KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

100 Pengurus Ikuti Diklat Manajemen Masjid

Sebanyak 100 orang pengurus masjid di Kota Tanjungbalai mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Manajemen Masjid yang di selenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia bekerjasama dengan Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (MADANI), Sabtu 26 Januari 2019.

100 Pengurus Ikuti Diklat Manajemen Masjid

Acara digelar di Aula gedung MUI Kota Tanjungbalai dihadiri oleh Kepala Bidang Penais Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Prov. Sumut, H. Abdul Manan, MA, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I, dan Pengurus Pusat MADANI, Amin Nuriadi, S.Pd.I.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbinggannya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan kita bersyukur bahwa Diklat manajemen masjid ini di selenggarakan di daerah kita. Dengan adanya Diklat ini para pengurus masjid akan mendapat suatu ilmu dan wawasan baru mengenai kemampuan pengurusan masjid yang baik, tata kelola masjid yang efisien serta mengembangkan fungsi masjid.

 “Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi kunci terciptanya kualitas masjid yang lebih baik dan memiliki arti yang lebih luas seperti masalah keindahan, kebersihan termasuk masalah kemakmuran jamaah masjid,” jelas Kakankemenag.

Fakhri bejuga menambahkan para peserta nantinya dapat menyusun pedoman manajemen masjid sebagai acuan dan masukan kepada seluruh pengurus dalam mengelola dan memakmurkan masjid.

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Narasumber Focus Group Discussion

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakri, M.Pd.I menghadiri Focus Group Discussion (FGD) sekaligus menjadi narasumber pada acara tersebut. Pertemuan FGD digelar di Aula Pesat Gatra Mapolres Tanjungbalai, Jumat 25 Januari 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Narasumber Focus Group Discussion

Adapun yang menjadi narasumber pada diskusi ini, Kasat Intel Polres Tanjungbalai, AKP Usrat Aminullah, SH, Sekretaris Kesbangpol, Agustoni dan Kakankemenag Kota Tanjungbalai.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, S.H, S.IK dan jajaran serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat serta akademis duduk bersama dan berdiskusi dengan mengangkat tema “Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan, Kami Masyarakat Kota Tanjungbalai Menolak Kontra Radikal dan Siap Mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk”.

Kapolres Tanjungbalai dalam diskusi tersebut mengatakan berdasarkan hasil kajian dan pantauan dari berbagai tokoh masyarakat dan tokoh agama bahwa Kota Tanjungbalai menduduki posisi pertama sebagai daerah intoleran. 

“Dengan adanya forum diskusi ini diharapkan dapat berpengaruh untuk menekan pandangan agar Kota Tanjungbalai dinyatakan bukan Kota intoleran,” ucap Kapolres dengan tegas.

Sementara itu Kakankemenag Tanjungbalai mengatakan kehadiran kita pada pertemuan diskusi ini adalah untuk menjeput tugas agar tidak melawan radikal dengan radikal dan selanjutnya agar nantinya hal ini di sosialisasikan kepada masyarakat.

Ribuan Masyarakat Ikuti Seminar Wawasan Kebangsaan

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar acara seminar wawasan kebangsaan yang digelar di Aula IPHI Kota Tanjungbalai,  Selasa 22 Januari 2019 dengan mengusung tema “Melalui Seminar Wawasan Kebangsaan Kita Tingkatkan Semangat Kebangsaan dan Cinta NKRI”.

Ribuan Masyarakat Ikuti Seminar Wawasan Kebangsaan

Para peserta yang terdiri dari Kepala KUA Kecamatan, Pengawas, Kepala Madrasah, penyuluh Agama Islam, guru madarasah, guru PAI dan pegawai Kemenag Tanjungbalai baik PNS dan Non PNS serta remaja-remaja masjid se Kota Tanjungbalai terlihat memadati seluruh Aula IPHI.

Adapun narasumber pada kegiatan ini, H. Usman Effendi Sitorus, S.Ag, MSP Anggota DPD Kabupaten Serdang Bedagai dan juga calon Anggota DPR RI Dapil Sumut 3, dan Anggota DPRD Sumut, Darwin, S.Ag, MAP. Nampak hadir pula Kakankemenag Kabupaten Asahan, Dr. H. Hayatsyah, M.Pd.

Ketua penyelenggara kegiatan, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Abd. Syadat Saragih, SH, MA dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan wawasan kebangsaan ini teridiri dari seribu peserta. Ia juga mengatakan selamat datang kepada narasumber yang telah hadir dan memberikan materinya, semoga kegiatan ini menambah wawasan dan kecintaaan kami kepada NKRI.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi mengatakan jadikanlah seminar wawasan kebangsaan ini sebagai momentum untuk menguatkan rasa nasionalisme dalam berbangsa dan bernegara serta mampu menumbuh suburkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain.

“Mari kita kembangkan sikap toleransi antar umat beragama dan juga mencegah munculnya berita hoax dan ujaran kebencian antar seluruh elemen masyarakat khususnya masyarakat Kota Tanjungbalai,” tambahnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Akui Konsistensi Seluruh Panitia HAB

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar rapat pembubaran Panitia Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Ke-73 Tahun 2019 yang digelar di Aula Kemenag Tanjungbalai, Selasa 15 Januari 2018.

Kakankemenag Tanjungbalai Akui Konsistensi Seluruh Panitia HAB

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I yang didampingi Kasi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, SH, MA dan Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag. Rapat dihadiri seluruh unsur kepanitian yang berperan penting mensukseskan HAB.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam sambutannya mengakui konsistensi seluruh panitia HAB dalam mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan. “Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan terbukti berjalan sukses dan tidak ada kendala sama sekali, mulai dari lomba, gerak jalan santai kerukunan hingga acara puncak,” ucap Kakankemenag.

Fakhri juga mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia baik PNS dan Non PNS serta seluruh unsur yang terlibat, baik itu pihak Bank BRI, Kajari, Kapolres, unsur FKUB serta instansi-instansi lain yang turut menyumbangkan beberapa item dalam memsukseskan gerak jalan santai kerukunan umat beragama yang telah dilaskanakan bulan desember 2018 yang lalu.

Kakankemenag berharap marilah kita bangun kebersamaan baik dalam bekerja maupun dalam berkomunikasi dan terus kita jaga dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kemenag Tanjungbalai Terima PKL Siswa SMK Al Washliyah

Setiap tahunnya Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai tidak pernah absen menerima siswa-siswi yang ingin melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Kali ini Kankemenag Tanjungbalai menerima siswa-siswi SMK Pembangunan Al Washliyah untuk melaksanakan PKL selama 45 hari terhitung mulai 07 Januari 2019 s/d 20 Februari 2019.

Kemenag Tanjungbalai Terima PKL Siswa SMK Al Washliyah

Siswa PKL sebanyak 10 orang disambut Koordinator Kepegawaian, Nurjannah, S.Pd.I di Aula Kemenag Tanjungbalai, Senin 07 Januari 2019. Nurjannah mengatakan setiap siswa akan di tempatkan di masing-masing seksi yang ada di Kankemenag ini.

Tidak lupa ia juga mengingatkan agar selalu tingkatkan disiplin kehadiran, ikuti kegiatan yang ada, seperti kegiatan apel pagi dan sore, sholat dzuhur dan ashar berjamaah serta mematuhi peraturan yang ada.

Tambahnya lagi bahwa setiap siswa PKL diharapkan mempergunakan waktu PKL ini dengan sebaik-baiknya karena program PKL ini dapat belajar secara langsung dan mendapat gambaran suasana dunia kerja yang sebenarnya.

15 ASN Kemenag Terima Penghargaan Satya Lencana

Sebanyak 15 (limabelas) Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menerima piagam penghargaan Satya Lencana Karya Satya yang ditandatangani langsung oleh Presiden Republik Indonesia sebagai tanda kehormatan atas kesetiaan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar NKRI Tahun 1945. 

15 ASN Kemenag Terima Penghargaan Satya Lencana

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I secara langsung memberikan penghargaan ini kepada 15 (limabelas) pegawai yang bersangkutan dengan masa bakti tiga puluh, dua puluh dan sepuluh tahun di penghujung prosesi upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia Ke 73, Kamis 03 Januari 2019.

Fakhri berpesan untuk tetap menjaga semangat dalam bekerja dan diharapkan penghargaan ini juga meningkatkan motivasi pegawai dalam melayani masyarakat.

"Bagi ASN yang menerima penghargaan dari Presiden, selamat semoga bisa terjaga dengan baik dan amanah, karena tidak mudah untuk mendapatkan penghargaan dari Presiden," ucap Kakankemenag saat diwawancarai humas usai upacara.

Kakankemenag Tanjungbalai Bacakan Sambutan Menteri Agama RI

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia yang Ke-73, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan upacara peringatan yang digelar di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Kamis 03 Januari 2019.

Kakankemenag Tanjungbalai Bacakan Sambutan Menteri Agama RI

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kakankemenag Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I yang sekaligus membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin.

Menteri Agama RI mengatakan, sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu "Jaga Kebersamaan Umat", saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan. 

“Ajakan yang sama kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari. Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antarsesama anak negeri,” lanjut Menteri Agama.

Dalam HAB Ke 73 ini Menag berharap seluruh ASN dan jajaran Kementerian Agama haruslah menjadi perangkai,  penjalin, dan perajut tenun kebangsaan kita yang bhinneka. Setiap kita haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara tercinta. Dalam tugas sehari-hari, setiap aparatur Kementerian Agama harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas.

Kemenag Tanjungbalai Peringati HAB Kemenag Ke 73

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai peringati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia yang Ke-73 dengan melaksanakan upacara peringatan yang digelar di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Kamis 03 Januari 2019.

Kemenag Tanjungbalai Peringati HAB Kemenag Ke 73

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kakankemenag Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I sedangkan Komandan Upacara guru MTsN Tanjungbalai, Rizlan, S.Pd.I. Seluruh rangkaian upacara berlangsung dengan tertib dan khitmad.

Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai selesai dengan dihadiri seluruh Kepala Seksi, Kepala KUA Kecamatan, Pengawas, Kepala Madrasah/Defenitip, Penyuluh Agama serta seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai baik PNS dan Non PNS.

HAB Ke 73 ini mengambil tema “Jaga Kebersamaan Umat", Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan. 

Upacara diakhiri dengan foto bersama dan kegiatan lainnya.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Acara Tahlil Bersama

Dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI yang Ke-73, Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar tahlilan atau pembacaan surat Yasien, Rabu 02 Januari 2019 tepatnya malam sebelum HAB yang digelar di Musholla Nurul Ihsan Kemenag Tanjungbalai. 

Kemenag Tanjungbalai Gelar Acara Tahlil Bersama

Bertindak sebagai Syeikh Tahlil, Kasi PAKIS, Mulyadi, S.Pd.I, pembaca Takhtim, Penyuluh Agama Islam, Miswardi, S.Ag, pembaca Tahlil, Kasi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, MA, dan pembaca doa Kepala KUA Kecamatan Datuk Bandar, H. Muhammat Jamil, S. Ag.

Kakankemenag Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan malam tahlilan ini merupakan rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mengagungkan namaNya seraya mengharapkan ridho dan inayahNya agar pelaksaan HAB besok berjalan lancar dan sukses.

Fakhri juga mengatakan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana yang telah mensukseskan kegiatan HAB tahun ini dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukan pada hari-hari sebelumnya. “Mari kita besarkan Kementerian Agama dengan memperbaiki diri kita sendiri terlebih dahulu, kalau kita yang tidak membesarkan Kemenag ini siapa lagi,” ungkapnya.

Mari kita saling mempererat silaturahmi ini sesama ASN Kemenag Tanjungbalai serta meningkatkan kinerja untuk ini dan tahun yang akan datang.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Upacara Ziarah Makam Pahlawan

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar upacara ziarah makam pahlawan dalam rangka menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Ke 73 Tahun 2019 di Taman Makam Pahlawan, Rabu 02 Januari 2019.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Upacara Ziarah Makam Pahlawan

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kakankemenag Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I sedangkan Komandan Upacara Kasi PAKIS Kemenag Tanjungbalai, Mulyadi, S.Pd.I. Upacara di hadiri oleh Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah, Pengawas, Penyuluh Agama, Persatuan Dharmawanita serta seluruh ASN PNS dan Non PNS Kemenag Tanjungbalai.

Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara dilanjutkan dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara dan di akhiri dengan pembacaan doa oleh Kepala KUA Kecamatan Teluk Nibung.

Setelah pelaksanaan upacara ziarah dilanjutkan dengan tabur bunga di makam Pahlawan oleh Inspektur upacara yang diikuti seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai serta diakhiri dengan foto bersama.