KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

K3MI Upah-Upah Kakankemenag, Kasubbag TU dan Kasi Penmad

Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) mengadakan acara upah-upah dan syukuran untuk Kepala Kantor Kementerian agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abd. Syadat Saragih, SH. Acara bertempat di MIN 2 Tanjungbalai, Kamis 30 Agustus 2018.

K3MI Upah-Upah Kakankemenag, Kasubbag TU dan Kasi Penmad

Kepala MIN 2 Tanjungbalai, Nurbaiti mengawali upah-upah, dilanjukan dengan Kepala MI Negeri dan Swasta se Kota Tanjungbalai.

Nurbaiti mengatakan bahwa acara ini di buat sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas jabatan yang baru atas dilantik beberapa hari lalu. Semoga amanah yang di berikan memberi dampak perubahan untuk Kemenag Tanjungbalai menjadi lebih baik ke depannya.

Kakankemenag Tanjungbalai pada sambutannya mengatakan dengan menerima jabatan yang baru ini di harapakan agar selalu berkoordinasi dan berkonsultasi langsung dengan kami. Karena dengan seringnya melakukan konsultasi, itu merupakan suatu hal baik untuk mempermudah pekerjaan sekaligus mengevaluasi jika ada temuan masalah yang di hadapi.

Lebih lanjut Fakhri juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh K3MI serta para guru yang telah membuat acara ini. Di harapkan acara ini dapat menjalin tali silaturahmi dengan baik.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Pengukuhan FKUB dan FPK Periode 2018-2023

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I menghadiri pengukuhan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) oleh Walikota Tanjungbalai periode 2018-2023 di Aula I Pemko Tanjungbalai, Kamis 30 Agustus 2018.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Pengukuhan FKUB dan FPK Periode 2018-2023

Acara pengukuhan tersebut di hadiri oleh Ketua FKUB Sumutera Utara, Dr. H. Maratua Simajuntak, Kapolres Tanjungbalai, mewakili Dandim 02/08 AS, mewakili Danlanal, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua MUI, Ketua Pengadilan Agama, Camat, Lurah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan yang berhadir.

Dengan mengangkat tema “Dengan Semangat Bhinneka Tunggal Ika, Kita Jadikan Tanjungbalai Bersih (Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis) Menuju Sumut Sejahtera”, Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH pada sambutannya mengatakan perbedaan agama dan suku bangsa serta kepercayaan sering kali di jadikan alat pemecah persatuan oleh kelompok-kelompok tertentu. Hal ini dimungkinkan karena kelompok-kelompok tertentu sering lupa dengan makna dan hakikat dari Bhinneka Tunggal Ika yang terletak pada negara kita.

“Dengan pemikiran-pemikiran yang masih segar pengurus baru FKUB dan FPK Kota Tanjungbalai dapat berkontribusi dan membawa angin perubahan yang lebih baik lagi dalam membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama, serta pembauran di Kota Tanjungbalai dapat meningkat dan terciptanya suasana yang kondusif,” ucapnya.

Syahrial berharap seluruh pengurus benar-benar mengikuti dan mengamalkan tugas pokok dan fungsi yang ada. Hal ini karena menjadi pengurus merupakan orang-orang pilihan yang menjadi panutan di tengah-tengah masyarakat.

Kemenag Tanjungbalai Terima Kunjungan UIN Sumatera Utara

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menerima kunjungan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Selasa 28 Agustus 2018 di ruang kerja Kasubbag Tata Usaha. Kunjungan tersebut dalam hal penelitian kerukunan umat beragama di Kota Tanjungbalai.

Kemenag Tanjungbalai Terima Kunjungan UIN Sumatera Utara

Dalam kunjungan kali ini UINSU menanyakan keadaan kerukunan umat beragama di Kota Tanjungbalai saat ini.

Menanggapai hal tersebut, Kakankemenag Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I mengatakan bahwa saat ini kerukunan umat beragama di Kota Tanjungbalai sangat kondusif, toleran dan harmonis. Dibuktikannya dengan ke ikut sertaan umat beragama dalam merayakan kegiatan HAB Kemenag dengan melaksanakan gerak jalan santai kerukunan umat beragama serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tanjungbalai, H. Syahron Sirait, S.Pd.I yang turut hadir dalam pertemuan itu mengatakan Kemenag, MUI dan FKUB selalu siap menangani persoalan-persolan yang berkaitan dengan agama agar tidak terjadi konflik atau perpecah belahan sesama agama.

Perpisahan KKL Mahasiswa STMIK Royal di Kemenag Tanjungbalai

Usai menyelesaikan masa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) selama 1 bulan, mahasiswa/i Sekolah Tinggi Manejeman Informatika dan Komputer (STMIK) Royal Kisaran yang berjumlah delapan orang berinisiatif membuat acara perpisahan dengan para Karyawan/ti Kemenag Tanjungbalai yang diadakan di Aula Kemenag Tanjungbalai, Senin 27 Agustus 2018.

Perpisahan KKL Mahasiswa STMIK Royal di Kemenag Tanjungbalai

Acara yang sederhana namun berkesan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I, para Kepala Seksi, Pengawas, dosen pembimbing KKL serta pegawai PNS dan Non PNS Kemenag Tanjungbalai.

Dalam acara tersebut dosen pembimbing KKL, M. Irfan Fahmi,M.Kom mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran Kemenag Tanjungbalai atas kerjasamanya yang bersedia memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan kuliah kerja lapangan serta membimbing dan memberikan wawasan baru dalam dunia pekerjaan.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahannya  menyampaikan bahwa para mahasiswa KKL dari STMIK Royal Kisaran telah melakukan KKL dengan sangat baik. Para mahasiswa pun terlihat sangat kompeten dan terampil juga cerdas dan tangkas dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan atasan.

“Saya melihat juga bahwa mahasisiwa KKL ini disiplin waktu, tidak pernah telat dan selalu mengikuti apel pagi dan sore,” ujar Kakankemenag Tanjungbalai.

Fakhri juga berterima kasih atas peran aktif mahasiswa KKL baik dalam kegiatan saat di kantor maupun kegiatan lainnya. 

Rayakan Idul Adha, Kemenag Tanjungbalai Sembelih 4 Hewan Kurban

Dalam memperingati Hari Raya Idul Adha 1439 H / 2018 M, Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi/lembu di halaman belakang Kemenag Kota Tanjungbalai, Kamis 23 Agustus 2018.

Rayakan Idul Adha, Kemenag Tanjungbalai Sembelih 4 Hewan Kurban

"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd", terus berkumandang saat prosesi penyembelihan hewan kurban yang di lakukan oleh Kasi Penmad, H. Abd. Syadat Saragih, S.H, Kasi Haji & Umroh, H. Ahmad Zais, S. Ag, Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim, S. Ag dan Penyuluh Agama Islam, Tahmid Hasibuan, S. Ag yang disaksikan seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I mengatakan melalui momen ini, Kemenag Tanjungbalai mengaktualisasikannya dengan berbagi dan mendistribusikan daging-daging kurban kepada ASN Kemenag baik yang PNS maupun Non PNS serta masyarakat di lingkungan sekitar Kemenag Tanjungbalai.

Fakhri juga mengatakan penyembelihan hewan kurban ini sebagai bentuk nyata rasa syukur kepada Allah SWT dan menjalankan ajarannya dan juga harus dilakukan setiap tahun untuk mendapatkan predikat insan yang bertaqwa dan insya’allah akan datang lebih ditingkatkan lagi.

 “Perayaan Idul Adha ini merupakan momen untuk menunjukkan rasa peduli dan turut berbagi kepada masyarakat dengan berkurban,” ucap Kakankemenag Tanjungbalai.

Fakhri juga berterima kasih kepada seluruh pantia kurban atas terselenggaranya acara ini dengan baik.

Kasubbag TU Hadiri Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I menghadiri upacara penurunan bendera merah putih pada perinatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 di lapangan Kantor Walikota Tanjungbalai Jumat Sore, 17 Agustus 2018. 


Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH,MH  bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara dan bertindak sebagai komandan upacara IPDA Rudi Danton 3 Kompi 3 Batalyon B.

Petugas pembawa baki Ladysa Fheby Amalia asal sekolah SMA Negeri 1 anak dari pasangan Suyatin dan Lina Wati. Pasukan Pengkibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dalam Upacara penurunan bendera membentuk Formasi 73 yang menandakan Usia Kemerdekaan Republik Indonesia yang saat ini berusia 73 Tahun.

Paskibraka Kota Tanjungbalai dibawah binaan Dinas Pemuda dan Olahraga yang telah dilatih oleh Danyonif 126/KC mulai 14 Juli yang lalu

Warga Tanjungbalai Tumpah Ruah Saksikan Pawai Kemerdekaan

Ribuan masyarakat Kota Tanjungbalai tumpah ruah memadati sekitaran Jalan Jend. Sudirman untuk menyaksiakan pawai karnaval dalam rangka Dirgahayu Republik Indonesia Ke-73, Jumat 17 Agustus 2018.

Warga Tanjungbalai Tumpah Ruah Saksikan Pawai Kemerdekaan

Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH bersama segenap unsur Forkopimda melepas pawai di depan pendopo rumah dinas Walikota pada pukul 15.00 WIB.

Masyarakat Tanjungbalai sangat antusias dan rela berpanas-panasan membawa keluarga, saudara, kerabat kerja demi melihat serta memeriahkan pawai kemerdekaan yang di gelar setahun sekali ini.

Menurut salah satu keterangan warga, Jamaluddin Siagian saat di wawancarai Humas Kemenag Tanjungbalai mengatakan bahwa dia dan keluarga tidak pernah melewatkan pawai 17an tiap tahunnya. Dia juga berkata bahwa dia tidak menyangka masyarakat sangat ramai menyaksikan, berbeda dari tahun sebelumnya. “Pawai tahun ini kami susah mendapatkan tempat untuk melihat, ucap pria berusia paruh baya tersebut,”

Pawai kemerdekaan menyajikan berbagai parade dan atraksi, mulai dari parade budaya baju adat, atraksi puncak silat dan lain sebagainya. Bahkan juga ada beragam mobil hias serta becak hias yang ikut pawai. Para peserta pawai terdiri dari TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil, organisasi masyarakat serta para pelajar.

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Doa HUT Kemerdekaan RI Ke-73

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I memimpin doa pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73, Jumat 17 Agustus 2018 di lapangan Kantor Walikota Kota Tanjungbalai. Turut hadir unsur Forkopimda, sejumlah pejabat SKPD, personil TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil dan para pelajar.

Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Doa HUT Kemerdekaan RI Ke-73

Pembacaan teks do’a yang merupakan akhir dari peringatan detik-detik proklamasi itu berisi tentang makna kemerdekaan, persatuan dan persaudaraan antara sesama warga negara, serta tugas generasi saat ini sebagai pengisi hari-hari setelah kemerdekaan dengan nilai positif dan sesuai perkembangan zaman.

Saat memimpin doa, Fakhri mengatakan di bawah naungan kasih sayangMu pada hari ini 17 Agustus 2018 kami seluruh bangsa Indonesia kembali dapat memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-73 dengan semangat prklamasi kemerdekaan. Gelorakan di setiap hari kami semangat bekerja dan berinovasi meraih prestasi untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa kami dalam pergaulan bangsa-bangsa di dunia.

Hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya, jauhkanlah kami dari perpecahan dan permusuhan, mantapkan kesatuan dan persatuan bangsa kami, karena persatuan menjadi modal dan kekuatan dalam membangun negara dan bangsa kami untuk mewujudkan masyarakat yang taat beragama, rukun, cerdas dan sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, berlandaskan gotong royong.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pemersatu, jadikanlah kehidmatan memperingati detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum untuk dapat meningkatkan kami akan jasa-jasa dan pengorbanan para pahlawan pendahulu kami. Bangkitkan semangat kami untuk meneruskan cita-cita perjuangan mereka yang sangat luhur dan mulia.

Ya Allah, terimalah permohonan dan doa kami, Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, amin ya rabbal alamin.

ASN Kemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara HUT RI Ke-73

Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menghadiri Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indoneisia Ke-73 yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Tanjungbalai, Jumat 17 Agustus 2018.

ASN Kemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara HUT RI Ke-73

Upacara peringatan pengibaran bendera Merah Putih dihadiri beberapa pejabat baik dari Instansi Vertikal, BUMD, OKP, Camat, Lurah, Organisasi Wanita, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Insan Pers dan Para Pelajar. Sebagai Inspektur upacara adalah WalikotaTanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH sedangkan Komandan Upacara Danramil 09/TB Kapten INF, Salam Rambe.

Upacara dimulai pada pukul 10.00 yang diawali dengan Pembacaan Teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Ir. Rusnaldi Dharma Siahaan. selanjutnya pengibaran bendera sang merah putih oleh Pasukan Pengkibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) yang berjumlah 65 orang. Bertugas sebagai pembawa baki Ella Fazhira siswa Madrasah Aliyah Alwasliyah Gading anak dari pasangan Dedy Syaputra Dan Masita.

Tahun ini, Paskibraka membentuk formasi bunga “Teratai”. Dan saat penurunan Paskibraka akan membentuk formasi angka”73”.

Usai upacara penaikan bendera sang merah putih, seluruh tamu menyaksikan penampilan deville marching band dari marching band lumba-lumba, polisi cilik (pocil) Polres Tanjungbalai dan marching band Sisingamangaraja.

Penyelenggara Syariah Pimpin Doa Pemberian Remisi di Lapas Klas IIB Tanjungbalai

Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Abdullah Rahim, S. Ag memimpin doa paca acara pemberikan remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIB sebanyak 508 orang, Jumat 17 Agusutus 2018.

Penyelenggara Syariah Pimpin Doa Pemberian Remisi di Lapas Klas IIB Tanjungbalai

Dalam bait doanya, Abdullah Rahim meminta kepada Allah SWT untuk selalu membukakan hati nurani kepada warga binaan untuk selalu berada di jalan Allah dan selalu mengingat Allah agar menjadi manusia yang tauladan dan tidak membuat kesalahan lagi.

Jadikanlah warga binaan pemasayarakat menjadi manusia yang selalu mengabdi dan selalu akan takut dengan azabMu agar mereka mendapat hidayahMu dan selalu bertaubat di jalanMu menggapai bekal dunia dan akhirat.

“Ya Allah ya Tuhan kami, anugerahkan kepada kami kese-jahteraan yang cukup selama bekerja dan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Kesejahteraan yang membuat hati kami, hati keluarga kami dan orang-orang terdekat kami merasa damai dan tenteram, sehingga kami dapat menjalankan setiap tugas yang diamanahkan kepada kami dengan penuh rasa tanggung jawab berharap rido darimu Ya Allah Ya Wasi’ar Rahmah,” tutupnya dalam doa.

Upacara pemberian remisi dihadiri unsur Forkopimda dan sejumlah Pejabat SKPD dilingkungan Pemko Tanjungbalai.

Kakankemenag Hadiri Upacara Pemberian Remisi WBP di Lapas Klas IIB Tanjungbabal

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I menghadiri Upacara pemberian remisi di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tanjunbalai, Jln. Pulau Simardan Kota Tanjungbalai, Jumat 17 Agustus 2018. Upacara dipimpin langsung oleh Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH,MH.

Kakankemenag Hadiri Upacara Pemberian Remisi WBP di Lapas Klas IIB Tanjungbabal

Upacara dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD, mewakili Kapolres Tanjungbalai, Kalapas Klas IIB Tanjungbalai, Dandim 02/08 AS, Danlanal, Kajari, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua MUI serta tamu undangan yang berhadir.

Dalam amanatnya, Walikota Tanjungbalai membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H. Laoly mengatakan Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus pada Tahun 1945 merupakan puncak pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia setelah berabadabad mengalami pahit getir dalam himpitan belenggu kolonialisme. Gelora semangat untuk mengisi kemerdekaan tentunya harus menjadi milik segenap lapisan masyarakat, tak terkecuali bagi warga binaan pemasyarakatan.

Senafas dengan perayaan HUT RI maka pemerintah memberikan apresiasi terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah mengikuti pembinaan dengan baik melalui remisi. “Remisi merupakan hak mendapatkan pengurangan masa menjalani yang telah di atur secara legal formal dalam pasal 14 ayat (1) undang-undang nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan”, ujarnya.

Remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan yang diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan prilaku sehari-hari selama menjalani pidana, lebih disiplin, lebih produktif dan dinamis.

Menkumham berharap semoga dengan pemberian remisi ini akan memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk selalu berbuat baik serta untuk terus meningkatkan keimanan kepada Tuhan yang maha kuasa sebagai landasan dalam menjalani kembali kehidupan ditengah masyarakat dan jadilah insan yang taat hukum, insan yang berahklak dan berbudi luhur serta insan yang mempunyai makna dan berguna dalam hidup dan kehidupan.

Usai upacara Walikota Tanjungbalai memberikan remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIB sebanyak 508 orang dengan potongan masa tahanan 1 bulan sampai 6 bulan.

Sambut HUT RI Ke-73, ASN Kemenag Tanjungbalai Ikut Pawai Obor

Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73, ratusan warga Kota Tanjungbalai yang terdiri dari TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil, organisasi masyarakat serta para pelajar mengikuti acara pawai obor pada Kamis 16 Agustus 2018 yang di gelar oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai. Tidak terkecuali sejumlah ASN Kemenag Tanjungbalai juga turut serta.

Sambut HUT RI Ke-73, ASN Kemenag Tanjungbalai Ikut Pawai Obor

Acara tersebut di buka langsung oleh Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH,MH di depan pendopo rumah dinas Walikota pada pukul 20.30 WIB. Para peserta berkonvoi dengan berjalan kaki mengililingi pusat kota. 

Sebelum melepas pawai, Walikota Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa kita harus menumbuhkan rasa semangat serta kecintaan kepada NKRI. Mari kita sambut Kemerdekaan ini dengan semangat membara-bara untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar momentum Kemerdekaan ini hendaknya kita menghormati jasa para pahlawan yang telah bersusah payah mempertaruhkan jiwa dan raga demi kemerdekaan yang sedang kita nikmati saat ini. “Kemerdekaan ini merupakan suatu anugrah bagi kita semua karena bebas dari belenggu penjajahan,” tutupnya.

Ribuan warga dengan semangat menyanyikan lagu-lagu nasional saat pawai. “ Siapa kita ? Indonesia, Siapa kita ? Indonesia, Siapa kita ? Indonesia, Merdeka, Merdeka, Merdeka...,” teriak peserta aksi saat pawai obor berlangsung.

Kakankemenag Tanjungbalai Lepas Puluhan Peserta Jalan Santai

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I melepas gerak jalan santai Keluarga Besar Santri Roudhotul Qurro, Kamis 16 Agustus 2018 di halaman depan Roudhotul Qurro.

Kakankemenag Tanjungbalai Lepas Puluhan Peserta Jalan Santai

Kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 73. Gerak jalan santai di ikuti puluhan santri dan santriwati Roudhotul Qurro serta di ikuti para orang tua santri.

Sebelum pelepasan, Kakankemenag Tanjungbalai menyampaikan bahwa kegiatan ini cukup baik untuk generasi muda kita, karena selain sehat para santri juga dapat menumbuhkan rasa cinta kepada NKRI dan juga para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Dengan memperkenalkan semangat kemerdekaan kepada mereka, di harapkan seluruh generasi muda penerus bangsa khususnya santi Roudhotul Qurro mampu menjadi generasi yang tidak mengenal kata menyerah seperti para pahlawan,” imbuhnya. 

Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, Kakankemenag Tanjungbalai melepas gerak jalan santai yang di mulai dari halaman depan Roudhotul Qurro mengelilingi seputaran Jalan Jendral Sudirman dan kembali finish di Roudhotul Qurro.

Pertamina Lakukan Sosialisasi dan Deklarasi Kebocoran Tabung Gas Elpiji

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menerima sosialisasi tentang pemasangan regulator dan penanganan bahaya kebocoran pada selang tabung gas elpiji dari personil Koperasi Pertamina (KOPANA) di halaman depan Kemenag Tanjungbalai usai apel pagi, Kamis 16 Agustus 2018.

Pertamina Lakukan Sosialisasi dan Deklarasi Kebocoran Tabung Gas Elpiji

Pengenalan jenis-jenis regulator juga pemberian materi bagaimana cara mengenali tabung gas yang resmi dari Pertamina. Pada tabung harus tertera logo Standart Nasional Indonesia (SNI). Ada dua jenis regulator yang dipraktekkan yaitu, pertama regulator biasa yang digunakan masyarakat pada umumnya, kedua regulator otomatis yang dipromosikan Pertamina saat ini.

Sosialiasasi ini bertujuan agar para ASN Kemenag Tanjungbalai mendapatkan gambaran secara jelas tentang faktor keamanan dalam penggunaan tabung gas elpiji keperluan rumah tangga.

Ramadhan Hasibuan selaku Ketua Tim mempragakan cara tentang penggunaan regulator buatan dari Pertamina, disampaikan cara pemasangan regulator yang benar. “Pasanglah regulator gas ke tabung elpiji dengan cara menekan bagian tengah regulator dengan tangan kiri sementara tangan kanan mengaktifkan knop regulator dengan cara memutarnya ke bawah berlawanan jarum jam. Tekan tombol kuningan otomotif dan pastikan jarum meter pengukur tekanan bergerak kearah kanan. Jika bergerak berarti pemasangan telah dilakukan dengan sempurna”.

Ramadhan Hasibuan juga mengajari cara  mengatasi atau memadamkan kebakaran pada tabung elpiji, “Jangan panik apabila mendapati gas di dapur mengalami kebocoran dan jangan pula berlari atau menyiram air apabila ada api yang keluar dari selang yang bocor, kita cukup mencabut regulator yang menancap pada tabung LPG, maka api akan mati dengan sendirinya”, tutupnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Anjurkan Siswa MTsN Peduli Sesama

Kepala Kantor Kemeterian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I menjadi pembina pada apel pagi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Tanjungbalai pada acara peduli kemanusiaan korban gempa Lombok, Jumat 10 Agustus 2018.

Kakankemenag Tanjungbalai Anjurkan Siswa MTsN Peduli Sesama

Pada arahan dan bimbingan Kakankemenag Tanjungbalai menghimbau seluruh siswa-siswi MTsN untuk peduli sesama dan tidak membeda-bedakan. Fakhri juga mendukung penuh acara ini. Karena ini merupakan suatu bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi kita semua khususnya siswa-siswi MTsN.

Kegiatan ini juga merupakan suatu kegiatan yang positif untuk menumbuhkan rasa simpati & empati pada kita semua khususnya para peserta didik. Dengan adanya kegiatan ini di harapkan para siswa kelak menjadi manusia yang peduli antar sesama dan tidak menjadi manusia yang angkuh dan sombong.

Tidak cukup sampai di situ, Fakhri juga turut bangga dengan siswa-siswi MTsN karena saat apel selesai para siswa langsung menggelar penggalangan dana.

Kasubbag TU Kemenag Tanjungbalai Hadiri Rapat Persiapan HUT RI Ke-73

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I menghadiri rapat persiapan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Tahun 2018 di Aula II Pemko Tanjungbalai, Rabu 08 Agustus 2018.

Kasubbag TU Kemenag Tanjungbalai Hadiri Rapat Persiapan HUT RI Ke-73

Rapat tersebut dipimpin oleh Asisten II Pemko Tanjungbalai, Abdul Hayyi Nasution. Rapat juga di hadiri seluruh pimpinan FKPD dan SKPD.

Abdul Hayyi mengatakan rapat ini membahas tentang persiapan-persiapan yang harus dilakukan sebelum HUT RI Ke-73 nanti. Seluruh panitia pelaksana agar memahami tugas dan fungsinya sebagai panitia untuk tidak terjadi kesalahan-kesalahan kecil pada HUT yang akan dilaksanakan 17 Agustus mendatang.

Ia juga berharap seluruh panitia agar membangun komu¬nikasi antara satu seksi dengan seksi lain, sehingga seluruh persiapan dapat berjalan lancar dan efesien. 

Asisten II Pemko Tanjungbalai juga mengimbau, seluruh instansi pemerintah untuk me¬masang umbul-umbul dan bendera merah putih, sehingga nuansa mem¬peringati HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun ini lebih meriah.

Kakankemenag Tanjungbalai Lantik Pejabat Struktural Eselon IV

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M.Pd.I melantik empat pejabat struktural Eselon IV dilingkungan  Kemenag Tanjungbalai, Selasa 07 Agustus 2018. Seremonial pelantikan berlangsung di Aula Kemenag Tanjungbalai. 

Kakankemenag Tanjungbalai Lantik Pejabat Struktural Eselon IV

Adapun nama-nama yang di lantik antara lain : Ralid Muslim Hasibuan, S.Pd.I menjadi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, H. Abd. Syadad Saragih, S.H menjadi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Mulyadi, S.Pd.I menjadi Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam dan yang terakhir Drs. H. Kuswara, M.A menjadi Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjungbalai Utara.

Pelantikan tersebut dihadiri Kepala Seksi, Kepala KUA Kecamatan, Pengawas, Kepala Madrasah, Penyuluh Agama, Dharma Wanita Persatuan serta tamu undangan.

Dalam arahan dan bimbingannya Kakankemenag Tanjungbalai mengatakan kepada para pejabat yang dilantik semoga dengan amanah yang diberikan ini mampu mendorong potensi kerja yang lebih baik dengan semangat lima nilai budaya kerja serta menonjolkan sisi positif untuk Kementerian Agama kedepannya.

Fakhri berharap kepada para pejabat khususnya di lingkungan Kemenag Tanjungbalai untuk saling membangun komunikasi yang baik serta saling berkoordinasi antar sesama dalam upaya meningkatkan performa kerja.

Selain itu, Fakhri  juga mengajak seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mengedepankan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, sehingga keberadaan Kementerian Agama lebih dirasakan ditengah-tengah masyarakat. 

ASN Kemenag Tanjungbalai Beri Ucapan Selamat Kakankemenag Baru

Seluruh Keluarga Besar Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mengucapkan selamat kepada Drs. H. Fakhri, M.Pd.I yang baru saja dilantik menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai oleh Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI, Drs. H. Ahmadi, M. Ag di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara pada Jumat 06 Agustus 2018 yang lalu. Senin 06 Agustus 2018.

ASN Kemenag Tanjungbalai Beri Ucapan Selamat Kakankemenag Baru

Fakhri yang memimpin langsung apel pagi dalam sambutannya mengatakan mari kita bekerja sama untuk membangun Kementerian Agama menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Tingkatkan pelayanan terhadap masyarakat serta saling menolong antar semasa ASN baik PNS maupun Non PNS.

“Beri masukan-masukan yang sifatnya membangun serta memajukan Kementerian Agama untuk lebih mematenkan kerja kita sebagai ASN yang profesional,” tambanhnya. 

Fakhri berharap dibawah kepemimpinannya seluruh ASN dapat meningkatkan kedisiplinan pegawai dalam mentaati peraturan yang berlaku serta menjalankan lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama. 

Apel pagi diakhri dengan salam-salaman dan ucapan selamat serta berfoto bersama.