wiranto mengatakan pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 (lima) jenis pemilihan dalam waktu bersamaan.

“Sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan,” tambahnya.

Wiranto juga mengatakan dalam melaksanakan tugas pengamanan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019, agar seluruh prajurit TNI-Polri yang terlibat dalam mempedomani seluruh prosedur tetap yang berlaku sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan senatiasa terukur sesuai aturan hukum.

Ia berharap kepada seluruh prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat yang dilibatkan agar melaksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi dan rasa tanggung jawab, karena bagi Prajurit Bhayangkari Negara tugas adalah kehormatan yang tidak ternilai harganya.

Penutupan MTQN Ke-51 Kota Tanjungbalai Dimeriahkan Oleh Ceramah Ustadz Yusuf Mansur

Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) yang Ke-51 Tahun 2019 tingkat Kota Tanjungbalai telah berakhir pada Kamis malam, 21 Maret 2019 dan ditutup secara resmi oleh Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH bertempat di Arena Utama yang terletak di Jalan Pahlawan (Depan Stadion Asahan Sakti), Kelurahan Pantai Burung, Kecamatan Tanjungbalai Selatan.

Penutupan MTQN Ke-51 Kota Tanjungbalai Dimeriahkan Oleh Ceramah Ustadz Yusuf Mansur

Perhelatan MTQN Ke-51 Tahun 2019 tingkat Kota Tanjungbalai yang dimulai sejak tanggal 18 hingga 21 Maret 2019 ditutup dengan manis dengan mendatangkan Ustadz Yusuf Mansur dari Provinsi DKI Jakarta sebagai penceramah.

Ratusan masyarakat Kota Tanjungbalai tumpah ruah memadati arena utama MTQN demi mendengarkan ceramah atau tausiah dari ustadz kelahiran 19 Desember 1976 tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA hadir sebagai pembaca doa pada acara penutupan. Hadir juga segenap pimpinan Forkopimda, Kepala OPD, Pimpinan Bank, Camat, Lurah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para peserta MTQ, organisasi kepemudaan, KNPI, Instansi Vertikal dan personil TNI/Polri.

Walikota Tanjungbalai dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan MTQN ini merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi kandungan Al-Qur’an. 

Dengan adanya MTQN ini dapat meningkatkan performa masyarakat Kota Tanjungbalai khususnya generasi muda untuk lebih mencintai Al-Qur’an dan dengan ini juga dapat membangun karakter masyarakat yang berakhlak Qur’ani, berprestasi, religius, sejahtera, indah dan harmonis sesuai dengan visi misi Kota Tanjungbalai.

Walikota juga mengucapkan selamat kepada para Qori dan Qoriah yang berhasil meraih juara. Dirinya berharap agar dapat mempertahankan prestasi yang diraih dan bagi yang belum juara agar tidak berkecil hati dan patah semangat.

“Saya ucapkan selamat dan semoga prestasi ini dipertahankan. Teruslah berlatih dan mempersiapkan diri untuk mengharumkan nama Kota Tanjungbalai dalam ajang mengikuti MTQ ke tingkat Provinsi dan Nasional,” ungkapnya.

Acara diakhiri dengan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Yusuf Mansur dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi para juara.


Guru Harus Dituntut Harus Lebih Aktif dan Inovatif

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, H. Musatapid, MA bersama Kepala Seksi Kurikulum Kanwil Kemenagsu, M. Darwin Harahap, MA memberikan pembinaan kepada guru madrasah se Kota Tanjungbalai, Kamis 21 Maret 2019 yang digelar di Aula MUI Kota Tanjungbalai.

Guru Harus Dituntut Harus Lebih Aktif dan Inovatif

Acara tersebut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, Plh. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag, Pengawas, seluruh Kepala Madrasah, Kepala Raudhatul Athfal serta seluruh tenaga pendidik baik yang PNS maupun Non PNS.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Khairulsyah dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Himne Madrasah dan Mars Madrasah yang di ikuti oleh seluruh peserta.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini seluruh madrasah se Kota Tanjungbalai mulai berbenah diri untuk menuju madrasah hebat madrasah bermartabat. Ia juga mengatakan bahwa program-program menuju madrasah hebat madrasah bermartabat sudah mulai satu per satu dijalankan.

Dengan menciptakan penghijauan di setiap madrasah, menciptakan suasana proses belajar mengajar yang sehat, bersih serta menjadikan anak didik madrasah yang unggul di setiap kompetisi, “kami yakin satu per satu akan kami wujudkan,” ungkap Kakankemenag.

Dalam arahan dan bimbingannya, Kabid Penmad Kanwil Kemenagsu mengapresiasi program-program yang dicanangkan Kakankemenag demi memajukan pendidikan di Kota Tanjungbalai dan membuat madrasah menuju madrasah hebat madrasah bermartabat.

Kabid Penmad mengatakan bahwasanya untuk meningkatkan mutu sebuah madrasah adalah terletak pada mutu tenaga pendidik. Oleh sebab itu, tenaga pendidik ini sudah harus menjadi tenaga yang profesional.

Ia juga mengatakan semua itu harus dibuktikan dengan seberapa banyak madrasah itu mampu mencetak generasi bangsa yang memiliki keunggulan moral spiritual keislaman disamping mental intelektual keilmuan. “Oleh karena nya , jadi guru harus dituntut menjadi lebih aktif dan berinovasi,” tutupnya.

Kabid Penmad Kanwil Kemenagsu Tinjau Langsung Pelaksanaan UAMBN-BK

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, H. Musatapid, MA bersama Kepala Seksi Kurikulum Kanwil Kemenagsu, M. Darwin Harahap, MA meninjau langsung pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandart Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) Tahun 2019 di dua madrasah, yakni MTsN Kota Tanjungbalai dan MTsS YMPI Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai, Kamis 21 Maret 2019.

Kabid Penmad Kanwil Kemenagsu Tinjau Langsung Pelaksanaan UAMBN-BK

Peninjauan tersebut didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I dan Plh. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag.

Peninjauan ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui perkembangan kemajuan dan memantau langsung proses pelaksanaan UAMBN-BK yang dilaksanakan hari ini. Nampak pula semua siswa peserta ujian saat dengan sangat antusias dan serius melaksanakan ujian.

Kepala MTsN Tanjungbalai, Drs. H. Hasanuddin mengatakan kepada Kabid Penmad bahwa pelaksanaan UAMBN-BK hari pertama hingga saat ini berlangsung aman dan tertip. Seluruh perserta ujian hadir. Kami juga selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa-siswi sebelum memasuki ruangan ujian agar mereka selalu fokus dan tenang saat menghadapi ujian.

Menanggapi hal tersebut Kabid Penmad mengatakan bahwa kunci keberhasilan pelaksanaan ujian ini agar berjalan dengan baik, kredible, aman, tertib dan lancar serta sukses maka hendaknya kita semua bersama-sama mengingatkan kepada semua panitia agar tetap menjaga keamanan dan keberhasilan dalam hal pelaksanaan.

Kabid Penmad berharap agar pelaksaan UAMBN-BK ini dapat berjalan sebagaimana mestinya dan tidak ada kendala yang benar-benar menghambat saat proses ujian berlangsung.

Kakankemenag Minta Siswa Jangan Tergesa-gesa Mengerjakan Soal Ujian

Para siswa-siswi yang sedang mengikuti ujian diminta agar tidak tergesa-gesa saat mengerjakan soal. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA saat memberikan arahan dan bimbingan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandart Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) Tahun 2019 di MTsN Kota Tanjungbalai, Rabu 20 Maret 2019.

Kakankemenag Minta Siswa Jangan Tergesa-gesa Mengerjakan Soal Ujian

Kakankemenag  mengatakan berdasarkan laporan Kepala MTsN Tanjungbalai bahwa UAMBN-BK berlangsung 3 hari mulai tanggal 20 s/d 22 Maret 2019, “maka dari itu saya mengingatkan kepada siswa-siswi peserta ujian untuk mempersiapkan diri baik dari segi kesehatan maupun dari segi materi mapel yang diujikan,” tegasnya.

Harapan Kakankemenag, semoga penyelenggaraan UAMBN-BK tingkat Madrasah Tsanawiyah se sub rayon 06 ini berjalan sukses dan menghasilkan anak didik yang terampil dan bermanfaat bagi dirinya, keluarga dan bangsannya dan dan ingatlah untuk berhati-hati dalam menjawab pertanyaan dan harus diteliti lagi sebelum menjawab.

Sebelum meninggalkan lokasi, Kakankemenag yang hadir bersama Plh. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Zais, S.Ag dan Pengawas Tk. Madrasah, Yuninda Sitorus,S.Pd.I meninjau tiap-tiap ruang ujian yang didampingi Kepala MTsN Kota Tanjungbalai, Drs. H. Hasanuddin.

Kakankemenag Terima Kunjungan Pimpinan Gereja Khatolik Tanjungbalai

Bertempat diruang kerja Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Koorinator Bimas Khatolik, Eduardus Benedictus Sihaloho, S.Ag menerima kunjungan dari pimpinan gereja Khatolik Kota Tanjungbalai yang hadir bersama rombongan, Selasa 19 Maret 2019.

Kakankemenag Terima Kunjungan Pimpinan Gereja Khatolik Tanjungbalai

Dalam kunjungan tersebut Eduardus memperkenalkan terlebih dahulu seluruh rombongan kepada Kakankemenag. Ia juga mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari kunjungan ini ialah untuk saling bertatap muka serta menjalin tali silaturahmi yang baik.

Eduardus juga melaporkan kepda Kakankemenag tentang rencana pembentukan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Khatolik Kota Tanjungbalai.

Menanggapi hal tersebut Kakankemenag Tanjungbalai sangat mendukung rencana pembangunan lembaga tersebut dan siap memberikan surat rekomendasi dari Kemenag  yang akan di tujukan kepada Walikota Tanjungbalai.

Pada kesempatan itu juga pimpinan Gereja Khatolik Tanjungbalai, Pastor Cyrus Banque Claro Vergarra mengucapkan rasa terima kasih kepada Kakankemenag yang telah menyambut dengan kunjungan ini. Ia juga berharap jalinan silatuahrmi ini dapat terjalin dengan baik di luar jam kerja dan juga dapat saling berkoordinasi jika ada suatu masalah yang dihadapi.

Kakankemenag Hadiri Pembukaan MTQN Ke-51 Tingkat Kota Tanjungbalai

Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) yang Ke-51 Tahun 2019 tingkat Kota Tanjungbalai secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail yang ditandai dengan membunyikan sirine, Senin 18 Maret 2019.

Kakankemenag Hadiri Pembukaan MTQN Ke-51 Tingkat Kota Tanjungbalai

Acara malam pembukaan MTQN tingkat Kota Tanjungbalai diselenggarakan di Arena Utama yang terletak di Jalan Pahlawan (Depan Stadion Asahan Sakti), Kelurahan Pantai Burung, Kecamatan Tanjungbalai Selatan. Rangkaian acara ini berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 18 s/d 21 Maret 2019.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama Kasubbag TU dan Kepala Seksi hadir pada acara malam pembukaan. Hadir pula segenap pimpinan Forkopimda, Kepala OPD, perwakilan ASN, para peserta MTQ, organisasi kepemudaan, KNPI, TNI/Polri, Instansi Vertikal dan masyarakat Kota Tanjungbalai.

Wakil Walikota Tanjungbalai dalam bimbingannya mengatakan MTQN Ke-51 Tahun 2019 tingkat Kota Tanjungbalai selama 4 hari ini semoga berjalan dengan lancar dan sukses serta menghasilkan qori qoriah yang handal, cikal bakal mewakili Kota Tanjungbalai dalam ajang mengikuti MTQ ke tingkat Provinsi dan Nasional serta tidak menutup kemungkinan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Wakil Walikota Tanjungbalai juga mengapresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah memeriahkan acara MTQN ini, baik yang mengikuti pawai taaruf siang tadi maupun yang datang pada malam pembukaan.

Ismail berharap kepada peserta dapat tampil maksimal dan kepada dewan hakim diharapkan dapat bersikap netral, sehingga siapa yang terbaik maka itulah yang dijadikan juara. “Kita harapkan hasil MTQ tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya”, pungkasnya.

Acara pun di tutup dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Kakankemenag Kota Tanjungbalai.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Acara Dialog Moderasi Beragama

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar acara Dialog Moderasi Beragama Angkatan Pertama Tahun 2019 yang digelar di Aula Kankemenag Kota Tanjungbalai, Senin 18 Maret 2019. Acara tersebut di hadiri penyuluh PNS dan Non PNS sebanyak 54 orang.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Acara Dialog Moderasi Beragama

Kakankemenag Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Penyelenggara Syariah, Abdulla Rahim, S.Ag dan Ketua POKJALUH, Tahmid Hasibuan, S.Ag membuka secara resmi acara dialog moderasi beragama angkatan pertama tahun 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dialog ini para penyuluh agama Islam dapat menyampaikan pesan-pesan agama yang tidak radikal, tidak keras akan tetapi penyuluh agama dapat menyampaikan pesan agama yang menyejukkan di tengah-tengah masyarakat karena Islam itu adalah rahmatan lil ‘alamin.

“Oleh karena itu penyuluh agama Islam Kankemenag Tanjungbalai harus bisa bersikap toleran terhadap umat beragama serta tidak saling menghujat, tidak saling menyalahkan dan tidak saling menghujar kebencian hanya karena beda pilihan”, ungkap Kakankemenag.

Diakhir sambutannya Al Ahyu menegaskan memasuki tahun politik ini para penyuluh harus menjadikan pemilu yang damai, aman dan juga mampu menenangkan umat.

ASN Kemenag Tanjungbalai Meriahkan Pawai Taaruf

Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) Ke-51 tahun 2019 tingkat Kota Tanjungbalai berlangsung meriah. Hal ini tampak dari antusiasme masyarakat menyaksikan jalannya pawai taaruf serta para peserta yang begitu tampak bersemangat mengikuti pawai sampe selesai.

ASN Kemenag Tanjungbalai Meriahkan Pawai Taaruf

Pawai berlangsung pada, Senin 18 Maret 2019 dengan titik kumpul di depan Masjid Raya Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai menuju lapangan Ex Brimob Jl. Pahlawan depan Stadion Asahan Sakti sebagai titik akhir.

Pawai taaruf diikuti oleh TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil, organisasi masyarakat serta para pelajar. Tidak terkecuali seluruh ASN Kementerian Agama Kota Tanjungbalai turut hadir mengikuti pawai taaruf.

Barisan pawai taaruf ASN Kemenag dipimpin langsung oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I. Dari pantauan Humas, ASN Kemenag Tanjungbalai cukup konsisten, tidak terlihat satu pun keluar atau lari bahkan bersembunyi dari barisan walaupun cuaca cukup panas.

Kasubbag TU mengatakan kepada Humas bahwa ia mengapresiasi ASN Kemenag yang ikut pawai. “Saya melihat barisan Kemenag cukup baik, tidak diluar ekspektasi. Dengan demikian tahun-tahun berikutnya harus dipertahankan dan harus lebih baik lagi,” ucapnya saat pawai.

Di garis finish seluruh peserta pawai disambut oleh Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail bersama FKPD. Adapun thema yang diangkat pada MTQN Ke-51 Tahun 2019 tingkat Kota Tanjungbalai ialah “Melalui Pelaksanaan MTQN Ke-51 Kota Tanjungbalai, Kita Wujudkan MasyarakatYang Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis Menuju Kota yang Baldatun Thoyyinatun Wa Robbun Ghofur”. 

Kakankemenag Dilantik Menjadi Koordinator Dewan Hakim MTQN Tingkat Kota Tanjungbalai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dilantik oleh Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail menjadi Koordinator Dewan Hakim pada pergelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) yang Ke-51 Tahun 2019 tingkat Kota Tanjungbalai yang berlangsung di Aula I Sekretariat Pemko Tanjungbalai, Senin 18 Maret 2019. Wakil Walikota juga melantik dewan hakim dari masing-masing cabang yang dipertandingkan pada MTQN tahun ini.

Kakankemenag Dilantik Menjadi Koordinator Dewan Hakim MTQN Tingkat Kota Tanjungbalai

Dalam sambutannya Wakil Walikota Tanjungbalai mengatakan pelantikan dan bai’at dewan hakim MTQN Ke-51 tahun 2019 yang baru dilaksanakan ini adalah pengukuhan terhadap para dewan hakim sebagai figur yang terpercaya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang akan menentukan hasil penampilan para peserta dari berbagai cabang pada pelaksaan MTQN ini.

Ismail juga menambahkan tugas dan tanggung jawab ini tentunya tidak mudah karena berkaitan dengan harapan banyak pihak. Namun saya yakin sebagai sosok yang telah memiliki pengetahuan yang mapan dibidangnya, para dewan hakim akan melaksanakan tugas dan kewajiban yang diberikan secara profesional dan amanah.

Pemerintah Kota Tanjungbalai secara penuh melimpahkan tugas dan tanggung jawab penilaian terhadap para peserta MTQN, kepada pada dewan hakim sekaligus akan bekerja tanpa ada intervensi oleh pihak manapun dalam melakukan penilaian sesuai dengan motto kami, yaitu “Kerja Cerdas, Kerja Keras, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas”, pengkas Wakil Walikota.

Diakhir sambutannya Ismail berterima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan para ustadz dan ustadzah dalam menerima amanah atau tugas dan tanggung jawab yang kami berikan.

Kakankemenag Tutup Kegiatan MTQ Tingkat MDTA/TPQ

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat MDTA/TPQ se Kota Tanjungbalai Tahun 2019 resmi di tutup oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA di Aula Gedung MUI Tanjungbalai, Kamis 14 Maret 2019.

Kakankemenag Tutup Kegiatan MTQ Tingkat MDTA/TPQ

Acara pernutupan tersebut dihadiri, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, Kepala Seksi Haji & Umroh, H. Ahmad Zais, S.Ag, Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag, para guru MDTA, orang tua santri dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kakankemenag Tanjungbalai berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh pihak panitia  pelaksana yang telah mensukseskan acara ini dengan baik, mulai dari pendaftaran hingga berakhirnya acara.

Al Ahyu juga mengatakan kepada para peserta bahwa capaian prestasi yang telah diraih harus menjadi motivasi untuk mengembangkan potensi. “Semoga dengan MTQ ini melahirkan peserta terbaik dan menjadi modal besar Kota Tanjungbalai untuk bertanding di MTQ tingkat Provinsi maupun Nasional,” jelasnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan piala dan piagam bagi para juara lomba yang di awali oleh Kakankemenag Tanjjungbalai dan dilanjutkan dengan Kasubbag TU dan Kepala Seksi.

Buka MTQ Tingkat MDTA/TPQ, Al Ahyu Berharap Dapat Melahirkan Generasi Pecinta Al-Qur’an

Bertempat di Aula MUI Kota Tanjungbalai, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat MDTA/TPQ se Kota Tanjungbalai Tahun 2019, Rabu 13 Maret 2019.

Buka MTQ Tingkat MDTA/TPQ, Al Ahyu Berharap Dapat Melahirkan Generasi Pecinta Al-Qur’an

Hadir pada pada acara pembukaan Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, Kepala Seksi Haji & Umroh, H. Ahmad Zais, S.Ag, Anggota DPRD Sumut, Darwin, S.Ag, MAP, perwakilan Bank Syariah Mandiri dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporan ketua panitia Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Mulyadi, S.Pd.I mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan MTQ Tk. MDTA/TPQ ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 13 s/d 14 Maret 2019. 

Mulyadi menambahkan bahwa kegiatan MTQ ini berlangsung di tiga tempat yaitu, Aula MUI, Aula Kemenag dan Musholla Kemenag. Adapun cabang yang pertandingkan antara lain, mujawas, pidato dan tartil.

Al Ahyu dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan menggali potensi yang dimiliki generasi muda Kota Tanjungbalai khususnya yang berkaitan dengan penguasaan seni baca tulis Al-Qur’an.

Lebih lanjut Al Ahyu berpesan kepada dewan juri supaya berlaku adil. Karena ayat-ayat Allah yang dilantunkan bukan bahan dari pertandingan kalah menang tapi bagian dari prestasi. “Manakala tahun ini tidak berprestasi maka pupuklah agar tahun depan bisa berprestasi,” pungkasnya.

Kakankemenag Buka UAMBN-BK MAN Tanjungbalai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, SH, MA dan Pengawas Tk. Madrasah, Yuninda Sitorus, S.Pd.I membuka secara resmi pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandart Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) Tahun 2019 di MAN Kota Tanjungbalai, Rabu 13 Maret 2019.

Kakankemenag Buka UAMBN-BK MAN Tanjungbalai

Kepala MAN Tanjungbalai, Syafri Daulay, S.Pd dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan ujian ini akan dijadwalkan selama 3 hari mulai dari hari Rabu 13 Maret s/d Jumat 15 Maret 2019 dengan mata pelajaran masing-masing Al Qur’an Hadist, Fiqih dan SKI yang terbagi menjadi 3 sesi.

Dalam arahan dan bimbingannya Kakankemenag menyampaikan bahwa ujian ini bukan merupakan ajang kompetisi menang dan kalah, tetapi ujian ini untuk mencapai kesuksesan bersama dan sama-sama juara.

Al Ahyu juga menyampaikan beberapa kiat kepada para siswa dalam menghadapi ujian, diantaranya siapkan mental, jaga stamina, bersikap percaya diri, selalu optimis, dan yang paling menentukan selalu berdoa kepada Allah SWT dan memohon restu kepada orang tua.

Selanjutnya Al Ahyu juga menambahkan pelajari trik-trik menjawab soal ujian dengan baik dan benar agar waktu ujian dapat dimaksimalkan dengan baik dan semua jawaban terisi.

Al Ahyu mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, para pengawas, proktor dan seluruh unsur yang terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan UAMBN-BK ini. Atas jasa dan pengabdian kita semua mewujudkan pelaksanaan UAMBN-BK yang aman, tertib dan bermutu demi citra Madrasah dan Kementerian Agama. 

“Kepada anak didik kami ucapkan selamat mengikuti ujian, mudah-mudahan semuanya sukses, berhasil dan yang terpenting utamakan prestasi dan kejujuran,” tutupnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Anjurkan Penghijauan Lingkungan Madrasah

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjunbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, SH, MA melakukan kunjungan kerja ke Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tanjungbalai, Selasa 12 Maret 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Anjurkan Penghijauan Lingkungan Madrasah

Kunjungan tersebut juga dirangkai dengan penanaman pohon dalam rangka penghijauan madrasah dengan menciptakan suasana lingkungan yang hijau, asri, sejuk, bersih dan sehat menuju madrasah hebat madrasah bermartabat.

Disamping itu Kakankemenag dan Kasi Penmad didampingi Kepala Madrasah melakukan penanaman pohon pertama di lingkungan MIN 4 sebagai tanda penghijauan madarasah. 

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan pentingnya penghijauan ini untuk mewujudkan lingkungan madrasah yang kondusif serta menghasilkan proses belajar mengajar yang nyaman dan mampu mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan produktivitas pendidikan.

“Dengan banyaknya tanaman yang tumbuh di lingkungan madrasah selain membuat pemandangan menjadi lebih asri juga akan membuat udara di sekitar menjadi lebih sejuk dan nyaman" jelasnya.

Al Ahyu berharap seluruh komponen baik guru maupun siswa harus menjaga serta merawat pohon-pohon yang sudah ada. Bukan hanya itu, Ia berpesan agar seluruh madrasah membudidayakan hidup bersih dengan membersihkan setiap ruangan dan lingkungan sekitar sekolah serta membuang sampah pada tempatnya juga termasuk penghijauan.

Acara tersebut juga dihadiri seluruh Kepala Madrasah Negeri dan Swasta serta Kepala Raudhatul Athfal se Kota Tanjungbalai.

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Narasumber Sosialisasi Istithaah Kesehatan Jemaah Haji

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menjadi narasumber pada acara sosialisasi Istithaah Kesehatan Jemaah Haji yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai yang dihadiri oleh 186 jemaah calon haji Tanjungbalai tahun 2019. Acara berlangsung di Aula IPHI Tanjungbalai, Selasa 12 Maret 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Narasumber Sosialisasi Istithaah Kesehatan Jemaah Haji

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahannya memaparkan UU No. 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Bahwa pada pasal 6, pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji, akomodasi, transportasi, layanan kesehatan, keamanan, dan hal-hal lain yang diperlukan oleh jemaah haji.

Kakankemenag juga berterima kasih kepada masyarakat dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang telah berperan aktif memberikan bimbingan kepada jemaah calon haji karena Kementerian Agama dengan waktu yang diberikan untuk melakukan bimbingan sangatlah terbatas. “Pada tingkat Kecamatan hanya delapan kali pertemuan dan tingkat Kabupaten Kota hanya dua kali pertemuan,” ucapnya.

Mengingat masa tunggu keberangkatan yang cukup lama dan panjang, Al Ahyu berharap agar jemaah calon haji asal Kota Tanjungbalai dapat memanfaatkan waktu tunggu tersebut untuk belajar lebih banyak serta mendalami tata cara berhaji agar tidak sulit nantinya saat melakukan proses ibadah haji.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Rapat Persiapan MTQ

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, Kepala Seksi dan Penyelenggara Syariah menghadiri rapat persiapan pergelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-51 Tingkat Kota Tanjungbalai di Aula II Pemko Tanjungbalai, Selasa 05 Maret 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Rapat Persiapan MTQ

Rapat yang berlangsung tertib tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail yang di hadiri Sekretaris Daerah, Kepala Dinas, para Camat, Staf Ahli dan undangan lainnya.

Wakil Walikota pada arahan dan bimbingannya mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan. Untuk itu persiapan MTQ tahun ini harus lebih baik dari sebelumnya dan harus menampilkan ikon-ikon yang berbeda agar acara lebih meriah.

Ismail berharap kepada peserta rapat agar memberikan masukan-masukan serta bertukar fikiran demi mendapatkan suatu ide yang dapat menyedot perhatian masyarakat Kota Tanjungbalai untuk melihat dan menyaksikan MTQ ini nantinya. 

Lebih lanjut  ia juga  mengajak semua pihak terkait untuk bersama-sama melaksanakan persiapan MTQ  dengan sungguh-sungguh agar acara tersebut berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.

Kakankemenag Tanjungbalai : Jangan Ada Rivalitas Tapi Solidaritas

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA memimpin rapat koordinasi di Aula Kemenag Tanjungbalai yang didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I dan Koordinator Kepegawaian, Nurjannah, S.Pd.I. Rapat dihadiri oleh Kepala Seksi, Kepala Kantor Urusan Agama, Pengawas, Kepala Madrasah dan Penyuluh Agama, Senin 04 Maret 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai : Jangan Ada Rivalitas Tapi Solidaritas

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa kita selaku ASN Kementerian Agama khususnya ASN Kementerian Agama Kota Tanjungbalai harus membentuk atau membangun satu tim yang solid dalam wadah kekeluargaan demi mewujudkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Disamping itu juga, Al Ahyu meminta kepada seluruh satker agar menyatukan derap langkah dan kebersamaan untuk mendongkrak performa kinerja. Ia juga mengatakan demi meningkatkan performa itu seluruh ASN harus membiasakan diri dengan meningkatkan disiplin, rapi saat berdinas dan bersih dalam melayani. 

Diakhir arahannya, Al Ahyu mengatakan ASN Kemenag Tanjungbalai harus saling menghargai satu sama lain dan jangan ada rivalitas diantara kita tapi solidaritas yang harus dibangun. Ia pun berharap seluruh satker memberikan masukan-masukan postif yang sifatnya membangun guna mempermudah pekerjaan serta memajukan Kementerian Agama untuk kedepannya.

Kasubbag TU Lakukan Pembinaan Pegawai Honorer Staf KUA

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I bersama Koordinator Kepegawaian, Nurjannah, S.Pd.I melakukan pembinaan pegawai honorer staf Kantor Urusan Agama Kecamatan di ruang kerja Kasubbag TU, Kamis 28 Februari 2019.


Kepada pegawai honorer, Kasubbag TU memaparkan dan memberikan arahan terkait tugas pokok dari tenaga honorer yang ada. Tak lupa disampaikan penekanan pesan akan keprofesionalitas dan loyalitas terhadap tugas dan tanggung jawab yang diembannya.

Ia mengungkapkan bahwa tenaga honorer juga merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Kantor Kemenag Kota Tanjungbalai yang membedakan dengan pegawai yang lain hanyalah status PNS dan Non PNS.

Disamping itu, Ralid Muslim juga mengingatkan untuk selalu menjaga kekompakan dan kerjasama antar sesama pegawai honorer. “Kedepannya kedisiplinan harus kita tingkatkan. Karena menurut pantauan saya disiplin pegawai honorer makin menurun,” ucapnya.

Ia mengharapkan bahwa segala kegiatan rutinitas harian bersama pegawai Kantor Kemenag Kota Tanjungbalai juga diikuti oleh para tenaga honorer seperti kegiatan apel pagi dan apel pulang. Selain itu ia juga berharap tenaga honorer menjadi pelopor tentang kebersihan dan kedisiplinan dalam bekerja.