KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Kabid Urais & Binsyar Kanwil Kemenagsu Berikan Pembinaan Dijajaran Seksi Bimas Islam Kemenag Tanjungbalai

Kabid Urais & Pembinaan Syariah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Dahman Hasibuan beserta rombongan memberikan pembinaan dijajaran Seksi Bimas Islam Kemenag Tanjungbalai, Selasa 29 Agustus 2017 di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai.

Kabid Urais & Binsyar Kanwil Kemenagsu Berikan Pembinaan Dijajaran Seksi Bimas Islam Kemenag Tanjungbalai

Tampak hadir Kakankemenag Tanjungbalai, Kasubbag TU, Kepala Seksi, seluruh Kepala KUA Kecamatan beserta staf dan operatornya, P3N dan Penyuluh Agama Islam.

Sebelumnya Bidang Urais & Binsyar Kanwil Kemenagsu sudah melaksanakan monitoring dan evaluasi di seluruh KUA Kecamatan Kota Tanjungbalai.

Edi Munawar selaku tim monev menyampaikan bahwa administrasi di KUA Tanjungbalai sudah bagus namun ada perlu perbaikan diantaranya, papan data harus selalu update, data alur pelayanan nikah, SOP dan laporan pertanggungjawaban BOP.

“Saya salut dengan kepala KUA Kota Tanjungbalai bahwa setiap Catin memiliki surat keterangan kesehatan dari dokter, itu bagus sekali” ungkapnya. 

Kabid Urais & Binsyar dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa Kantor Urusan Agama yang masih berstatus menyewa dapat mengusulkan lahan yang sudah bersertifikat, yang ukurannya minimal 400 m2 kepada kami agar masuk menjadi anggaran perancanaan tahun 2018.

Dahman Hasibuan juga menyampaikan ucapan selamat purnabhakti kepada 3 ASN Kemenag Tanjungbalai yang dua diantaranya merupakan ASN dijajaran Bimas Islam.

Ia juga berharap para purnabhakti senantiasa dalam keadaan sehat dan bertambah amalnya agar dapat lebih dekat lagi kepada Allah SWT.

Kemenag Tanjungbalai Tepung Tawari Bagi ASN Yang Memasuki Masa Purnabhakti

Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mengadakan acara tepung tawar dan upah-upah bagi 3 orang ASN yang memasuki masa purnabhakti diantaranya Kasubbag TU, Amran, Staf KUA Kecamatan Datuk Bandar Timur, Salmiah dan Staf KUA Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Sofiah Abra yang diadakan di Musholla Nurul Ihsan Kemenag Tanjungbalai, Senin 28 Agustus 2017 dalam suasana yang haru bercampur sedih.

Kemenag Tanjungbalai Tepung Tawari Bagi ASN Yang Memasuki Masa Purnabhakti

Acara dihadiri para Kepala Seksi, Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah, Pengawas, Penyuluh Agama Islam dan para pegawai PNS serta Non PNS. 

Tepung tawar dan upah-upah diawali oleh Kakankemenag Tanjungbalai, Ahmad Lokot bersama Bendaharawan, Rahmawati Hasibuan kemudian dilanjutkan dari seksi masing-masing.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam kata sambutannya yang diwakili oleh Kasi Penmad, Fakhri menyampaikan kami semua akan selalu mendoakan Bapak dan Ibu yang memasuki masa purnabhakti agar diberikan Allah kesehatan dan semangat dalam menjalani aktifitas walaupun sudah tidak melakukan aktifitas bersama kami lagi. 

Fakhri juga berharap walaupun sudah  memasuki masa purnabhakti diharapkan juga bimbinganya dan juga pituah-pituahnya serta juga hubungan yang terjalin ini jangan sampai putus akan tetapi selalu kita eratkan baik itu diwaktu kerja maupun diluar waktu kerja.

Dalam kata sambutannya Amran menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan yang telah membuat acara ini dengan baik. Semoga acara yang dibuat ini kami jadikan sebagai semangat kami dalam menjalankan aktifitas kami nantinya.

Amran juga mengharapkan mari kita semua bersama-sama saling bahu membahu dalam membangun Kemenag Tanjungbalai menjadi lebih baik lagi untuk masa yang akan datang walaupun kita sudah tidak bersama lagi.

Seksi Bimas Islam Gelar Rapat Dengan Kepala KUA

Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Hamdan Harahap menggelar rapat menjelang kedatangan tim monitoring dan evaluasi bidang Urais dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumut di ruangan Seksi Bimas Islam, Rabu 23 Agusutus 2017.

Seksi Bimas Islam Gelar Rapat Dengan Kepala KUA

Tampak hadir seluruh Kepala KUA Kecamatan se-Kota Tanjungbalai beserta staf dan operator-operatornya.

Hamdan Harahap dalam arahan dan bimbingannya menyampikan bahwa dalam persiapan menjelang tim monev ini, setiap KUA harus mempersiapkan segala dokumen administrasi terkait dengan PNBP, BOP dan dokumen penting lainnya.

Ia juga mengharapkan pada kunjungan nanti tidak terdapat banyak temuan-temuan yang menyalahi aturan.

Untuk itu masing-masing KUA harus memeriksa ulang kembali kelengkapan dokumen peristiwa nikah sejak Januari s/d Juli serta merapikan inventaris sarana dan prasarana Kantor.

Upacara Peringatan HUT RI Ke-72 di Kota Tanjungbalai Berlangsung Khitmad dan Tertib

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 yang selalu kita peringati pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, seluruh ASN Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dengan antusias mengikuti pelaksanaan upacara tersebut yang digelar di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, Kamis 17 Agustus 2017. 

Upacara Peringatan HUT RI Ke-72 di Kota Tanjungbalai Berlangsung Khitmad dan Tertib

Walikota Tanjungbalai, M. Syahrial bertindak sebagai Insperktur Upacara sedangkan Komandan Upacara Lettu (INF) Bachtiar Barimbing dari Yonif 126/KC. Upacara berlangsung dengan khitmad dan tertib.

Hadir dalam upacara Forkopimda, Seluruh OPD, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, para Mahasiswa/i, Siswa/i SMA, SMP dan SD, ribuan masyarakat yang hadir menyaksikan upacara dan tak lupa para pejuang veteran pun turut hadir.

Tepat jam 10.00 WIB, Ketua DPRD Kota Tanjungbalai, Bambang Harianto Lobo membacakan detik-detik proklamasi yang pernah dibacakan sang Proklamator Republik Indonesia Soekarno pada 17 Agustus 1945 sebagai bentuk penegasan kemerdekaan Indonesia.

Pengibaran bendera sang saka merah putih yang dikibarkan oleh PASKIBRAKA putra/i terbaik Kota Tanjungbalai dari bebagai sekolah membentuk formasi kelajengking yang mana dapat diartikan seekor kelajengking memiliki kekuatan, ketangkasan dan berani dalam hal apapun.

Usai upacara pengibaran bendera, para peserta, tamu undangan dan masyarakat disuguhkan dengan beberapa atraksi marching band yang diperagarak dari berbagai sekklah yang semakin menambah kemeriahan pada HUT RI tahun ini.

Acara ini Kemudian dilanjutkan dengan pawai keliling kota dengan kendaraan hias, bersama seluruh peserta terdiri dari TNI, POLRI, PNS, Ormas, OKP, Pelajar dan berbagai elemen lainnya yang disaksikan ribuan masyarakat Kota Tanjungbalai. 

Tenaga Pendidik Harus Profesional, Tanggu dan Kreatif

Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Amran membuka secara resmi pembinaan guru bidang studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) tingkat dasar, menengah dan lanjutan tahun 2017 di Resto Raja Bahagia Jl. Arteri Kota Tanjungbalai, Sabtu 12 Agustus 2017.

Tenaga Pendidik Harus Profesional, Tanggu dan Kreatif

Pada laporan panitia Nurman menyampaikan bahwa peserta berjumlah 30 orang terdiri dari para tenaga pendidik tingkat dasar, menengah dan lanjutan PNS dan Non PNS. Adapun narasumber berjumlah 3 orang, berasar dari Sekolah Tinggi Theologi Nomensen Pematang Siantar 2 orang dan dari Kemenag Tanjungbalai 1 orang.

Dalam arahan dan bimbinggannya sekaligus membuka secara resmi Amran menyampaikan bahwa kita selaku para tenaga didik harus memberikan contoh yang baik bagi para generasi penerus bangsa. Yang utama tingkah laku, kerapian dan kesopanan.

Beliau mengharapkan ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar kita mendapatkan suatu ilmu pembelajaran yang berguna nantinya. 

Mari kita wujudkan tenaga pendidik yang profesional, tangguh dan kreatif, tegasnya.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Pelantikan PD DMI Kota Tanjungbalai Periode 2017-2022

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot bersama Kasubbag TU, Amran menghadiri pelantikan Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia Kota Tanjunngbalai periode 2017-2022 oleh Dewan Masjid Indonesia Provinsi Sumatera Utara, H. Soltar Nasution di Aula pendopo rumah dinas Kota Tanjungbalai, Rabu 09 Agustus 2017.

Kakankemenag Tanjungbalai Hadiri Pelantikan PD DMI Kota Tanjungbalai Periode 2017-2022

Tampak hadir pada acara tersebut Walikota Tanjungbalai, M. Syahrial, Wakil Walikota, Ismail, Ketua DMI Kota Tanjungbalai, Datmi Irwan, perwakilan DPRD Tanjungbalai, Kapolres, Ka. Lapas, Ka. Imigrasi, Ka. Bea dan Cukai, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para rombongan DMI Provsu dan tamu undangan yang berhadir.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan tausiah agama oleh Hasanuddin Sinaga yang merupakan imam tetap Masjid Istiqlal Jakarta.

Pada laporan panitia Fakhri yang merupakan Kasi Penmad Kemenag Tanjungbalai menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Walikota Tanjungbalai yang telah memfasilitsi terselenggaranya acara ini. 

“Terima kasih juga kepada Dewan Mukhtasar, Ketua DPRD dan semua pihak yang telah memberikan bantuan moril dan materil sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, kiranya semua ini Allah jadikan sebagai amal jariah dan amal sholih yang kelak Allah balas dengan pahala yang berlipat ganda”, tambahnya.

Dalam sambutannya Ketua Dewan Masjid Provinsi Sumatera Utara menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan pengukuhan kepengurusan tersebut diharapkan pengurus yang baru dilantik dapat memenuhi dan melaksanakan perintah yang telah diamanahkan dalam upaya menjaga, memakmurkan masjid dan dimakmurkan masjid.

“Sehingga, mereka  mampu untuk mengamalkan nilai – nilai akhlakul karimah dalam menjalankan tugas yang akan diemban nantinya” tegas Soltar Nasution.

Walikota Tanjungbalai dalam arahannya mengatakan Pemerintah Kota Tanjungbalai mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia Kota Tanjungbalai. Semoga pelantikan ini membawa iklim baru kearah perubahan yang lebih baik lagi, serta dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya.

Walikota juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Tanjungbalai akan memberikan bantuan kepada Masjid dan Mushola yang ada di Tanjungbalai serta akan membangun masjid agung bernama “Syekh Abdul Wahab Rokan” di Tanjungbalai.

Usai acara pelantikan dilanjutkan dengan pemberian santunan berupa sembako dan uang kepada 60 anak yatim dari 6 kecamatan di Tanjungbalai dan juga dilakukan acara adat khas budaya melayu yakni upah-upah dan tepung tawar kepada Walikota Tanjungbalai dan istri Ny. Sri Silvia Novita, yang akan berangkat melaksanakan ibadah haji tanggal 23 agustus tahun ini.

Penutupan TMMD Ke-99 KODAM I/BB, Masyarakat Kota Tanjungbalai Melimpah Ruah

Puluhan ribu masyarakat Kota Tanjungbalai melimpah ruah pada upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-99 TA. 2017 di wilayah KODAM I/ Bukit Barisan yang bertajuk “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI”, Rabu 02 Agustus 2017 di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai.

Penutupan TMMD Ke-99 KODAM I/BB, Masyarakat Kota Tanjungbalai Melimpah Ruah

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad)  Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Hadir pada acara tersebut Walikota Tanjungbalai, M. Syahrial, Kakankemenag Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot, Kapoldasu, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Wagubsu Dr. Nurhajizah Marpaung, Bupati Asahan, Danjen Kopasus, Kasdam I/BB, , Kapolres Asahan,Tanjungbalai, Batubara, para kepala SKPD Kota Tanjungbalai,  para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta ribuan masyarakat Kota Tanjungbalai.

Dalam amanat upacara penutupan TMMD Ke-99 yang dibacakan Pangkostrad, Kasad Jenderal TNI Mulyono menyampaikan selama satu bulan terhitung tanggal 4 Juli 2017 sampai 2 Agustus 2017, para prajurit, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat bahu membahu menyelesaikan program TMMD Ke-99. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan Bangsa dan Negara pada saat ini, untuk membangun daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara.

Walikota Tanjungbalai dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah membantu pemerintah dan masyarakat khususnya kota Tanjungbalai untuk pemerataan pembangunan hingga ke desa. "Kegiatan ini menjadi semangat bagi masyarakat khususnya masyarakat kota Tanjungbalai untuk bersama-sama dengan TNI membangun daerah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," kata Syahrial.

Usai upacara dilanjutkan dengan acara tambahan berupa kuda kepang, drumband, tari nusantara bersatu, tari tao toba nauli, tari melayu dan tak kalah menarik yaitu aksi terjun payung dan panggung hiburan yang diisi oleh artis Ibu Kota