KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Kemenag Tanjungbalai Serahkan Hadiah Untuk Para Juara

Usai sudah seluruh rangkaian perlombaan yang di adakan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, dimulai dari perlombaan Pidato Bahasa Indonesia, Khutbah Jumat, Surah An Naba’, Marhaban, Takhtim, Bahasa Arab, Kreativitas Guru, Pidato Bahasa Inggris dan Debat Ilmiah dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama.

Kemenag Tanjungbalai Serahkan Hadiah Untuk Para Juara

Pemberian hadiah digelar di halaman depan Kantor Kemenag Tanjungbalai usai acara peringatan maulid Muhammad SAW oleh seluruh pejabat Kemenag Tanjungbalai secara bergantian, Selasa 27 November 2018.

Sebelum pemberian hadiah, ketua panitia pelaksana, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, MA mengatakan terima kasih kepada seluruh elemen yang berperan penting dalam mensukseskan seluruh rangkaian acara baik yang PNS maupun Non PNS.

“Siapapun nanti yang mendapatkan hadiah sebagai juara, kami berharap jangan berpuas diri, tingkatkan terus potensi yang didapat agar kelak tidak menjadi orang yang sombong. Yang belum juara jangan berputus asa, teruslah belajar dan niatkan dalam diri untuk tidak mudah menyerah, semoga yang dicita-citakan dan diinginkan di kabulkan Allah SWT,” ucapnya.

Kemenag Tanjungbalai Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M yang dilaksanakan di halaman depan Kantor Kemenag Tanjungbalai, Selasa 27 November 2018.

Kemenag Tanjungbalai Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan maulid diisi dengan ceramah agama oleh salah satu Penyuluh Agama Islam Kemenag Tanjungbalai, Ustadz Taufik Azhar, S.Pd.I. Acara diramaikan oleh Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah, seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai serta siswa siswi madrasah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai Drs. H. Fakhri, M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada seluruh pantia pelaksana yang telah mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan ini. “Dimulai dari seluruh acara perlombaan, gerak jalan santai kerukunan hingga peringatan maulid ini pun berjalan sukses,” ungkap Kakankemenag.

Melalui momentum maulid ini diharapkan seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai harus menteladani sikap-sikap terpuji Rasulullah SAW serta mengimplementasikannya dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas sehari-hari.

Kemenag Tanjungbalai Sambut Peserta Gerak Jalan Dengan Lucky Draw

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mengadakan acara lucky draw bagi para peserta gerak jalan santai kerukunan umat beragama. Pengundian lucky draw digelar di halaman depan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai usai menyelesaikan gerak jalan santai, Minggu 25 November 2018. 

Kemenag Tanjungbalai Sambut Peserta Gerak Jalan Dengan Lucky Draw

Berbagai hadiah menarik sudah menanti, mulai dari payung, termos, setrika, dispenser, sepeda hingga hadiah utama berupa 1 buah mesin cuci dan 1 buah lemari pendingin (kulkas). 

Sebelum mengundian dilakukan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I  dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti acara gerak jalan santai kerukunan umat beragama. 

Perjalanan yang menempuh kurang lebih 5 km tidak sia-sia. Selain olahraga kami juga menyiapkan lucky draw bagi yang beruntung. “Bagi yang beruntung nantinya, pergunakanlah hadiah yang di dapat dengan sebaik-baiknya.” ucap Kakankemenag.

Kelompok Lintas Agama Jalan Santai Bersama

Ratusan orang mengikuti gerak jalan santai kerukunan umat beragama yang di gelar oleh Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai bersama FKUB Kota Tanjungbalai, Minggu 25 November 2018 dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Ke-73 yang akan diperingati tahun depan.

Kelompok Lintas Agama Jalan Santai Bersama

Peserta gerak jalan santai diikuti oleh berbagai lintas agama se-Kota Tanjungbalai, baik agama Islam, Katolik, Kristen, Budha, Hindu maupun Konghucu. Peserta gerak jalan santai terdiri dari siswa siswi, para tenaga pendidik serta dari kalangan masyarakat.

Hal itu menjadi tanda bahwa Kementerian Agama Kota Tanjungbalai tidak hanya sebagai simbol, namun terlibat langsung dalam upaya pembangunan masyarakat yang agamis dan toleran.

Walikota Tanjungbalai yang diwakili Kepala Kesbang melepas start para peserta gerak jalan santai kerukunan dimulai dari Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah berjalan mengitari jalan Jend. Sudirman dan berakhir di Kantor Kemenag Tanjungbalai.

Ia mengatakan bahwa kegiatan gerak jalan kerukunan ini suatu hal yang positif untuk memperkuat tali persaudaraan antar sesama agama, tidak membeda-bedakan satu dengan yang lain namun juga berbaur menjadi satu.

Disela-sela kegiatan gerak jalan Kakankemenag Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I mengatakan kepada Humas, bahwa kegiatan gerak jalan kerukunan ini bukan sekedar berjalan-jalan tetapi mampu menumbuhkan rasa toleran kepada kita khususnya siswa-siswi untuk lebih menghargai perbedaan. “Tetap bersama walaupun berbeda agama,” pungkas Kakankemenag.

25 Pasang Catin Ikuti Bimbingan Pra Nikah

Sebanyak 25 pasang / 50 orang Calon Pengantin (Catin) yang terdaftar di Kantor Urursan Agama ( KUA) mendapat bimbingan pra nikah dari Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai selama 2 (dua) hari mulai tanggal 12 November 2018 s/d 13 November 2018 yang di gelar di Aula Kemenag Tanjungbalai, Senin 12 November 2018.

25 Pasang Catin Ikuti Bimbingan Pra Nikah

Catin yang telah mengikuti bimbingan pra nikah ini adalah gabungan dari 6 KUA Kecamatan dengan metode bimbingan berkelompok dan tatap muka.

Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I pada sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini di ampu oleh 4 narasumber yang terdiri dari Kakankemenag Tanjungbalai, 2 orang narasumber terbimtek dan 1 orang dari Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai.  

“Setelah mengikuti seluruh materi yang di sampaikan , para catin akan di uji dengan mengisi lembar soal terkait meteri yang di sampaikan dan akhirnya mendapat sertifikat yang menyatakan catin telah mengikuti bimbingan perkawinan,” lanjut Kasi Bimas Islam.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, H. Fakhri, M.Pd.I dalam arahan dan bimbingannya mengatakan kepada para calon pengantin baru diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius selama 2 hari, karena kegiatan ini adalah sebagai wujud nyata kesungguhan Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dalam mewujudkan keharmonisan dalam berumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Kegiatan Lomba Pidato Bahasa Indonesia

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar kegiatan lomba Pidato Bahasa Indonesia tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawaiyah dan Madrasah Aliyah se Kota Tanjungbalai dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Ke 73 Tahun 2019 mendatang.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Kegiatan Lomba Pidato Bahasa Indonesia

Kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 12 November 2018 s/d 13 November 2018. Kegiatan ini diselenggarakan di halaman depan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Senin 12 November 2018.

Jumlah peserta lomba sebanyak 69 orang yang terdiri dari siswa MI golongan putra sebanyak 12 orang dan putri 14 orang, siswa MTs golongan putra sebanyak 12 orang dan putri 14 orang serta MA golongan putra sebanyak 8 orang dan putri sebanyak 9 orang. 

Drs. Muslim selaku dewan hakim  menyampaikan arahan untuk para peserta lomba. Ia mengatakan kriteria penilaian terdiri dari retorika, adab dan penguasaan materi serta isi materi yang di sampaiakan. “Para peserta di harapkan dapat menguasai 3 (tiga) kriteria penilaian,” pungkasnya.

Pada arahan dan bimbingannya sekaligus membuka kegiatan Kakankemenag Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I mengatakan adanya lomba pidato dapat membangun generasi yang cerdas dan taat agama, memberikan semangat dan meningkatkan minat pengetahuan di bidang agama.

Lebih lanjut selain menambah wawasan serta ilmu pengetahuan siswa, kegiatan ini memberi dampak positif bagi para pelajar didalamnya remaja/pemuda dalam memahami segala hal yang berkaitan dengan agama. Artinya para siswa akan lebih memahami apa yang patut dilakukan dan sebaliknya karena hal ini sesuai dengan topik pidato yakni mengenai keagamaan.

Kakankemenag Tanjungbalai berharap seluruh siswa yang ikut lomba agar menjaga kondisi kesehatan selama masa perlombaan, dan para guru pendamping diminta untuk selalu mengawasi anak didik serta memberikan semangat saat mereka tampil.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara Hari Pahlawan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I menghadiri Upacara peringatan Hari Pahlawan, Sabtu 10 November 2018 di halaman Pemerintah Kota Tanjungbalai.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH dan selaku Komandan Upacara Kapten Armet Leginan Danramil II Simpang 4 Tanjungbalai – Asahan. Upacara berlangsung dengan hikmad dan tenang dengan di ikuti Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, Sat Pol PP, OKP dan para pelajar pelajar.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara Hari Pahlawan

Dalam amanat inspektur upacara Walikota Tanjungbalai membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

“Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pegetahuan dan keterampilandi bidangnya. Sadar bahwa negerinya memiliki beragam agama, suku, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia. Bukan justru untuk memanfaatkan perbedaan demi kepentingan pribadi maupun golongan yang menjadi penghambat bagi kemajuan Indonesia,” lanjut Mensos RI.

Diakhir sambutannya Mensos RI mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan Negara.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara Wisuda Mahasisawa Politeknik Tanjungbalai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I menghadiri Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Diploma-III angkatan ke-VI Politeknik Tanjungbalai di halaman Kampus Politeknik Tanjungbalai, Kelurahan Sei Raja Kecamatan Sei Tualang Raso, Kamis 08 November 2018. 

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Acara Wisuda Mahasisawa Politeknik Tanjungbalai

Sebanyak 51 wisudawan-wisudawati dari tiga program studi yakni Program Teknik masin (Perawatan dan Perbaikan), Program Studi Teknik Pendingin dan Tata Udara serta Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan resmi menyandang gelar Diploma-III. 

Acara tersebut dihadiri Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH, anggota DPRD Tanjungbalai H. Maralelo Siregar, Forkopimda Kota Tanjungbalai, mewakili Kopertis LLDIKTI Wilayah I Drs. Zakaria dan Samsul Bahri, Direktur Politeknik Tanjungbalai Budi Dharma ST, M. Eng, Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Camat, Ketua Dewan Pendidikan Tanjungbalai, Ketua PMI Tanjungbalai serta Para Mahasiswa dan Orangtua wisudawan/i.

Direktur Politeknik Tanjungbalai pada pidato sambutannya mengatakan selamat kepada 51 wisudawan-wisudawati yang di wisuda hari ini. Ia berharap agar para wisudawan mampu meningkatkan prestasi yang lebih gemilang lagi di masa mendatang serta memberikan kontribusi optimal di tengah masyarakat, bangsa  dan negara.

Dalam arahan dan bimbingannya Walikota Tanjungbalai menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada civitas akademika Politeknik Tanjungbalai. “Terimakasih Politeknik Tanjungbalai telah mengantarkan anak didik kita semua sampai dengan di wisuda hari ini. Saya yakin kedepan mudahan-mudahan para lulusannya akan menjadi orang-orang yang bermanfaat,”ujarnya.

Acara diakhri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kakankemenag Tanjungbalai dan di lanjutkan dengan foto bersama. 

Kakankemenag Lantik Dewan Juri Perlombaan Dalam Rangka HAB Ke-73

Dalam rangka menyambut Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Ke 73 Tahun 2019 mendatang, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mengadakan berbagai macam kegiatan yang terdiri dari 9 (sembilan) cabang perlombaan, diantaranya ; Pidato Bahasa Indonesia, Khutbah Jumat, Surah An Naba’, Marhaban, Takhtim, Bahasa Arab, Kreativitas Guru, Pidato Bahasa Inggris dan Debat Ilmiah.

Kakankemenag Lantik Dewan Juri Perlombaan Dalam Rangka HAB Ke-73

Maka dari itu, Kakankemenag Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I melantik 27 dewan juri untuk masing-masing cabang perlombaan dan 2 moderator yang diadakan di Aula Kemenag Tanjungbalai, Kamis 08 November 2018.

Dalam arahan dan bimbingannya Kakankemenag Tanjungbalai mengatakan para dewan juri yang dilantik akan dapat melaksanakan tugas yang di percayakan dengan penuh pengabdian dan tanggung jawab sebagai dewan juri perlombaan.

Fakhri berharap para dewan juri nantinya pasti memberikan penilaian yang jujur, adil serta tidak ada intervensi dari pihak terkait manapun dan juga akan menjadi amal ibadah kepada Allah SWT.

Kemenag Tanjungbalai Terima PKL Siswa SMK Negeri 4 Informatika

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menerima dengan hangat para siswa-siswi SMK Negeri 4 Informatika Kota Tanjungbalai yang berjumlah 6 orang untuk memulai Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 1 bulan terthitung mulai tanggal 01 November s/d 30 November 2018.

Kemenag Tanjungbalai Terima PKL Siswa SMK Negeri 4 Informatika

Kedatangan para siswa PKL bersama guru pendamping disambut oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I didampingi Koordinator Kepegawaian, Nurjannah, S.Pd.I di ruang kerja Kasubbag Tata Usaha, Kamis 01 November 2018.

Kasubbag TU dalam sambutannya mengatakan para siswa PKL diharapkan mempergunakan waktu PKL ini dengan sebaik-baiknya karena program PKL ini dapat belajar secara langsung dan mendapat gambaran suasana dunia kerja yang sebenarnya.

Tidak lupa Kasubbag TU mengingatkan agar selalu tingkatkan disiplin, patuhi peraturan yang ada, berbicaralah yang baik dan benar kepada atasan serta selalu bertanya jika ada pekerjaan yang belum diketahui.