KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Mengenang Masa Kecil, Plt. Kakankemenag Gelar Safari Ramadan di Kampung Halaman

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I mengisi bulan suci Ramadan dengan meningkatkan silaturahmi. Selain menjalani ibadah puasa, ia juga tidak lupa menggelar kegiatan safari ramadan di kampung halamannya yaitu di Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan, Sabtu 26 Mei 2018.

Mengenang Masa Kecil, Plt. Kakankemenag Gelar Safari Ramadan di Kampung Halaman

Kegiatan safari ramadan ini digelar oleh Ikatan Keluarga Besar Sei Kepayang (IKBSK) bertempat di Masjid Raya Kecamatan Sei Kepayang Kabutapen Asahan. 

Dalam kesempatan itu, selain bernostalgia dengan para sahabat di masa kecil, Plt. Kakankemenag beserta para rombongan juga melakukan sholat Isya dan Terawih berjemaah disana. Safari ramadan dihadiri pengurus IKBSK serta Camat Sei Kepayang.

Dalam kata sambutannya, Fakhri mengatakan bahwa kegiatan safari ramadan ini bertujuan untuk menjalin dan memperkuat tali silaturahmi dengan para sahabat, para tokoh masyarakat serta masyarakatnya karena saya lahir dan besar dilingkungan Sei Kepayang ini.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Sei Kepayang mengapresiasi kedatangan tim safari ramadan dari IKBSK ini. Kedatangan tim safari ramadan ini suatu kebanggan bagi kami warga Sei Kepayang karena orang-orang Sei Kepayang masih tidak melupakan kampung halamannya dan masih mau bersilaturahmi. 

“Semoga masyarakat Sei Kepayang dan Ikatan Keluarga Besar Sei Kepayang (IKBSK) selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu diberikan rezeki yang melimpah,” tambahnya dalam kata sambutan.

Penyelenggara Syariah Pimpin Doa Upacara Ziarah Makam Pahlawan

Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Abdullah Rahim, S. Ag memimpin doa upacara ziarah makam pahlawan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke 110 Tahun 2018 di Taman Makam Pahlawan Kota Tanjungbalai, Senin 21 Mei 2018.

Penyelenggara Syariah Pimpin Doa Upacara Ziarah Makam Pahlawan

Kapolres Kota Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, S.H, S.I.K bertindak sebagai Inspektur Upacara sedangkan Komandan Upacara Danramil 09/TB Kapten INF, Salam Rambe. Upacara yang berlangsung tertib dan khidmat dihadiri unsur FKPD dan SKPD.

Abdullah Rahim berdoa, Ya Allah limpahkan taufiq dan hidayahmu agar kami dapat menjadi pewaris yang mengemban amanat para pahlawan dan syuhada dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan.

Jadikanlah HARKITNAS tahun ini sebagai momentum untuk membangun sumber daya manusia dan memperkuat pondasi kebangkitan nasional Indonesia dalam era digital.

Ya Allah, bangkitkanlah semangat kerja kami untuk untuk mengukir makna kebangkitan nasional dengan mewujudkan kerja nyata, mandiri dan berkarakter serta berikanlah anugrah dan rahmat kepada para pemimpin bangsa dan negara kami agar mampu mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia.

HARKITNAS Sebagai Pembangkit Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

HARKITNAS sebagai pembangkit semanagat persatuan dan kesatuan bangsa. Demikian disampaikan Plt. Kakankemenag Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I saat memimpin doa pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 110 Tahun 2018 di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, Senin 21 Mei 2018.

HARKITNAS Sebagai Pembangkit Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Dalam doanya Plt. Kakankemenag Tanjungbalai menyampaikan, dalam peringatan 110 Tahun kebangkitan nasional ini, bangkitkanlah semangat persatuan dan kesatuan bangsa kami untuk dapat mengukur makna kebangkitan nasional dalam membangun Sumber Daya Manusia dengan memperkuat pondasi kebankitan nasional di era digital.

“Jadikanlah generasi muda kami menjadi generasi muda yang dapat mempergunakan teknologi digital secara bijak sehingga kami bisa menggunakannya untuk mewujudkan Indonesia mandiri dan berkarakter demi membangun negara yang lebih maju dan unggul untuk mengejar ketertinggalan bangsa kami,” ungkap dalam doanya.

Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 110 Tahun 2018 Walikota Tanjungbalai, M. Syahrial, SH. MH serta Komandan Upacara Iptu Robinson Saragih. Upacara dihadiri segenap pimpinan FKPD dan SKPD yang berlangsung dengan tertib dan khidmat.

ASN Kemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara Peringatan HARKITNAS Ke 110

Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menghadiri upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) Ke 110 Tahun 2018 di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, Senin 21 Mei 2018.

ASN Kemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara Peringatan HARKITNAS Ke 110

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Tanjungbalai, M. Syahrial, SH. MH sedangkan Komandan Upacara Iptu Robinson Saragih. Upacara dihadiri segenap pimpinan FKPD dan SKPD serta para Pegawai Negeri Sipil.

Walikota Tanjungbalai dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Komukasi dan Informatika RI, Rudiantara mengatakan dengan mengangkat tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital” harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha maupun masyarakat sendiri.

“Pengembangan kapsitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dan pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangkitan Indonesia,” tambahnya.

Diakhir sambutannya Menkominfo RI mengatakan, Selamat Hari Kebangkitan Nasional Ke 110. Mari kita maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia terutama generasi muda yang akan membawa kepada kejayaan di tahun-tahun mendatang. 

Program Ramadan Kemenag Tanjungbalai

Memasuki bulan suci Ramadan 1439 H, Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menjalankan programnya yaitu tausiah atau ceramah yang disampaikan oleh para penyuluh dilingkungan Kankemenag Kota Tanjungbalai setelah shalat dzuhur berjemaah.

Program Ramadan Kemenag Tanjungbalai

Para ASN melaksanakan shalat dzuhur berjemaah di Musholla Nurul Ihsan Kankemenag Tanjungbalai, Kamis 17 Mei 2018. Program tausiah ini dilaksanakan setiap Senin s/d Kamis selama bulan suci Ramadan.

Program tausiah ini bertujuan untuk mengingat serta mengulang kembali pemahaman tentang syariat-syariat Islam.

Tausiah pertama di buka oleh Ustaz Taufiq Azhar Marpaung, S. Pd. I. Isi tausiahnya menjelaskan bahwa kita selaku umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa hendaklah menjaga lisan dan perbuatan.

“Keislaman seseorang tidak akan sempurna hingga ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri. Hal itu tidak dapat diwujudkan kecuali kalau ia dapat menjaga lisan dan perbuatannya untuk tidak menyakiti muslim lainnya,” ungkapnya.

Momentum Ramadan ini menjadi momen yang tepat bagi kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan hal-hal yang postif. Jangan hanya bulan Ramadan namun di bulan-bulan lain pun kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Pembukaan MTQ Ke-50 Kota Tanjungbalai

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I menghadiri acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-50 tingkat Kota Tanjungbalai, Selasa 08 Mei 2018 di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Pembukaan MTQ Ke-50 Kota Tanjungbalai

Segenap pimpinan Forkopimda, Kepala OPD, perwakilan ASN, para peserta MTQ, organisasi kepemudaan, KNPI, TNI/Polri, Instansi Vertikal dan masyarakat Kota Tanjungbalai tampak hadir pada acara pembukaan MTQ tingkat Kota tersebut.

Walikota Tanjungbalai, M. Syahrial dalam arahan dan bimbingannya sekaligus membuka dengan resmi pergelaran MTQ, beliau menyampaikan dengan membaca Al-Qur’an manusia akan menjadi toleran baik dengan sesama maupun dengan alam sekitarnya maka keseimbangan kehidupan akan terjaga.

Walikota Tanjungbalai juga mengapresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah memeriahkan acara MTQ ini, baik yang mengikuti pawai Taaruf siang tadi maupun yang datang di lapangan malam ini. 

Syahrial berharap dengan adanya kegiatan MTQ ini dapat menangkal anak-anak generasi muda penerus bangsa khususnya Kota Tanjungbalai untuk tidak terjerumus ke dalam hal-hal atau kegiatan-kegiatan yang berbau negatif yang dapat membahayakan diri sendiri.

Dengan adanya MTQ ini, generasi muda kita menjadi generasi muda yang Qur’ani, yang mampu meningkatkan iman dan taqwanya, agar semakin baik untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan di era globalisasi seperti ini, di era reformasi yang sangat ketat saat ini. 

“Dengan ini lah kita harapkan dapat menjauhkan anak-anak kita dari kegiatan negatif seperti kenakalan remaja, tindak pidana, narkoba dan lain sebagainya. Itu yang kita harapkan mudah-mudahan menjadi pembinaan untuk anak kita,” ujarnya.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai : Jadikan Perpisahan Sebagai Awal Kesuksesan

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I menghadiri acara Khataman Al-Qur’an sekaligus perpisahan siswa-siswi MIN 2 Kelas VI Angkatan Ke-VII Tahun Pelajaran 2017/18 di halaman MIN 2 Jln. Pendidikan Pulau Simardan Kota Tanjungbalai, Selasa 08 Mei 2018.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai : Jadikan Perpisahan Sebagai Awal Kesuksesan

Acara perpisahan pun berlangsung meriah, nampak kegembiraan dan keceriaan serta keharuan para tamu undangan yang hadir melihat rangkaian tampilan acara yang menarik. Dimulai dari pembacaan ayat suci Al-Qur’an, tari persembahan, sambutan wali murid serta pidato singkat dari anak didik kelas V MIN 2.  

Kepala MIN 2, Nurbaiti MY, S. Ag dalam sambutannya mengatakan kepada seluruh siswa kelas VI untuk bisa meneruskan pendidikan yang berkelanjutan yakni melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah menamatkan pendidikan di MIN 2 ini dan jangan putus sampai disini.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan buat orang tua wali murid supaya lebih ditingkatkan lagi perhatian dalam masalah pendidikan anak-anak kita, karena pendidikan ini merupakan hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh seseorang dalam meraih kesuksesan di masa depan. “Jadikanlah perpisahan ini sebagai awal kesuksesan”, tambahnya.

Fakhri berharap kepada wali murid untuk 10 tahun kedepan mari kita siapkan tenaga, fikiran, dukungan, motifasi untuk anak kita agar mereka kelak menjadi generasi yang mampu membanggakan bangsa dan negara.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai Sambut Barisan Kemenag di Tribun Kehormatan

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I bersama FKPD Kota Tanjungbalai menyambut barisan Kemenag Tanjungbalai di tribun kehormatan dalam rangka pawai Taaruf yang diikuti oleh seluruh Instansi serta siswa-siswi sekolah negeri dan swasta dalam rangka memeriahkan acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-50 tingkat Kota Tanjungbalai, Selasa 08 Mei 2018.

Plt. Kakankemenag Tanjungbalai Sambut Barisan Kemenag di Tribun Kehormatan

Dimulai dari depan Masjid Raya dan berakhir di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah seluruh Instansi dan siswa-siswi turut antusias mengikuti pawai sampai akhir. Tidak terlihat para peserta pawai lari dari barisan walaupun dengan cuaca yang cukup panas.

Adapun thema yang diangkat pada MTQ Ke-50 Tahun 2018 ialah “Membentuk Masyarakat Tanjungbalai Yang Berjiwa Qur’an Agar Menjawab Tantangan Masa Depan”.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail mengatakan momen pawai Taaruf sebagai pembuka MTQ Ke-50 yang memiliki makna tersendiri yaitu melalui MTQ Ke-50 Kota Tanjungbalai mari kita perkuat pondasi nilai-nilai Al-Quran di dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat. 

“Mari niatkan pawai Taaruf untuk mensyiarkan kegiatan MTQ Ke-50 sekaligus menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan,” ujarnya.

Plt. Kakankemenag Hadiri Rapat Final Persiapan MTQ Ke-50

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Drs. H. Fakhri, M. Pd. I bersama Kasi Bimas Islam, Hamdan Harahap, S. Pd. I dan Koordinator Kepegawaian, Ralid Muslim Hasibuan, S. Pd. I menghadiri rapat final persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-50 tingkat Kota Tanjungbalai di Aula II Pemko Kota Tanjungbalai, Kamis 03 Mei 2018.

Plt. Kakankemenag Hadiri Rapat Final Persiapan MTQ Ke-50

Pelaksanaan MTQ Ke-50 tingkat Kota Tanjungbalai ini direncanakan berlangusung selama 4 hari, dari tanggal 08 s/d 11 Mei 2018 yang diadakan di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadysah Kota Tanjungbalai. Untuk itulah, guna mendukung kelancaran penyelenggaraan MTQ ini, Wakil Walikota Tanjungbalai, Drs. H. Ismail meminta kepada seluruh panitia pelaksana untuk kompak dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah di berikan dengan sebaiknya.

Dalam pelaksaan MTQ Ke-50 ini akan diawali dengan pawai ta’ruf yang akan dilaksanakan pada hari selasa tanggal 08 Mei 2018 mendatang dengan menampilkan para kontingen MTQ dari masing-masing kecamatan se Kota Tanjungbalai. 

Sekda Kota Tanjungbalai, Abdi Nusa meminta tahun ini pada pelaksanaan MTQ berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, harus lebih meriah, jadi masyarakat semakin tertarik untuk menyaksikannya, dan Kota kita ini diharapkan semakin banyak melahirkan para qari dan qariah yang mampu bersaing di tingkat Nasional maupun Internasional.