KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Walikota Tanjungbalai Lepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji

Tangis haru menyelimuti 113 calon jemaah haji Kota Tanjungbalai saat di lepas oleh Walikota Tanjungbalai, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai beserta tokoh masyarakat dan FKPD menuju Asrama Haji Medan pada sabtu siang sekitar pukul 15.00 WIB di Aula rumah dinas Walikota Tanjungbalai. Sabtu 28 Juli 2018.

Walikota Tanjungbalai Lepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji

Calhaj Tanjungbalai tergabung dalam kloter 08/MES bersama dengan jemaah Tebing Tinggi, Medan, Madina, Tobasa dan Samosir. Kloter 08/MES dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang menggunakan Maskapai Penerbangan Garuda GA 3108 menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Senin 30 Juli 2018 pukul 02.30 WIB. Seluruh jamaah akan menempati Pemondokan di Makkah Wilayah REI BAKHSY No 815 Sektor 08 dan direncanakan kembali ke tanah air tanggal 9 September mendatang.

Keberangkatan calhaj Tanjungbalai diiringi sejumlah kenderaan terdiri dari mobil pengawalan, mobil dinas instansi terkait serta bus yang mengangkut para jamaah.

Pada arahan dan bimbingannya, Walikota Tanjungbalai berharap seluruh jamaah calhaj untuk mempersiapkan diri dalam menjaga kesehatan, terutama ketika berada di Makkah, Madinah dan tempat lainnya karena cuaca dan keadaan di sana berbeda dengan cuaca di tanah air.

“Jaga semangat kebersamaan, kekompakan dan kepedulian antar sesama jamaah selama menunaikan ibadah haji, serta tetap berpedoman dengan apa yang disampaikan para pembimbing, ketua regu, qarom dan pimpinan kloter serta petugas haji lainnya,” imbuhnya.

CJH Kota Tanjungbalai Serahkan Koper ke Kemenag

Sebanyak 113 calon jemaah haji Kota Tanjungbalai yang tergabung dalam kloter 8 berdatangan menyerahkan koper haji untuk diangkut ke truk menuju pendopo rumah dinas Walikota Tanjungbalai sebelum diberangkatkan pada Sabtu 28 Juli 2018.

CJH Kota Tanjungbalai Serahkan Koper  ke Kemenag

Sehari sebelum pemberangkatan, Jumat 27 Juli 2018 di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, penyambutan koper ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I  didampingi Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Ahmad Zais, S. Ag.

Kepada Inhum, Kasi Haji & Umroh mengatakan bahwa panitia sudah siap menerima koper haji sejak pagi tadi, dengan membagi beberapa tim. Seluruh panitia bertanggung jawab menerima koper para jemaah dan memasukkan koper ke dalam truk yang akan dikirim ke pendopo rumah dinas Walikota.

"Tim ini sengaja kami buat guna mengantisipasi banyak calon jemaah haji yang akan mengantarkan koper ke Kantor ini dan Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar serta semua panitia yang terlibat dalam kegiatan ini telah siap sejak pagi tadi. Penerimaan koper, diperkirakan akan terkumpul semua pada hari ini juga,” katanya.

Sementara itu, ditempat terpisah Kasi Haji & Umrah, disela-sela penyerahan koper para jemaah, menghimbau agar para jemaah untuk tidak membawa banyak barang yang tidak perlu, karena nantinya barang tersebut malah akan merepotkan jemaah itu sendiri saat melakukan ibadah haji.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Rapat Koordinasi

Rapat Koordinasi merupakan salah satu program utama dan tetap pada Kementerian  Agama yang sudah terjadwal untuk setiap tahunnya. Rapat koordinasi Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai yang dilaksanakan pada Jumat, 27 Juli 2018  di Aula Kantor Kemenag Tanjungbalai dijadikan sebagai wahana evaluasi program dan kegiatan, dan menyusun rencana program kegiatan terutama kegiatan-kegiatan pokok pada masing-masing satker di lingkup Kemenag Kota Tanjungbalai.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai Pimpin Rapat Koordinasi

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs, H. Fakhri, M. Pd. I bersama Plh. Kasubbag Tata Usaha, Hamdan Harahap, S. Pd. I memimpin rapat koordinasi. Rapat tersebut dihadiri seluruh Kepala Seksi, Kepala Madrasah, Kepala Kantor Urusan Agama, Pengawas, para penyuluh agama serta karyawan & karyawati lingkup Kemenag Tanjungbalai.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya mengatakan lebih memperhatikan masalah disiplin kehadiran. “Disiplin kehadiran harus terus kita tingkatkan,” tegasnya.

Fakhri juga mengingatkan kepada para penyuluh agama Islam agar lebih mempertajam materi dakwahnya kepada masyarakat Tanjungbalai dan juga harus kerja sama, sama-sama bekerja untuk meningkatkan kualitas dakwah sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketekunan kepada Allah SWT, panduan keilmuan dengan pengamalan ajaran Islam secara Kaffah.

Dalam rapat, seluruh satker diberi kesempatan untuk memberikan masukan-masukan yang postif yang sifatnya membangun guna mempermudah pekerjaan serta memajukan Kementerian Agama untuk kedepannya.

Diakhir arahannya, Plt. Kakankemenag Tanjungbalai mengajak seluruh ASN berperan aktif dalam membantu Pemerintah Kota Tanjungbalai dalam menyambut HUT RI Ke-73 dengan menghiasi Kantor dan memasang bendera merah putih dalam 1 bulan penuh. Tidak terkecuali Kantor Urusan Agama dan Madrasah juga turut berpartisipasi dan menghiasi dengan semangat Kemerdekaan.

Kemenag Tanjungbalai Kirim 11 Siswa Terbaik Madrasah di Ajang KSM

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mengkirim 11 putra putri terbaik madrasah pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018 yang di selenggarakan di Badan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (BP4TK) Kota Medan. Selasa 24 Juli 2018.

Kemenag Tanjungbalai Kirim 11 Siswa Terbaik Madrasah di Ajang KSM

Putra putri terbaik pada ajang ini terdiri dari siswa/i Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Kota Tanjungbalai. KSM ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 24 Juli 2018 s/d 26 Juli 2018.

Dalam arahan dan bimbingan di halaman depan Kemenag Tanjungbalai sebelum menuju keberangkatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I di dampingi Kepala Madrasah beserta guru mengatakan dengan adanya ajang ini di harapkan para siswa madarasah yang mengkuti KSM fokus dan teliti saat kompetisi berlangsung.

“Kegiatan KSM ini bertujuan untuk menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains dan menumbuhkan kecintaan sains bagi siswa yang nantinya akan berdampak positif bagi kalian,” katanya.

Fakhri mengatakan tumbuhkan rasa percaya diri serta hilangkan rasa kegalauan saat berkompetisi agar nanti hasil yang diperoleh juga baik. 

Fakhri percaya bahwa 11 putra putri terbaik madrasah Kota Tanjungbalai mampu meraih juara di tingkat Provinsi dan bisa mewakili Kementerian Agama Kota Tanjungbalai untuk ajang KSM pada tingkat Nasional.

Kemenag Tanjungbalai Terima KKL Mahasiswa STMIK Royal Kisaran

Sebagai bentuk pelaksanaan kurikulum di Program Studi S1, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menerima Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi 8 orang mahasiswa/i Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Royal Kisaran Kabupeten Asahan selama 1 bulan penuh terhitung mulai tanggal 23 Juli 2018 s/d 23 Agusuts 2018. Senin 23 Juli 2018.

Kemenag Tanjungbalai Terima KKL Mahasiswa STMIK Royal Kisaran

Plh. Kasubbag Tata Usaha, Hamdan Harahap, S. Pd. I didampingi Koordinator Kepegawaian, Ralid Muslim Hasibuan, S. Pd. I dalam sambutannya mengatakan menyambut baik kehadiran peserta KKL dari STMIK Royal Kisaran. Alhamdulillah, kita bersyukur dan mengapresiasi kehadiran rekan-rekan Mahasiswa dan Mahasiswi STMIK Royal. 

“Laksanakan kegiatan KKL ini sebaik-baiknya serta adakan koordinasi dengan pihak terkait mengenai program apa saja yang akan dilaksanakan, semoga hal ini bisa lebih mempererat silaturahmi dan sharing pengembangan program studi dan kemasyarakatan,” harapnya. 

Sementara itu, Dosen Pembimbing KKL, M. Irfan Fahmi, M. Kom mengucapkan berterima kasih atas sambutan pihak Kemenag Tanjungbalai yang berkenan menerima mahasiswa kami untuk menyelesaikan suatu program studi yaitu Kuliah Kerja Lapangan.

Kami berharap kepada para pegawai Kemenag Tanjungbalai untuk membimbing dan menuntun serta memberikan suatu ilmu yang bermanfaat bagi mahasiswa/i STMIK Royal untuk terjun langsung di dalam dunia pekerjaan di masa akan datang.

10 ASN Kemenag Tanjungbalai Ditepung Tawari

Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mengadakan acara tepung tawar dan upah-upah bagi 10 ASN calon jemaah haji dilingkungan Kemenag Tanjungbalai, Senin 16 Juli 2018 di Musholla Nurul Ihsan Kemenag Kota Tanjungbalai.

10 ASN Kemenag Tanjungbalai Ditepung Tawari

Mengawali tepung tawar dan upah-upah yaitu Plt. Kakankemenag Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I beserta istri dan selanjutnya diikuti oleh ASN Kemenag Tanjungbalai. Tidak terkecuali para ASN Non PNS juga ikut serta menepung tawar. 

Pada kata sambutan, Fakhri menyampaikan bahwa acara yang di buat ini ialah suatu bentuk do’a dan dukungan bagi para calon jemaah haji yang berangkat ke tanah suci. Ini juga merupakan seuatu bentuk sikap kekeluargaan para ASN Kemenag Tanjungbalai yang telah terjalin selama ini serta menjadi penyemangat saat melaksanakan ibadah di tanah suci nantinya.

Mewakili calon jemaah haji yang di upah-upah, Amari Syahputra dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas do’a dan dukungan oleh seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai yang telah membuat acara yang baik ini untuk kami.

Doa dan dukungan ini kami jadikan semangat dalam melaksanakan proses ibadah haji dan juga kami doakan semoga ASN dilingkungan Kemenag Tanjungbalai yang mengupah-upah tahun ini akan di upah-upah tahun depan sebagai tamu Allah SWT. 

“Semoga acara ini diberkahi oleh Allah SWT dan proses melaksanakan ibadah haji berjalan dengan baik,” ujarnya. 

Calhaj Tanjungbalai Diminta Jaga Kekompakan di Tanah Suci

Tetap jaga kekompakan dan kepedulian antar sesama calon jemaah haji selama menunaikan ibadah tanah suci. Demikian di sampaikan Walikota Tanjungbalai, H. M. Syahrial, SH, MH saat menepung tawari 113 orang calon jemaah haji di pendopo rumah dinas Walikota Tanjungbalai, Rabu 11 Juli 2018.

Calhaj Tanjungbalai Diminta Jaga Kekompakan di Tanah Suci

Berdasarkan data, bahwa sebenarnya jumlah calon jemaah haji asal Kota Tanjungbalai yang berangkat tahun 2018 sebanyak 115 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 38 orang dan perempuan 77 orang. Namun karena sesuatu hal, dua calon jemaah haji gagal berangkat disebabkan satu orang meninggal dunia atas nama Saibah Binti Syahmenan dan seorang lagi menunda keberangkatannya atas nama Butet Solin Binti Muhammad Syafii. Dengan demikian total calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah haji berjumlah 113 orang.

Dalam sambutannya Walikota Tanjungbalai, menyampaikan harapannya kepada seluruh calon jemaah haji untuk mempersiapkan diri dalam menjaga kesehatan terutama ketika berada di Makkah, Madinah dan tempat lainnya karena cuaca dan keadaan disana berbeda dengan cuaca di negara kita. 

Kami juga mengingatkan kepada seluruh calon jamaah haji untuk memperdalam syariat/hukum Haji yang telah dipelajari semasa melakukan Manasik Haji serta menjaga semangat kebersamaan dan keikhlasan.

“Tetap berpedoman dengan apa yang disampaikan para Pembimbing, Ketua Regu, Qarom dan Pimpinan Kloter serta petugas haji lainnya,” ujar Walikota Tanjungbalai.

Hadir dalam acara tersebut Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai yang diwakili Plh. Kasubbag TU, Hamdan Harahap, S. Pd. I, Ketua MUI Tanjungbalai, Syahron Sirait, S. Pd. I, Ketua IPHI Maralelo Siregar, Pimpinan Bank, Kepala BUMN/BUMD, Instansi Vertikal, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta Para OPD dilingkungan Pemko Tanjungbalai.

BDK Medan Laksanakan DDWK di Kemenag Tanjungbalai

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK) oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Medan. DDWK ini dilaksanakan pada tanggal 09 s/d 14 Juli 2018 bertempat di Aula Kemenag Tanjungbalai.

BDK Medan Laksanakan DDWK di Kemenag Tanjungbalai

DDWK yang dilaksanakan ini adalah DDWK Teknis Substantif Penilaian Pembelajaran Guru IPA Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai. Para peserta terdiri dari guru IPA tingkat MI, MTs dan MA dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang.

DDWK ini dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I yang didampingi oleh Plh. Kasubbag Tata Usaha, Hamdan Harahap, S. Pd. I.

Dalam sambutannya, Plt. Kakankemenag Tanjungbalai mengatakan jangan lewatkan kesempatan yang baik ini untuk mendapatkan ilmu baru, informasi baru serta meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik dan profesioanal.

Fakhri juga mengucapkan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk penyelenggaraan DDWK di Kemenag ini. Ia berharap semoga DDWK ini dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi para peserta menjadi guru yang profesional.

728 Siswa Ikuti Tes Tertulis Masuk MTsN Negeri Tanjungbalai

Hari ini, sebanyak 728 calon peserta didik baru Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Tanjungbalai mengikuti tes tertulis yang di gelar di MTsN Kota Tanjungbalai, Jumat 06 Juli 2018. Tes tertulis ini berlangsung pada pukul 08.00 WIB s/d selesai.

728 Siswa Ikuti Tes Tertulis Masuk MTsN Negeri Tanjungbalai

Sebelumnya sudah dilaksanakan ujian Tes Baca Al-Qur’an oleh pihak MTsN pada Senin 02 Juli 2018 yang lalu, setelah mereka lolos seleksi berkas pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang berbasis Online.

Dalam arahan dan bimbingan sekaligus membuka secara resmi seleksi tes tertulis peserta didik baru, Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mengatakan bahwa sebanyak 728 peserta yang mengikuti tes tertulis, dan yang di terima hanya sebanyak 160 orang. Jadi sebanyak 568 peserta dinyatakan gugur pada tes ini.

Kami tidak menyangka tahun ini minat orang tua murid, minat masyarakat Kota Tanjungbalai yang mendaftarkan anak nya cukup banyak melebihi kuota yang di tetapkan. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada orang tua murid dan masyarakat Kota Tanjungbalai yang telah mempercayakan anaknya menimba ilmu di madrasah ini. Tidak hanya dari kalangan MI dari kalangan SD juga ikut mendaftarkan diri di Tsanawiyah ini.

Kami harapkan calon peserta didik harus bersungguh-sungguh mengikuti tes ini, karena tes tertulis ini adalah tes penentu masuk atau tidaknya calon peserta didik. Bagi pesereta didik yang tidak lulus atau gugur pada tes ini diharapkan untuk tidak sedih dan berkecil hati. 

“SMP ataupun MTsN itu sama saja, sama-sama di didik dengan guru yang profesional dan ahli di bidangnya. Tergantung kepribadian kita masing-masing. Di didik dengan cara apapun kalau kita tidak mau belajar tidak akan mendapatkan ilmu yang barkah,” tambahnya.

Penilaian dan Penganugerahan KUA Teladan Tingkat Provinsi

Tim penilaian Kantor Urusan Agama teladan Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang di ketuai oleh Kasi Pemberdayaan KUA Bidang Urais Kanwil Kemenagsu H. Ansor Pohan, SH, M.AP mewakili Kabid Urais dan Pembinaan Syariah beserta rombongan melakukan penilaian ke Kantor KUA Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai, Senin 02 Juli 2018.

Penilaian dan Penganugerahan KUA Teladan Tingkat Provinsi

Kedatangan tim penilai ke tempat tersebut di dampingi langsung oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I, Kasi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S. Pd. I dan Kepala KUA Kecatama Datuk Bandar, Muhammaat Jamil, S. Ag.

Muhammat Jamil sebelumnya telah mengetahui bahwa pada hari ini akan dilaksanakan penilaian KUA teladan pada kantor yang ia pimpin. Oleh sebab itu ia dibantu dua stafnya, Julaimi, S. Pd dan Najaruddin untuk mempersiapkan diri dan administrasi serta hal terkait lainnya agar pelaksanaan penilaian dapat berjalan dengan baik.

Dalam kunjungannya Ansor Pohan bersama tim penilai  melakukan  koreksi administrasi pernikahan. Tidak terbatas dalam hal tersebut, tata kelola perkantoran yang baik seperti penempatan baliho dan pengumuman yang tertera dalam ruang kantor juga menjadi pusat perhatian.

Ansor Pohan dalam arahannya mengatakan bahwa salah satu yang menjadi sumber penentu dalam penilaian KUA teladan adalah bidang administrasi dan indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan KUA di bidang kebersihan, nikah, rujuk, wakaf dan kemasjidan. 

Di akhir kunjungan Ansor Pohan  memberikan pesan agar tertib adminitrasi pernikahan harus benar-benar di jalankan dengan baik. Pengetahuan dan kemampuan selaku Kepala kantor KUA juga ia perhatikan agar dapat memberikan contoh yang baik bagi KUA lainnya serta masyarakat.