KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Santri Sebagai Pionir Perdamaian

Hari santri tahun ini merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai ‘pionir perdamaian’ yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesai. 

Santri Sebagai Pionir Perdamaian

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs.H. Fakhri,M.Pd.I saat membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin pada upacara peringatan Hari Santri Nasional, Senin 22 Oktober 2018 di halaman Pondok Pesantren Al Washliyah Gading Kota Tanjungbalai.

Lebih lanjut Kakankemenag mengatakan bahwa Menteri Agama mengharapkan para santri semakin vokal untuk meyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah-tengah keragaman masyarakat.

Diakhir sambutannya Menag mengajak marilah kita tebarkan kedamaian, kapanpun, dimanapun dan kepada siapapun.

Upacara dihadiri Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, Kepala Seksi Haji & Umroh, H. Ahmad Zais, S.Ag, Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S.Ag, Pengawas, Penyuluh Agama Islam, pengurus pondok pesantren dan peserta upacara.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Kegiatan Kemah Dakwah Tingkat Penggalang

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I membuka secara resmi kegiatan kemah dakwah pramuka tingkat penggalang Madrasah Tsanawaiyah se Kota Tanjungbalai yang digelar di pangkalan MTs Binaan Kemenag Kota Tanjungbalai, Sabtu 19 Oktober 2018.

Kakankemenag Tanjungbalai Buka Kegiatan Kemah Dakwah Tingkat Penggalang

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (KAMABIGUS), Ahmad Husin, S.Ag pada laporan pelaksanaan menyampaikan bahwa kegiatan kemah ini diadakan selama 2 hari yaitu sabtu dan minggu atau yang disebut dengan PERSAMI.

Para perserta berjumlah 191 orang terdiri dari siswa MTsN sebanyak 20 orang, MTs Binaan Kemenag 67 orang, MTsS Al Washliyah Gading 20 orang, MTsS Al Washliyah Teluk Nibung 16 orang, MTsS Gubahan Islam 26 orang, MTsS Mina 23 orang dan MTsS Tahfizul Islam 20 orang.

“Adapun kegiatan PERSAMI antara lain : kuliah agama, bakti sosial, sholat berjamaah, outbond, api unggun, wide game dan kegiatan lainnya,” lanjut KAMABIGUS.

Pada kesempatan tersebut, Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan kepada seuruh peserta di harapkan agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan serius serta jangan lupa juga para peserta perkemahan agar menjaga kesehatan selama perkemahan berlangsung.

Fakhri juga menambahkan para peserta kemah nantinya mampu melatih kekompakan, fisik serta daya kreativitas sesama anggota pramuka, selanjutnya meningkatkan kemandirian, kedisiplinan, tanggung jawab dan juga memupuk mental dari anggota pramuka, kemudian membangun serta mengembangkan kepribadian yang berkarakter dari anggota pramuka, terakhir menjalin silahturahmi dengan anggota pramuka serta mengamalkan Dasa Dharma Pramuka.

Ratusan Santri Tingkat RA Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Ratusan santri dan santriwati tingkat Raudhatul Athfal (RA) se Kota Tanjungbalai mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji di Gedung Olahraga (GOR) Serbaguna Kota Tanjungbalai, Selasa 09 Oktober 2018.

Ratusan Santri Tingkat RA Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Para santri di bagi menjadi 10 kelompok terbang (kloter) yang masing-masing kloter di pimpin oleh tiap-tiap guru RA. Para santri dan santriwati di arahakan dan di bimbing melaksanakan semua rukun dan wajib haji.

Adapun pembimbing kegiatan manasik haji antara lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, SH dan Kepala KUA Kecamatan Datuk Bandar, H. Muhammat Jamil, S.Ag.

Sebelum membuka acara, Kakankemenag Tanjungbalai memberikan arahan dan bimbingan serta kata-kata semangat kepada para santri. Fakhri mengatakan kegiatan ini merupakan miniatur pelaksanaan ibadah haji yang sesungguhnya dengan melaksanakan rukun dan wajib haji secara benar.

“Para santri di harapkan tetap semangat dan kompak saat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan serta para guru di masing-masing kloter untuk selalu mengawasi santri sebelum kegiatan berakhir,” ucap Kakankemenag.

Kedatangan Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Disambut Dengan Nuansa Melayu

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I bersama Ketua DWP Kemenag Tanjungbalai, Hj. Chairani Fithri Lubis, Kasi Pendidikan Madrasah, Abd. Syadat Saragih, SH dan Kasi PAKIS, Mulyadi, S.Pd.I menyambut kedatangan Kakanwil Kemenag DKI Jakarta, H. Saiful Mujab, MA beserta rombongan pukul 11.00 WIB di Bandara Kualanamu Internasional Airport Deli Serdang, Jumat 5 Oktober 2018.

Kedatangan Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Disambut Dengan Nuansa Melayu

Penyambutan Kakanwil Kemenag DKI  hanya dengan pengalungan syal yang di kalungkan langsung oleh Kakankemenag Tanjungbalai kepada Kakanwil Kemenag DKI yang di bawa oleh Jaka dan Dara dengan baki mengenakan pakaian adat khas melayu dengan warna kuning.

Kedatangan Kakanwil Kemenag DKI beserta rombongan dalam rangka menghadiri pergelaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional Ke XXVII Tahun 2018 yang di gelar di Medan dan Deli Serdang Sumatera Utara.

Pergelaran MTQ Nasional ini nantinya akan di buka langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada hari minggu pukul 19.30 WIB di arena utama MTQ di jalan Williem Iskandar Medan tepatnya di gedung olahraga.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Rakor Jajaran Bimas Islam

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menggelar rapat koordinasi di jajaran Bimas Islam  Triwulan II yang di gelar di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Senin 01 Oktober 2018. Rapat di hadiri seluruh Kepala KUA Kecamatan, Staf KUA PNS dan Operator.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Rakor Jajaran Bimas Islam

Rapat di pimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai yang diwakili oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I didampingi Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S.Pd.I. 

Dalam arahan dan bimbingan Kasubbag TU mengatakan rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil kerja setiap 3 bulan di jajaran Bimas Islam dan mengambil solusi setiap masalah yang ada serta menyelesaikannya.

Ia juga menekankan kepada seluruh operator KUA agar bekerja semaksimal mungkin dan menengakkan disiplin serta mengikuti segala aturan yang ada.

Kasi Bimas Islam juga mengatakan bahwa ada 3 point yang harus di bahas dalam rapat ini antara lain, usulan RAB BOP KUA Kecamatan TA. 2019, mengevaluasi kinerja Kepala KUA dan jajarannya serta persiapan pelaksanaan kegiatan Bimbingan Perkawinan (BIMWIN).