KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Kemenag Tanjungbalai Buka Rekrutmen Petugas Haji Tahun 1440 H/2019 M

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai membuka secara resmi seleksi rekrutmen calon petugas haji tahun 1440 H/2019 M di Aula Kemenag Tanjungbalai, Senin 25 Februari 2019. Pengrekrutan ini diikuti oleh karyawan/ti di lingkungan Kemenag Tanjungbalai yang berjumlah 7 orang.

Kemenag Tanjungbalai Buka Rekrutmen Petugas Haji Tahun 1440 H/2019 M

Tujuan pelaksanaan rekrutmen ini untuk menyaring atau menyeleksi calon petugas yang profesioanl dalam mendampingi jemaah untuk melaksanakan ibadah haji pada musim haji tahun 1440 H/2019 M yang akan datang.

Kepala Seksi Haji & Umroh, H. Ahmad Zais, S.Ag dalam laporannya mengatakan adapun seleksi yang diikuti oleh peserta yaitu Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPIH) sebanyak 3 orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) 2 orang dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sebanyak 2 orang. “Tahap seleksi calon petugas haji ini terdiri dari seleksi ujian tertulis dan tes wawancara,” jelasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dalam arahan dan bimbingannya yang didampingi Kasubbag TU dan Kasi Haji & Umroh mengatakan rekrutmen ini dilakukan dalam upaya untuk memperoleh petugas yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang memadai dengan cara Tes Kompetensi dan Tes Wawancara untuk tercapainya petugas yang dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Al Ahyu berharap mari kita wujudkan penyelenggaran ibadah haji yang aman, tertib dan lancar dengan menjunjung tinggi semangat keadilan, transpransi dan akuntabilitas publik. Marilah kita laksanakan rekrutmen petugas haji ini sesuai dengan aturan juknis yang ada, jangan ada interpensi didalamnya karena ini tugas yang mulia.

Ia juga berpesan bagi yang belum berkesempatan untuk mengikuti jenjang pada tingkat provinsi agar tidak merasa kecewa dan selalu bersabar karena tahun depan masih ada kesempatan. Diakhir sambutannya ia mengatakan selamat mengikuti seleksi dan semoga berhasil. 

Deklarasi Anti Hoax Kemenag Tanjungbalai Berjalan Sukses

Dalam menghadapi pesta demokrasi pemilu tahun 2019, Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar acara Deklarasi Anti Hoax & Ujaran Kebencian serta Mendukung Pemilu Damai Tahun 2019 yang diselenggarakan di Aula MUI Kota Tanjungbalai, Senin 25 Februari 2019.

Deklarasi Anti Hoax Kemenag Tanjungbalai Berjalan Sukses

Acara tersebut di hadiri oleh Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH, jajaran Forkopimda, Ketua MUI, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya. Acara berlangsung dengan tertib, tenang dan aman.

Dalam kata sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Tanjungbalai menjadi garda terdepan memberikan kesejukan antar sesama umat serta menghempang beredarnya isu-isu hoax & ujaran kebencian di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut Kakankemenag mengatakan sebagai tokoh-tokoh agama dan juga ahli-ahli agama maka aparat Kementerian Agama Kota Tanjungbalai harus bisa menyebarkan ajaran agama yang sejuk dan damai serta jauh dari unsur-unsur kekerasan dan kebencian.

“Pemilu tahun 2019 adalah momen penting, tapi jangan sempat momen penting ini berimplikasi negatif dalam hal perpecahan dan lain sebagainya, itu juga harus di antisipasi,” ucapnya. Kemudian dalam menyalurkan aspirasi politik ASN Kemenag Tanjungbalai bebas memilih hak nya masing-masing serta tidak ada interpensi didalamnya dan juga netral dalam kondisi ini.

Kakankemenag juga berterima kasih kepada seluruh ASN Kemenag baik PNS maupun non PNS yang berpesan aktif mensukseskan acara ini.

Walikota Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingganya mengatakan dalam menyongsong pemilu tahun 2019 tentunya dapat berpotensi meningkatkan suhu politik. Ia berharap dalam gelaran pesta demokrasi tersebut tidak ada oknum-oknum partai politik dan pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan isu agama, hoax dan ujaran kebencian sebagai upaya untuk kepentingan politik baik dilaksanakan secara terang-terangan seperti di media sosial dengan diciptakan dan diviralkan maupun secara tertutup.

Walikota berpesan agar kita dapat selektif dalam memilah berita, berfikir positif dan profesional dalam bertindak serta bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. “Maka dengan pesta demokrasi mari kita saling menghargai perbedaan sehingga selaturahmi kita tidak terputus karena perbedaan pilihan,” tutupnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Apel Pagi Perdana

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA mempimpin apel pagi yang dilaksanakan di halaman depan Kemenag Tanjungbalai, Senin 25 Februari 2019. Apel pagi dihadiri oleh Kepala Seksi, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan, Kepala Madrasah dan staf Kemenag baik PNS maupun Non PNS.

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Apel Pagi Perdana

Dalam amanatnya Kakankemenag Tanjungbalai mengatakan terimakasih kepada seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai yang telah hadir mengikuti apel pagi. Ia juga mengatakan bahwa apel pagi merupakan awal dari kita mulai bekerja, untuk para pegawai agar bisa mematuhi aturan kepegawaian mulai dari melakukan fingerprint absensi, mengikuti apel pagi, dan melakukan aktivitas pelayanan kepada masyarakat.

“Laksanakan program-program kinerja dengan baik dan tingkatkan pelayanan kepada masyarakat dan jangan pernah abaikan kedisiplinan," ujar Kakankemenag dalam apel pagi.

Lebih lanjut Al Ahyu menyampaikan apabila terjadi permasalahan berkaitan dengan kegiatan kedinasan agar saling mengingatkan, berkoordinasi dan mengevaluasi diri, menyikapi segala kekurangan untuk diperbaiki sehingga mengharumkan nama Kementerian Agama khususnya Kementerian Agama Kota Tanjungbalai.

Di akhir amantnya Al Ahyu mengatakan “mari bekerja dengan baik, tulus, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab sehingga akan meningkatkan kualitas, memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat serta menanamkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama dalam bekerja,” jelasnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Audiensi Dengan Kapolres

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi oleh Kepala Seksi Haji & Umroh, H.Ahmad Zais, S.Ag, Kepala Seksi PAKIS, Mulyadi, S.Pd.I dan Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag melakukan audiensi dengan Kapolres Tanjungbalai bertempat di ruang kerja Kapolres dalam rangka perkenalan diri sekaligus silaturahmi mengawali tugas baru di Kota Tanjungbalai, Selasa 19 Februari 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Audiensi Dengan Kapolres

Selain memperkenalkan diri dan silaturahmi, maksud kunjungan ini merupakan untuk menjalin komunikasi dan hubungan yang baik pada kedua belah pihak dan juga dapat memberikan rasa aman, nyaman dan tentram saat melakukan aktivitas.

Pada kesempatan itu juga, Al Ahyu mengundang langsung Kapolres menjadi nasasumber pada acara deklarasi anti hoax dan ujaran kebencian serta mendukung pemuli damai 2019 yang akan di laksanakan oleh Kementerian Agama Tanjungbalai pada 25 Februari 2019 mendatang.

Sehubungan dengan hal itu, Kakankemenag mengajak Kapolres dan jajarannya bekerja sama terkait dengan keamanan menjelang Pemilu tahun 2019.

Menanggpi hal tersebut, Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai, S.H, S.IK mengharapkan kepada Kakankemenag untuk saling menguatkan tali silaturahmi dan sama-sama menjaga keamanan untuk saling bersinergi menciptakan Kota Tanjungbalai menjadi kota yang konsudif apa lagi Tanjungbalai saat ini dikenal dengan kota intoleran.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Rapat Persiapan Deklarasi Anti Hoax

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag memimpin rapat persiapan deklarasi anti hoax dan ujaran kebencian serta mendukung pemuli damai 2019 di Aula Kankemenag Kota Tanjungbalai, Selasa 19 Februari 2019. Rapat dihadiri seluruh Kepala Seksi, Kepala Kantor Urursan Agama, Kepala Madrasah, Pengawas dan Penyuluh Agama.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Rapat Persiapan Deklarasi Anti Hoax

Kakankemenag Tanjungbalai dalam rapat menjelaskan bahwa acara deklarasi anti hoax dan ujaran kebencian serta mendukung pemuli damai 2019 akan dilaksanakan 25 Februari mendatang di Aula MUI Tanjungbalai yang menghadirkan kurang lebih 300 orang, karena acara ini sangat penting maka perlu kerjasama dan partisipasi kita semua dalam mensuksesakannya.

Ia juga menambahkan seluruh ASN di lingkungan Kemenag Tanjungbalai wajib mengikuti deklarasai, karena acara ini sangat penting maka perlu kerjasama dan partisipasi kita semua dalam mensuksesakannya.

Al Ahyu juga mengatakan sehubungan pelaksanaan deklarasi pada hari dan jam kerja, di khawatirkan terjadi hambatan pelayanan kepada masyarakat, maka disarankan agar masing-masing satuan kerja untuk mempersiapkan ASN tinggal di kantor untuk memberikan pelayanan.

Kakankemenag Tanjungbalai Audiensi dengan Walikota

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA melakukan audiensi dengan Walikota Tanjungbalai bertempat di Pendopo rumah dinas Walikota dalam rangka perkenalan diri sekaligus silaturahmi mengawali tugas baru di Kota Tanjungbalai, Senin 18 Februari 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Audiensi dengan Walikota

Selain untuk perkenalan diri, Kakankemenag Kota Tanjungbalai yang didampingi oleh Kepala Seksi Haji & Umroh, H.Ahmad Zais, S.Ag, Kepala Seksi PAKIS, Mulyadi, S.Pd.I dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abdul Syadat Saragih, SH, MA, mengharapkan melalui kunjungan ini dapat terbina koordinasi yang baik antara Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai khususnya di bidang pendidikan dan keagamaan untuk membangun Kota Tanjungbalai serta membantu mewujudkan visi misi Kota Tanjungbalai.

Kakankemenag Tanjungbalai juga mengatakan kurang nyaman melaksanakan tugas di Kota Tanjungbalai sebelum silaturahmi dengan Walikota. Ia juga meminta bimbingan serta bantuan dalam melaksanakan tugas dan fungsi Kankemenag dalam mendukung tugas kepala daerah.

Dalam audiensi itu, Al Ahyu  mengutarakan beberapa hal kepada Walikota, diantaranya mohon bantuan penyelesaian tanah pertapakan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai agar di hibahkan menjadi hak milik Kankemenag dalam upaya sebagai sarana penunjang tugas-tugas di Kemenag.

“Hibah tanah ini sangat kami perlukan sehubungan dengan kebutuhan pengembangan pembangunan gedung Kantor Kemenag Kota Tanjungbalai, ” tuturnya.

Lebih lanjut ia juga meminta agar tanah pertapakan pada MIN 1 dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjungbalai Utara agar di hibahkan juga.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH mengatakan pihaknya menyetujui permohonan tersebut dan sudah ditindak lanjuti. Syahrial juga mengatakan kami berjanji akan menyelesaiakan permohonan penghibahan tanah kepada Kantor Kemenag secepatnya.

Walikota Tanjungbalai juga meminta dukungan kepada pihak Kemenag untuk mewujudkan pembangunan Masjid Agung yang akan dibangun di perbatasan Kota. Masjid ini nantinya selain tempat beribadah juga dapat dilakukan kegiatan keagamaan.

Kakankemenag Kota Tanjungbalai kembali menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung program-program Walikota, terutama yang terkait dengan pengembangan agama dan keagamaan di Kota Tanjungbalai.

Kakankemenag Tanjungbalai Monitoring Simulasi UAMBN-BK

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, SH, MA dan Pengawas Tk. Madasah, Yuninda Sitorus, S.Pd. I memantau dan memonitoring pelaksanaan simulasi Ujian Akhir Madrasah Berstandart Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) di Madarasah Tsanawiyah Negeri Kota Tanjungbalai, Senin 18 Februari 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Monitoring Simulasi UAMBN-BK

Pantauan ini merupakan rangkaian monitoring Kepala Kantor dalam rangka melihat kesiapan Madrasah dan peserta didik terhadap mengkikuti UAMBN-BK tahun 2019. Kakankemenag melihat dan mengecek langsung persiapan sarana dan prasarana penunjang di  ruangan ujian serta beberapa ruangan yang digunakan untuk simulasi dan UAMBN-BK.

Al Ahyu mengingatkan kepada Kepala Madrasah yang mengikuti UAMBN-BK untuk terus membimbing para siswa-siswi menghadapi ujian UAMBN-BK mendatang dan juga mengarahkan para peserta didik untuk menjalankan aplikasi UAMBN-BK serta mengajarkan teknik pengisian jawaban agar semua jawaban terisi dengan baik dan benar sebelum waktu ujian berkahir.

Disamping itu juga, Kakankemenag Tanjungbalai melihat dan memantau seluruh sudut ruang MTsN Tanjungbalai serta mengingatkan kepada Kepala Madrasah agar membudayakan hidup bersih di lingkungan Madrasah. 

Ia juga berpesan kepada seluruh ASN di MTsN baik PNS maupun Non PNS untuk bergotong royong membersikan serta merapikan demi mencipkatan suasana yang aman, nyaman dan tentram saat proses belajar mengajar.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional, Senin 18 Februari 2019 yang di gelar di halaman Pemerintah Kota Tanjungbalai.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional

Upacara yang berlangsung khitmad dan tenang itu di hadiri Forkopimda Kota Tanjungbalai, Seketaris Daerah, Para Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, ASN, TNI, Polri dan Kepala Lingkungan Se Kota Tanjungbalai. 

Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan memasuki tahun politik, dimana kita akan melaksanakan Pemilu pada 17 April 2019 mendatang, ia menghimbau sehubungan hal tersebut sesuai UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dijelaskan bahwa baik itu Aparat Sipil Negara, TNI dan juga Kepolisian dituntut untuk bersikap Netral dan menghindari konflik dalam menyikapi proses Pemilu baik itu Pra maupun Pasca Pemilu.

Lebih lanjut Wakil Walikota mengingatkan bahwa baik itu Aparat Sipil Negara, Tentara Republik Indonesia adalah ujung tombak untuk menjaga kekondusipan keadaan di NKRI, khususnya di Kota Tanjungbalai.

“Mari kita bekerjasama dan bahu membahu untuk menjaga dan mewujudkan kesuksesan Pemilu 2019,”harap Wakil Walikota.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kota Tanjungbalai juga menghimbau khususnya Para ASN beragama Islam untuk turut serta dan berperan aktif menyemarakkan Pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan di Kecamatan masing-masing yang saat ini pelaksanaannya sedang berlangsung. Kegiatan tersebut kami harap dapat memotivasi masyarakat untuk turut mensukseskan Visi Misi Kota Tanjungbalai yakni mewujudkan Kota Tanjungbalai Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis.

Penyelenggara Syariah Tutup Diklat DDWK Penyuluh Non PNS

Berakhir sudah kegiatan Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK) Teknik Substantif Penyuluh Agama Islam Non PNS di Wilayah Kerja Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dan Kabupeten Asahan yang dilaksanakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Medan bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Sabtu 16 Februari 2019.

Penyelenggara Syariah Tutup Diklat DDWK Penyuluh Non PNS

Penyelenggara Syariah Kemenag Tanjungbalai, Abdullah Rahim, S.Ag mengatakan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mengorbankan waktu dan pemikirannya demi kesuksesan DDWK ini dan juga berterima kasih kepada seluruh peserta baik dari Kota Tanjungbalai maupun dari Kabupaten Asahan yang telah serius mengikuti Diklat ini sampai selesai.

Ia juga berterima kasih kepada widyaiswara yang telah membagi ilmunya untuk para penyuluh peserta diklat.

Ia juga menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti diklat adalah orang-orang pilihan karena tidak semua penyuluh non PNS dipanggil untuk mengikuti Diklat berhubung jumlah kuota yang terbatas. Karenanya, ia berharap agar ilmu yang telah diperoleh selama diklat dapat dikembangkan dan diimplementasikan saat bertugas sebagai  penyuluh.

Di samping itu,  Abdullah Rahim juga mengharapkan kepada peserta untuk membagi pengetahuan yang diperoleh kepada rekan penyuluh lainnya yang kebetulan tidak mendapatkan giliran untuk mengikuti diklat.

Kakankemenag Tanjungbalai Beri Arahan Untuk Siswa/i Al Washliyah Gading

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA menghadiri undangan sekaligus menjadi penceramah bagi santri dan guru pada Upacara Praktek Ibadah (UPI) di Pesantren Al Washliyah Gading Kota Tanjungbalai, Jumat 15 Februari 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Beri Arahan Untuk Siswa/i Al Washliyah Gading

Pimpinan pondok pesantern Al Washliyah, Ust. Gustasmi, S.Sos.I, M.M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap jumat Al Washliyah Gading Tanjungbalai selalu melaksanakan praktek ibadah, dimana praktek tersebut dimulai dari praktek sholat fardhu, praktek sholat jenazah, lomba pidato dan lomba ceramah.

Ust. Gustami mengatakan kepada Kakankemenag bahwa program ini telah terlaksana selama 5 tahun. ‘Alhamdulillah para santri/ti dan siswa/i senang dengan adanya program ini,” imbuhnya.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa program yang dibuat ini terus dilaksanakan dan jangan sampai putus di tengah jalan. Saya melihat dengan adanya program ini para siswa bukan hanya mendalami ilmu mata pelajaran yang diajarkan namun juga program ini dapat di tengah-tengah masyarkat. 

Kakankemenag Tanjungbalai juga mengingiatkan kepada para keluarga besar Al Washliyah Gading Kota Tanjungbalai baik guru maupun siswa untuk tidak memosting hal-hal yang membuat perpecahan, contohnya berita hoax, ujaran kebencian dan politik, sehubungan tahun ini merupakan tahun politik.

Kakankemenag Tanjungbalai Lantik Dua Pengawas

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA melantik Yuninda Sitorus, S.Pd.I sebagai Pengawas Madrasah Tingkat Aliyah dan Saidah, MA sebagai Pengawas Madrasah Tingkat Ibtidaiyah, Senin 11 Februari 2019.


Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di ruang kerja Kakankemenag Tanjungbalai yang berlangsung dengan tertib dan khitmad. Hadir pada pelantikan tersebut, Kasubbag TU, Kepala Seksi, Kepala Madrasah, Pengawas dan Ketua Pokjaluh.

Kakankemenag Tanjungbalai pada arahan dan bimbingannya mengatakan setelah pelantikan ini, kepada  yang dilantik  tidak lagi mengemban tugas mengajar  mata  pelajaran, namun tugasnya  sudah beralih menjadi pengawas dengan tingkat tanggung jawab yang lebih besar dan tugas yang lebih berat.

Al Ahyu juga mengatakan dari informasi Kakankemenag yang lama bahwa Kementerian Agama Kota Tanjungbalai seogianya membutuhkan enam pengawas, akan tetapi sampai sejauh ini Kemenag Tanjungbalai memilik empat pengawas. “Kepada Kasi Pendidikan Madrasah agar mendorong guru-guru kita yang berpotensi mengisi kekosongan pengawas,” tambah Kakankemenag.

Al Ahyu juga menyampaikan bahwa pengawas merupakan guru para guru, yang dimana pengawas harus berkompeten, memiliki inovasi, profesional serta  mampu menciptakan sesuatu hal yang baru dan berukalitas demi kemajuan pada bidang pendidikan dan kemajuan Kementerian Agama khususnya Kementerian Agama Kota Tanjungbalai.

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Rapat dengan Kepala Seksi

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA bersama Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I memimpin rapat dengan seluruh Kepala Seksi dilingkungan Kankemenag Kota Tanjungbalai. Rapat berlangsung di ruang kerja Kasubbag Tata Usaha, Senin 11 Februari 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Rapat dengan Kepala Seksi

Pada rapat ini Kakankemenag meminta kepada seluruh Seksi yang ada agar membuat sesuatu ikon yang dapat mendorong Kementerian Agama khususnya Kemenag Tanjungbalai agar menjadi instansi yang baik di mata masyarakat. “Bukan hanya baik di mata masyarakat namun juga baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun di tingkat nasional,” harapnya.

Kakankemenag juga menekankan kepada seluruh ASN di lingkungan Kemenag Tanjungbalai untuk menciptakan suasana rapi, bersih dan hijau. “Dengan terciptanya suasana ini membuat ASN dapat bekerja dengan hati yang damai, tenang serta bahagia dalam menjali aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Untuk kegiatan apel pagi dan sore yang rutin di laksanakan, Al Ahyu meminta agar setiap senin pagi dilaksanakan upacara. Ia juga menyarankan untuk membuat profil Kemenag serta yel yel Kemenag.

Terkhusus kepada Seksi Pendidikan Madrasah, Kakankemenag Tanjungbalai meminta agar setiap Madarasah membuat spanduk dengan motto Madrasah yaitu “Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat”.

Penyuluh Menjadi Garda Terdepan Wajah Kementerian Agama

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK) oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Medan. DDWK yang dilaksanakan ini adalah DDWK Teknis Substantif Penyuluh Agama Islam Non PNS di Wilayah Kerja Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dan Kabupeten Asahan, Senin 11 Februari 2019.

Penyuluh Menjadi Garda Terdepan Wajah Kementerian Agama

Berdasarkan laporan panitia pelaksana, Syaiful Bahri Hrp, S.Pd.I mengatakan bahwa peserta tentunya dari Penyuluh Agama Islam Non PNS dengan jumlah 30 orang terdiri dari 25 orang Penyuluh Non PNS Kota Tanjungbalai dan 5 orang Penyuluh Non PNS Kabupaten Asahan. Diklat berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 11 s/d 16 Februari 2019 bertempat di Aula Kemenag Tanjungbalai.

Lebih lanjut selama Diklat berlangsung akan diadakan evaluasi penilaian terhadap tenaga pengajar yang dilakukan oleh peserta. “Bagi peserta yang telah menyelesaikan seluruh program dan menyerahkan Rencana Tindak Lanjut (RTL), akan mendapatkan sertifikat,” ucapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dalam arahan dan bimbingan sekaligus membuka kegiatan secara resmi mengatakan bahwa diklat ini menjadi sarana berbagi ilmu, pengalaman dan teman sharing untuk menjadikan penyuluh agama Islam yang profesioanl sesuai dengan tema Diklat.

Kakankemenag menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat menyerap segala informasi yang akan diberikan oleh para narasumber sebagai tambahan amunisi atau bekal dalam melaksanakan tugas sebagai penyuluh.

Al Ahyu juga mengatakan bahwa penyuluh ini merupakan kelompok komunitas atau garda terpedan untuk menunjukkan wajah Kementerian Agama di tengah-tengah masyarakat dalam mengarahkan masyarakat ke kehidupan yang harmonis, tentram dan tidak ada benturan kesalahpahaman.

“Kepada para peserta Diklat yang memiliki media sosial untuk tidak memosting sesuatu terhadap hal-hal tertentu contohnya berita hoax, ujaran kebencian dan politik, sehubungan tahun ini merupakan tahun politik,” ujarnya.

Al Washliyah Gading Tanjungbalai Upah-upah Kakankemenag dan Kabid PAKIS

Yayasan Pendidikan Al Jam’iyatul Washliyah Gading Tanjungbalai mengupah-upah Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Al Ahyu, MA dan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kanwil Kemenagsu, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I, Rabu 06 Februari 2019 di halaman Al Washliyah Gading.

Al Washliyah Gading Tanjungbalai Upah-upah Kakankemenag dan Kabid PAKIS

Kedatangan Kakankemenag Tanjungbalai dan Kabid PAKIS beserta rombongan disambut dengan persembahan pucak silat dan tarian melayu dari siswa-siswi MTsS Al Washliyah Gading.

Upah-upah diawali oleh Ketua Yayasan Al Wahsliyah Gading, Buya Gustami, S.Sos.I, M.M.Pd dilanjutkan dengan tamu undangan mulai dari mewakili Kapolres, Danramil 09/TB, Penyelenggara Syariah Kemenag Tanjungbalai, para Kepala Madrasah yayasan Al Wahsliyah Gading dan tamu undangan lainnya.

Ketua yayasan Al Washliyah Gading Tanjungbalai dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kakankemenag Tanjungbalai dan Kabid PAKIS Kanwil Kemenagsu yang baru dilantik pada Jumat yang lalu. Acara upah-upah ini adalah upacara adat sebagai ungkapan  rasa syukur dan doa restu serta menerima kehadiran pimpinan yang baru.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam sambutannya mengatakan terimakasih kepada pihak yayasan Al Washliyah Gading Tanjungbalai. “Kami mengapresiasi seluruh rangkaian acara yang telah di buat, mulai dari persembahan puncak silat, tarian melayu hingga acara upah-upah, ini sungguh luar biasa”, ucap Kakankemenag.

Kakankemenag Tanjungbalai berharap acara seperti ini bukan hanya menjadi do’a kita melainkan untuk memperkuat tali silaturahmi diantara kita, baik pada jam kerja maupun diluar jam kerja.

Pisah Sambut Kankemenag Kota Tanjungbalai

Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai membuat acara pisah sambut kepada Kepala Kantor Kementerian Agama yang lama, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I dengan yang baru H. Al Ahyu, MA, Rabu 06 Februari 2019 bertempat di Aula IPHI Kota Tanjungbalai. Acara tersebut berlangsung dengan tertib, aman serta di selimuti dengan suasana haru.

Pisah Sambut Kankemenag Kota Tanjungbalai

Pisah sambut ini disaksikan oleh Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail, jajaran Forkopimda, Kepala KPPN Tanjungbalai Asahan, Pimpinan Bank, ASN Kemenag Tanjungbalai dan juga para tamu undangan.

Pisah sambut ini diawali dengan penyampaian pesan dan kesan mewakili ASN Kemenag dan jajarannya oleh Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap S.Pd.I. Ia mengatakan selamat kepada Bapak Fakhri yang baru di lantik menjadi Kabid PAKIS Kanwil Kemenagsu.

“Dengan pengemban jabatan yang baru, kami keluarga besar Kementerian Agama Tanjungbalai selalu mendoakan Bapak agar selalu sehat saat bertugas dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta kami juga mengucapkan berterima kasih atas bimbingannya selama menjadi Kakankemenag Kota Tanjungbalai,” ucap Kasi Bimas dengan penuh harap.

Semantara itu, Kakankememag Tanjungbalai yang lama dalam kata sambutannya mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada semua ASN yang ada di lingkungan kerja Kemenag Tanjungbalai atas semua kerja sama yang baik, sehingga banyak capaian yang positif yang telah diraih bersama selama ini.

Ia juga meminta maaf atas segala kesalahan dan khilaf yang ada selama ini, baik yang sengaja maupun yang tak disengaja, karena manusia tentu tak luput dari khilaf dan salah. Fakhri juga berpesan agar ASN Kemenag Tanjungbalai tetap bekerja dengan semangat, dan terus meningkatkan kinerja dan prestasi.

Setelah sambutan sekaligus pesan dan kesan dari Kepala Kantor yang lama, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kantor Kemenag yang baru. Dalam sambutannya H. Al Ahyu menyampaikan dan meminta dukungan dari rekan-rekan dari Pemko Tanjungbalai dan khususnya rekan-rekan ASN di Kemenag Tanjungbalai selama masa pengabdiannya di Kemenag ini. 

Ia juga mengatakan akan melanjutkan program-program yang belum sempat terlaksana dari Kepala Kantor Kemenag sebelumnya.

Selanjutnya, Wakil Walikota Tanjungbalai dalam sambutannya mengucapkan selamat bertugas ditempat baru kepada Kakankemenag yang baru, dan selamat bergabung di Kantor Kemenag Wilayah Sumatera Utara Kepada Kemenag Tanjungbalai yang lama, dan ia berharap agar keduanya bekerja sebaik-baiknya ditempat yang baru.

Setelah semua sambutan terlaksana, dilanjutkan dengan acara upah-upah dan pemberian cendramata oleh seluruh tamu yang berhadir dan dilanjutkan dengan foto bersama dan ucapan selamat.

Kakankemenag Tanjungbalai Dilantik Jadi Kabit PAKIS Kanwil

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I dilantik menjadi Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara, H. Iwan Zulhami, SH, MAP, Jumat 01 Februari 2019. 

Kakankemenag Tanjungbalai Dilantik Jadi Kabit PAKIS Kanwil

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenagsu jalan Gatot Subroto No. 261 dihadiri oleh Pejabat Eselon III dan IV, Dharma Wanita Persatuan (DWP) serta tamu undangan lainnya.

Sebanyak 16 pejabat administrator, pengawas dan kepala masrasah dilantik pada hari itu, termasuk H. Al Ahyu, MA di lantik menjadi Kakankemenag Kota Tanjungbalai yang dulu menjabat sebagai Kakankemenag Kota Medan.

“Mutasi, Rotasi atau Promosi merupakan hal yang biasa dalam rangka penyegaran tugas dan peningkatan karir,” ucap Kakanwil Kemenagsu dalam sambutannya.

Kakanwil Kemenagsu juga menambahkan pelantikan ini seharusnya membawa hikmah bagi kita bahwa untuk menjadi seorang ASN yang baik harus selalu berfikiran positif dan senantiasa mengasah kecerdasan, keterampilan dan wawasannya dalam melakoni aktifitasnya.

Kepada pejabat yang dilantik agar bisa bergerak cepat melakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh stakeholder terkait tugas pokok dan fungsinya. 

Acara diakhri dengan pemberian ucapan selamat dari seluruh pejabat dan seluruh hadirin serta foto bersama.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Workshop Manajemen Koperasi

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar acara Workshop Manajemen Koperasi, Kamis 31 Januari 2019 di Aula Kemenag Tanjungbalai yang dihadiri 35 peserta terdiri dari anggota koperasi Kemenag, MAN, MTsN dan MIN 1, 2, 3 dan 4.


Hadir sebagai Narasumber pada acara tersebut yaitu dari Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Drs. Musa Sirait dan Haratua Panjaitan Kota Tanjungbalai.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai yang diwakili Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I dalam arahan dan bimbingannya sekaligus membuka acara secara resmi menyampaikan workshop ini bertujuan untuk menguatkan manajemen koperasi yang profesional bagi para pengurus koperasi.

Kasubbga TU berharap pada workshop ini di harapkan para peserta nantinya mampu meningkatkan dan mengelola koperasi dalam mengerjakan administrasi dengan tertib, mengelola koperasi dalam mengerjakan pembukuan secara benar serta dapat membuat laporan pertanggung jawaban setiap tahunnya sehingga RAT dapat dilaksanakan tepat waktu.

“Harapan saya kegiatan ini dapat dikuti dengan baik dan diterapkan dalam kepengurusan koperasi,” tutupnya.