KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

Walikota Lepas Keberangkatan Calhaj Kota Tanjungbalai

Pemko Kota Tanjungbalai, Kemenag, Tokoh Masyarakat, FKPD dan masyarakat yang hadir melepas  87 jamaah calon haji yang siap berangkat ke tanah suci Makkah pada kloter 2 Embarkasi Medan di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, Jumat 28 Juli 2017.

Walikota Lepas Keberangkatan Calhaj Kota Tanjungbalai

Labbaik allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka walmulk laa syarika lak terus dikumandangkan sebelum keberangkatan tiba. 

Kakankemenag Kota Tanjungbalai dalam laporan pelepasan calon jamaah haji yang di wakili Kasubbag TU, Amran menyampaikan bahwa Kota Tanjungbalai tergabung dalam kloter 2 bersama dengan jamaah Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi.

Jamaah calon haji Kota Tanjungbalai sebanyak 87 orang terdiri dari laki-laki 34 orang dan perempuan 53 orang. Adapun yang meninggal dunia 1 orang A/N.Hafnah binti M. Zen Sinambela, menunda keberangkatan 1 orang A/N. Sari Bulan binti Abdul Manaf, usia termuda 35 tahun A/N. Elvina binti Hasanuddin Nasution dan usia tertua 82 tahun A/N. Mainurhamah binti Abdullah, ungkapnya.

Walikota Tanjungbalai, Syahrial dalam arahan dan bimbingannya sekaligus melepas jamaah calon haji menyampaikan bahwa TPHD, Karom juga Karu yang terpilih agar membantu dan mendampingi jamaah kita saat menunaikan ibadah haji. 

Syahrial mengharapkan para jamaah calon haji ikhlas dalam menjalankan ibadah agar tercipta haji yang mabrur. Kami do’akan semoga jamaah calon haji Kota Tanjungbalai selalu sehat dan fit dalam menunaikan ibadah haji dan juga selamat pergi dan selamat pulang ke tanah air.


Kakanwil Kemenagsu Kukuhkan POKJALUH Untuk Tiga Kemenag Kab/Kota

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Tohar Bayoangin mengukuhkan Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) untuk tiga Kemenag Kab/Kota diantaranya, Kemenag Kabupaten Asahan, Kemenag Kabupaten Batubara dan Kemenag Kota Tanjungbalai yang digelar di Nada Resto Kisaran, Selasa 25 Juli 2017.

Kakanwil Kemenagsu Kukuhkan POKJALUH Untuk Tiga Kemenag Kab/Kota

Acara tersebut dihadiri Kabid Penais Zakat Wakaf Kanwil Kemenagsu, Jaharuddin, Kakankemenag Kab. Asahan, Hayatsyah, Kakankemenag Kab. Batubara yang diwakili Kasubbag TU beserta rombongan, Kakankemenag Tanjungbalai diwakili Kasubbag TU serta rombongan, enam puluh Penyuluh Agama Islam yang tergabung dalam POKJALUH tiga Kemenag Kab/Kota dan beberapa ASN Kemenag Asahan.

Kakanwil Kemenagsu pada arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa POKJALUH yang telah dikukuhkan dan disumpah agar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang penyuluh sesuai dengan Keputusan Menteri Agama nomor 516 tahun 2003 melakukan dan mengembangkan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama dan pembangunan melalui bahasa agama kepada masyarakat.  

Beliau juga berharap para penyuluh harus bekerja dengan ikhlas, amanah, tanggungjawab dan disiplin. Karena mengingat beratnya tugas seorang penyuluh agama Islam yang selalu berhadapan dengan suatu kondisi masyarakat yang berubah dengan cepat. 

“Sebagai seorang penyuluh harus selalu menjaga penampilan, karena dengan menjaga penampilan orang-orang akan melihat seorang penyuluh sebagai pribadi yang baik dan patut untuk di contoh,” ungkapnya.

Setelah pengukuhan POKJALUH pada tiga Kemenag Kab/Kota, acara dilanjutkan dengan upah-upah Kakanwil Kemenagsu dan Kabid Penais ZaWa Kemenagsu yang akan berangkat ke tanah suci Makkah yang dilakukan oleh Kemenag Asahan, Batubara dan Tanjungbalai.

Seksi Bimas Islam Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Monitoring ke KUA Kecamatan

Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Hamdan Harahap beserta stafnya melaksanakan monitoring ke Kantor KUA Kecamatan Tanjungbalai Selatan dan KUA Kecamatan Datuk Bandar Timur, Rabu 19 Juli 2017.

Seksi Bimas Islam Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Monitoring ke KUA Kecamatan

Sebelumnya telah dilakukan monitoring di empat KUA Kecamatan lainnya, diantaranya KUA Kec. Tanjungbalai Utara, KUA Kec. Teluk Nibung, KUA Kec. Datuk Bandar dan KUA Kec. Sei Tualang Raso.

Kedatangan tim monitoring disambut positif oleh Ka. KUA Kecamatan. Dengan adanya monitoring Triwulan ini bisa lebih profesional dalam pengadministrasian dan pelayanan kepada masyarakat, tutur Ka. KUA Kecamatan Datuk Bandar Timur.

Dalam melaksanakan monitoring di enam KUA Kecamatan, Kasi Bimas Islam menyampaikan kepada ASN yang bertugas di Kantor KUA harus mengadministrasikan dokumen-dokumen KUA dengan rapi dan tersusun, karena dokumen pernikahan yang ada di Kantor KUA merupakan dokumen negara yang harus jelas, lengkap, dan disimpan pada tempat yang aman.

“Selanjutnya peningkatan pelayanan kepada masyarakat harus lebih efisien dan prima juga terhindar dari yang namanya praktek PUNGLI,” ungkapnya.

Kemenag Tanjungbalai Adakan Acara Tepung Tawar Bagi Calon Jamaah Haji

Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai mengadakan acara tepung tawar dan upah-upah bagi ASN jamaah calon haji dilingkungan Kemenag Tanjungbalai, Selasa 18 Juli 2017 di Musholla Nurul Ihsan Kemenag Kota Tanjungbalai.

Kemenag Tanjungbalai Adakan Acara Tepung Tawar Bagi Calon Jamaah Haji

Adapun ASN yang di upah-upah antara lain, Kasi Haji & Umroh, Ahmad Zais, Kepala MIN 3 Yulita, guru Al-Washliyah Gading, M. Yusuf dan guru MIN 2, Delima Suri.

Mengawali tepung tawar dan upah-upah yaitu Kakankemenag Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot beserta Istri dan Kasubbag TU, Amran serta Istri.

Selanjutnya pada kata sambutan, Ahmad Lokot menyampaikan bahwa acara yang kita buat ini ialah suatu bentuk do’a dan dukungan bagi calon jamaah haji yang berangkat ke tanah suci Makkah. Acara seperti ini perlu dilakukan bukan hanya menjadi do’a kita melainkan untuk memperkuat tali silaturahmi diantara kita, baik padajam kerja maupun diluar jam kerja.

M. Yusuf selaku mewakili jamaah calon haji yang di upah-upah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas do’a dan dukungan oleh seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai.

"Semoga doa dan dukungan ini kami jadikan semangat dalam melaksanakan proses ibadah haji juga kami doakan semoga ASN dilingkungan Kemenag Tanjungbalai yang mengupah-upah tahun ini akan di upah-upah tahun depan sebagai tamu Allah SWT. Semoga acara ini diberkahi oleh Allah SWT dan proses melaksanakan ibadah haji berjalan dengan baik", ujarnya.

KakanKemenag Tanjungbalai dan Penyelenggara Syariah Adakan Pembinaan PPAIW

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot dan Penyelenggara Syariah, Abdullah Rahim mengadakan pembinaan Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) di Kantor KUA Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai, Selasa 18 Juli 2017.

KakanKemenag Tanjungbalai dan Penyelenggara Syariah Adakan Pembinaan PPAIW

Kakankemenag Tanjungbalai dalam bimbingannya mengatakan agar PPAIW dapat melaksanakan tugas berdasarkan UU No. 41 Tahun 2004 tentang wakaf. Dia menyebutkan Kepala KUA Kecamatan adalah pejabat yan diberikan tugas dan wewenang yang sah menurut hukum untuk menerbitkan Akta Ikrar Wakaf (AIW).

Ahmad Lokot berharap PPAIW harus teliti dan cermat dalam memeriksa kelengkapan berkas dan keadaan fisik benda yang akan di ikrar wakafkan. Diharapkan juga PPAIW dapat bekerja sama dengan BWI, BPN, HIMNI dan najir agar dapat mengelola wakaf secara maksimal.

Kakankemenag Tanjungbalai : Persiapkan Diri Sebelum Berhaji

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot bersama Kasubbag TU, Amran dan Kasi Haji & Umroh, Ahmad Zais menggelar bimbingan manasik haji, Selasa 18 Juli 2017 dengan 88 Jamaah Calon Haji Kota Tanjungbalai di Aula Pendopo Rumah Dinas Kota Tanjungbalai.

Kakankemenag Tanjungbalai : Persiapkan Diri Sebelum Berhaji

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan keberangkatan Jamaah Calon Haji Kota Tanjungbalai tinggal menghitung hari, dipastikan berangkat pada hari Jumat 28 Juli 2017. Mari persiapkan diri kita mulai sekarang, baik itu kesehatan maupun perlengkapan yang ingin dibawa, jangan sampai ada yang tertinggal.

Saya mengharapkan kepada Jamaah Calon Haji beribadahlah dengan ihklas agar mendapat ridho dari Allah, jangan ada yang bertengkar ataupun gundah sesampai disana. Rasa iri, dengki, dendam maupun hal-hal lain mulailah dihilangkan dari sekarang agar menjadi haji yang mabrur suatu saat nanti. Selalu istikhfar dan meminta ampun kepada Allah.

Kami do’a kan semoga Jamaah Calon Haji Kota Tanjungbalai diberi keselamatan baik dalam perjalanan maupun saat beribadah serta diberi kesehatan sampai keberangkatan tiba. Ucapnya.

Jadilah Haji yang Mabrur Sepanjang Hayat

Jamaah Calon Haji asal Kota Tanjungbalai sebanyak 88 orang ditepung tawari oleh Walikota Tanjungbalai, M. Syahrial dan Wakil Walikota Tanjungbalai, Ismail di Aula Pendopo Rumah Dinas Pemko Kota Tanjungbalai, Senin 17 Juli 2017.

Jadilah Haji yang Mabrur Sepanjang Hayat

Hadir pada acara tersebut Kakankemenag Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot, Kasubbag TU Kankemenag Kota Tanjungbalai, Amran, Kasi Haji & Umroh Kankemenag Kota Tanjungbalai, Ahmad Zais, Ketua IPHI Kota Tanjungbalai, Maralelo Siregar, Ketua IPHI Provsu, Ahmad Husein, Katua MUI Kota Tanjungbalai, Syahron Sirait, Forkopimda Tanjungbalai, Camat se-Kota Tanjungbalai serta tamu undangan yang berhadir.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Muhammad Fadli.

Pada laporan panitia Kasubbag TU menerangkan bahwa Tanjungbalai tergolong dalam kelompok terbang (keloter) 2, tergabung dengan petugas sebanyak 5 orang, Kab. Serdang Bedagai sebanyak 192 orang, Kota Tebing Tinggi sebanyak 107 orang, Kota Tanjungbalai sebanyak 88 orang, perorangan 1 orang, maka total keseluruhan berjumlah 393 orang.

M. Syahrial dalam sambutannya mengatakan akan meningkatkan  kualitas dan hak hak pembimbing haji di Kota Tanjungbalai, dan jika diberi kesempatan dan kemudahan akan berangkat haji pada tahun ini. Imbuhnya.

Beliau mengharapkan para jamaah haji ikhlas dalam menjalankan ibadah agar tercipta haji yang mabrur sepanjang hayat.

ASN Kemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara Peringatan HANI Tahun 2017

Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kota Tanjungbalai menghadiri upacara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2017 yang digelar di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, Kamis 13 Juli 2017.

ASN Kemenag Tanjungbalai Hadiri Upacara Peringatan HANI Tahun 2017

Tampak hadir pada upacara Walikota Tanjungbalai yang diwakili Wakil Walikota Tanjungbalai, Sekretaris Daerah, Katua DPRD, Kapala BNN, unsur TNI dan beberapa siswa/i yang merupakan pelajar dari tingkat SMP dan SMA.

Wakil Walikota dalam amanatnya membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan kejahatan narkotika sebagai kejahatan yang luar biasa, terorganisir dan bersifat lintas negara telah mengarah terjadinya beberapa kejahatan lainnya seperti, terorisme, perdagangan orang dll. Yang harus diatasi dengan serius.

Tantangan saat ini adalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang sangat memprihatinkan karena  menyasar diseluruh lapisan masyarakat mulai dari dewasa sampai dengan anak-anak, dari kota sampai dengan pelosok desa sehingga menjadi ancaman serius terhadap kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Dibutuhkan dukungan kerjasama yang baik dari unsur pemerintah dan masyarakat untuk memerangi kejahatan narkotika dan peredaran gelap narkotika dilingkungan tempat tinggal.

Presiden RI menyampikan semoga puncak Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2017 yang mengusung tema “Peran Aktif dan Pendayagunaan Seluruh Komponen dan Potensi Bangsa dalam Menghadapi Keadaan Darurat Narkoba Menuju Indonesia yang Sehat” bisa kita jadikan momentum untuk melakukan aksi bersama membebaskan bangsa ini dari penyalahgunaan  dan peredaran gelap narkotika.

Indahnya Halal Bi Halal Tanda Kebersamaan

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan Halal Bi Halal dikediaman Rahmawati Hasibuan yang merupakan Bendaharawan Kankemenag Tanjungbalai, Selasa 11 Juli 2017.

Indahnya Halal Bi Halal Tanda Kebersamaan

Turut hadir Kakankemenag Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot, Kasubbag Tu, Kepala Seksi, Kepala KUA Kecamatan, Pengawas, Penyuluh, dan seluruh sfat Kemenag Tanjungbalai. Hadir pula beberapa ASN Pemko Tanjungbalai.

Rahmawati Hasibuan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai dan ASN Pemko Tanjungbalai yang telah sudi meluangkan waktu untuk hadir dan mempererat tali silaturahmi antar sesama ASN Kemenag Tanjungbalai maupun dengan ASN Pemko Tanjungbalai.

Dengan kita selalu memperkuat tali silaturahmi dan mudah untuk memaafkan, tidak menutup kemungkinan kita mendapatkan kerabat kerja yang baik, teman yang baik serta kemurahan hati karena mudah untuk memaafkan. Jangan ada dusta diantara kita. Tuturnya. 

Beliau berharap kebersamaan ini akan terus terjalin baik dalam waktu jam kerja maupun diluar jam kerja.

Selesai menyantap makanan dan berbincang-bincang antar sesama ASN, Halal Bi Halal diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ketua POKJALUH, Asyura.

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Narasumber Manasik Haji Tingkat Kecamatan

Bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan Se-Kota Tanjungbalai bagi jamaah calon haji tahun 1438 H / 2017 M yang dilaksanakan, Selasa 04 Juli 2017 bertempat di Aula IPHI Kota Tanjungbalai.

Kakankemenag Tanjungbalai Jadi Narasumber Manasik Haji Tingkat Kecamatan

Bimbingan manasik haji dibuka secara langsung oleh Camat Datuk Bandar yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Camat Datuk Bandar. Hadir pada acara tersebut Ketua MUI Kecamatan Datuk Bandar, seluruh Kepala KUA Kecamatan serta 86 orang jamaah calon haji.

Kakankemenag Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot sebagai narasumber menyampaikan materi mengenai kebijakan pemerintah tentang perhajian. Dalam paparannya menyampaikan bahwa pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan dibidang administrasi dokumen, bimbingan jamaah, transportasi, kesehatan, akomodasi, keamanan dan perlindungan serta berupaya mengedepankan kepentingan jamaah dan sahnya ibadah haji.

Jaga Kesehatan Sebelum Berangkat Haji

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot bersama Kasubbag TU, Amran serta Kasi Haji & Umroh, Ahmad Zais menghadiri manasik haji gabungan Kecamatan Se-Kota Tanjungbalai bagi jamaah calon haji tahun 1438 H / 2017 M yang diadakan di Aula IPHI Kota Tanjungbalai. Selasa 04 Juli 2017.

Jaga Kesehatan Sebelum Berangkat Haji

Hadir pula Sekretaris Camat sebagai mewakili Camat Datuk Bandar, Tuti, Ketua MUI Kecamatan Datuk Bandar, Sonaan As’Ari, Kepala KUA Kecamatan Se-Kota Tanjungbalai dan calon jemaah haji yang berjumlah 86 orang.

Dalam arahan dan bimbinggannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan manasik haji tahun tahun 1438 H / 2017 M, Tuti menyampaikan bahwa kita sebagai umat muslim diwajibkan melaksanakan rukun Islam yang ke lima yaitu menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Berterima kasihlah kepada seluruh panitia penyelenggara karena kegiatan ini merupakan suatu ilmu dan bekal yang bermanfaat untuk para calon jemaah haji. 

Beliau mengharapkan ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh karena ini adalah suatu ilmu yang sangat bermanfaat dan sangat penting bagi calon jamaah haji nantinya dalam proses menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah.

Tuti juga menyarankan jagalah kesehatan sejak dini sebelum berhaji,  mulai biasakan latihan gerak jalan pagi dan sore agar fisik dan mental selalu kuat dan terjaga, karena kita disana dituntut untuk selalu bergerak. Jangan lupa makan makanan yang berasupan nutrisi tinggi seperti 4 sehat 5 sempurna. 

Semoga calon jemaah haji dari Kota Tanjungbalai selamat berangkat dan selamat juga pulang ketanah air semoga kelak menjadi haji yang mambur dan haji yang di ridhoi Allah SWT.

Suasana Apel Pagi Usai Libur Panjang Lebaran di Kemenag Tanjungbalai

Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan apel pagi hari pertama masuk kerja usai libur panjang lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Senin 03 Juli 2017 di halaman Kemenag Kota Tanjungbalai. Terlihat raut wajah seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai yang gembira usai liburan maupun berkumpul dengan keluarga ataupun saudara.

Suasana Apel Pagi Usai Libur Panjang Lebaran di Kemenag Tanjungbalai

Yang menjadi pembina apel Kapala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap dengan Komandan Ketua POKJALUH, Asyura berjalan dengan khitmad dan tenang.

Pada arahannya dan bimbingannya pembina apel menyampaikan Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai dimana ada kata maupun tutur sapa yang kurang baik dalam setahun belakangan ini.

Sesuai dengan Surat Edaran Kakanwil Kemenagsu, Nomor : 3406 Tahun 2017 tentang “Himbauan Tidak Memberikan Cuti Tahunan Pegawai Negeri Sipil Dilingkungan Kementerian Agama Sebelum dan Sesudah Cuti Bersama Idul Fitri 1 Syawal 1438 H”, Hamdan Harahap megharapkan kepada seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai untuk tidak melakukan cuti, karena cuti tahun ini cukup lama dan cukup panjang. Mari kita bekerja dengan tidak melupakan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama. Tambahnya.

Apel pagi diakhiri dengan salam-salaman dan bermaaf-maafan dengan seluruh ASN Kemenag Tanjungbalai.