KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGBALAI

Ber-akhlakul Karimah Serta Ber-fastabiqul Khairat.

MUI Undang Kemenag Tanjungbalai Buka Puasa Bersama

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot bersama Kasubbag TU, Kepala Seksi, Penyelenggara Syariah, Kepala KUA, Kepala Madrasah serta beberapa ASN Kemenag Tanjungbalai menghadiri undangan buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tanjungbalai bertempat di gedung MUI Tanjungbalai, Rabu 21 Juni 2017.

MUI Undang Kemenag Tanjungbalai Buka Puasa Bersama

Hadir juga mewakili Walikota Tanjungbalai, Sekretaris Daerah, Abdi Nusa, yang mewakili Kapolres, Dandim 0208/AS, Ketua KNPI, Alim Ulama serta seluruh Ormas Islam seKota Tanjungbalai.

Ketua MUI Kota Tanjungbalai, Syahron Sirait dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang berhadir karena acara ini dibuat tidak lain tidak bukan untuk memperkuat tali silaturahmi bagi kita semua.

Ia juga berharap dibulan yang baik ini mari kita sucikan hati menuju yang fitri karena tidak lama lagi Ramadhan akan meninggalkan kita. Mari introfeksi diri apakah kita dapat bertemu dengan Ramadhan tahun depan atau tidak. Dengan ini saya mengajak kita semua untuk meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT untuk bekal dihari esok. 

Pada kesempatan yang sama Sekda Kota Tanjungbalai dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembentukan acara ini. Saya yakin dengan ini kita semua makin memperkokoh tali silaturahmi baik itu seluruh Instansi Pemerintah  juga masyarakat Kota Tanjungbalai. Saya mengucapkan Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Usai tausiah dari Ustadz Syahlan Sitorus menjelang berbuka dilanjutkan dengan Sholat Magrib berjemaah dan makan bersama. 

Hal-hal yang Harus Dilakukan Agar Amal Ibadah Diterima Allah

Rombongan Safari Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dihari kedua Kamis 15 Juni 2017 di Musholla Al-Ikhlas Kecamatan Tanjungbalai Selatan disambut hangat oleh para jemaah dan pengurus Musholla. 

Hal-hal yang Harus Dilakukan Agar Amal Ibadah Diterima Allah

Musholla Al-Ikhlas diisi oleh penceramah Ustadz Miswardi yang salah satu Penyuluh Agama Islam didampingi Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam, Kasi Haji, Ka KUA Kecamatan Tanjungbalai Selatan dan Kepala Madrasah.

Miswardi dalam ceramahnya memaparkan beberapa hal yang harus dilakukan agar amal ibadah kita diterima Allah SWT selain ikhlas. 

Pertama tidak boleh mengulangi kesalahan setelah berbuat ketaatan, kedua cinta kepada amar ma’ruf dan benci kepada kemungkaran atau kemaksiatan, ketiga takut amal ibadahnya tidak diterima Allah dan penuh harap agar diterima Allah dan yang terakhir mendapatkan taufik Allah setelah melakukan ketaatan. Artinyan ketaatan semakin bertambah-tambah. 

Diakhir ceramahnya Miswardi menyampikan terima kasih kepada BKM Musholla Al-Ikhlas dan para jemaah telah menyambut rombongan tim safari ramadhan ini dengan baik. 

Lakukan 3 Hal Ini Untuk Mendapatkan Ampunan Allah SWT

Puasa Ramadhan yang ke 19 Tahun 1438 H, Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan Safari Ramadhan yang pertama di Masjid Suhada Jln. P. Simardan Kecamatan Datuk Bandar Timur dan Masjid Ar-Ridho Jln. H. M. Nur Kecamatan Datuk Bandar, Rabu 14 Juni 2017.

Lakukan 3 Hal Ini Untuk Mendapatkan Ampunan Allah SWT

Penceramah  pertama pada Masjid Syuhada diisi oleh Penyuluh Agama Islam, Ustadz Muslim yang didampingi Kasi Penmad, Penyelenggara Syariah, Ka. KUA Kecamatan Datuk Bandar Timur, Pengawas dan Kepala Madrasah. Penceramah di Masjid Ar-Ridho diisi oleh  Ketua POKJALUH, Asyura didampingi oleh Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam, Kasi Haji, Ka. KUA Kecamatan Datuk Bandar dan Kepala Masrasah.

Topik caramah yang diangkat mengenai “Tiga Hal Untuk Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT”. Muslim menyampaikan point pertama kita harus memperbanyak istiqhfar kepada Allah SWT, kedua bersedekah atau berinfak dengan ikhlas dan yang ketiga memaafkan kesalahan orang lain.

Ketiga point itu jangan sampai ada yang tertinggal, jika tertinggal usaha kita mendapatkan ampunan dari Allah jadi sia-sia. Walaupun kita banyak berisqhfar tapi kita pelit dan tidak mau memafkan kesalahan orang lain itu sama saja, Allah tidak suka. Ujarnya.

Diakhir ceramahnya Muslim mengajak para jemaah mari kita perbaiki diri dari sekarang, dimulai dari hal-hal kecil dengan melakukan 3 hal itu, mudah-mudahan Allah bakal mengampuni dosa kita dan orang-orang terdekat bakal sayang dan senang pada kita.

BKM Masjid Syuhada dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada rombongan Safari Ramadhan dari Kemenag Tanjungbalai, dengan ini para jamaah kami baik yang didalam maupun diluar Masjid mendapatkan suatu pembelajaran yang penting. Kami doakan para rombongan safari ramadhan ini juga bakal mendapat ampunan dari Allah SWT. Tambahnya.

Kemenag Tanjungbalai Bentuk Tim Safari Ramadhan 1438 H

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot mengadakan rapat pembentukan tim Safari Ramadhan 1438 H / 2017 M dengan Kepala Seksi, Ka. KUA Kecamatan, Ketua MUI, Ketua POKJALUH dan para Penyuluh Agama Islam di ruang kerja Kakankemenag Tanjungbalai, Senin 12 Juni 2017.

Kemenag Tanjungbalai Bentuk Tim Safari Ramadhan 1438 H

Pelaksanaan safari Ramadhan ini diadakan dengan 2 tim, dimana masing-masing dari tim ini akan mengunjungi tempat-tempat yang sudah ditentukan di 6 Kecamatan se Kota Tanjungbalai. jadwal pelaksanaan dimulai pada tanggal 14 Juni – 16 Juni 2017.

Kakankemenag Tanjungbalai berharap semoga Safari Ramadhan tahun ini berjalan dengan baik dan lancar juga bagi para petugas yang sudah ditentukan agar menjalankan tugas dengan ikhlas, karena di bulan yang penuh berkah ini kita senantiasa mengharapkan ridho dan barokah dari Allah SWT. Tambahnya.

Adapun pencaramahnya terdiri dari Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai

Buka Puasa Bersama Dengan Gubernur Sumatera Utara

Puasa Ramadhan yang ke 14 Tahun 1438 H, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot menghadiri acara buka puasa bersama yang diadakan oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai yang bertajuk “Safari Ramadhan  Bersama Gubernur Sumatera Utara”  di Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai, Jumat 09 Juni 2017.

Buka Puasa Bersama Dengan Gubernur Sumatera Utara

Acara buka puasa bersama tersebut dihadiri oleh seluruh Instansi Pemerintah Kota Tanjungbalai, Ormas Islam, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan yang berhadir. Tidak kalah menarik Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Istri serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provsu juga hadir.

Sajian menu utama berbuka puasa menghiasi meja tamu undangan tidak lain menu khas Kota Tanjungbalai. Sebelum berbuka puasa Ustadz Samin Pane dalam tausiahnya mengatakan kita selaku umat muslim pada bulan suci Ramadhan ini harus mampu menahan segala bentuk nafsu agar dalam bulan yang suci ini kita tergolong orang-orang yang mendapat predikat umat yang taat, beriman dan mudah-mudahan dimasukkan kedalam surganya Allah SWT.

Buka Puasa Bersama Dengan Gubernur Sumatera Utara

Pada kesempatan ini Gubsu dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Pemerintah Kota beserta jajarannya telah menyambut kedatangan kami dan telah mempersipkan ini semua, tidak lain tidak bukan  dilakukan guna menjalin hubungan silaturahmi antara jajaran Pemprov Sumut dengan Pemko Tanjungbalai beserta jajarannya dan masyarakatnya.

Gubsu juga mengatakan, Kota Tanjungbalai akan menjadi salah satu destinasi wisata terpenting untuk menjadi andalan di Sumatera Utara dalam menyumbangkan wisatawan mancanegara (wisman) karena Tanjungbalai adalah salah satu pintu gerbang masuknya wisatawan asing di Sumatera Utara setelah Bandara Internasional Kuala Namu dan Pelabuhan Belawan. Hal tersebut ditegaskannya untuk memenuhi target Pemprovsu, yakni target kunjungan satu juta wisatawan asing ke Sumatera Utara pada tahun 2019. Tidak ada kata lain Kota Tanjungbalai menjadi andalan bagi Sumut untuk menjadi pintu masuk wisatawan asing.

Buka Puasa Bersama Dengan Gubernur Sumatera Utara

Setalah buka puasa bersama dan berbagai acara telah dilaksakan, Gubsu serta rombongan dan Pemko beserta jajarannya menunaikan Sholat Isya dan Tarawih berjamaah di Mushollah Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai

Kemenag Tanjungbalai Gelar Rapat Pembubaran Panitia MTQN Ke 49

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot bersama Kepala Seksi Bimas Islam, Hamdan Harahap dan Kepala KUA Kecamatan Datuk Bandar Timur, Zulkarnaen memimpin rapat pembubaran panitia MTQ Nasional Ke 49 Kota Tanjungbalai di Aula Kemenag Tanjungbalai. Jumat 02 Juni 2017.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Rapat Pembubaran Panitia MTQN Ke 49

Kakankemenag Tanjungbalai dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerjasama kita semua yang dilandasi dengan keikhlasan dan kebersamaan. 

“Terbukti dari 17 pameran stand yang ada, stand Kemenag Tanjungbalai meraih gelar Juara I pada kompetensi penilaian stand pameran terbaik tingkat Kota Tanjungbalai dan mendapat apresiasi dari Walikota Tanjungbalai”. Ungkapnya.

Ahmad Lokot berharap marilah kita bangun kebersamaan baik dalam bekerja maupun dalam berkomunikasi dan terus kita jaga agar segala sesuatu yang berhubungan dengan Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari Kamis 01 Juni 2017 di halaman Kemenag Tanjungbalai yang dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Kemenag Tanjungbalai Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasubbag TU, Amran dan Komandan Upacara Mulyadi serta dihadiri Kepala Seksi, Kepala Madrasah, Kepala KUA dan ASN Kemenag juga Honorer sebagai peserta, upacara berlangsung dengan khitmad dan tenang.

Dalam upacara itu teks Pancasila turut dibacakan. Pancasila dibacakan oleh Inpektur Upacara. Dilanjutkan pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh petugas Taufikurahman dan pembacaan Kepres No 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila oleh Darul Aman selaku petugas.

Kasubbag TU membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga pancasila. 

Namun demikian, kita harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti berindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan  gerakan-gerakan yang Anti-Pancasila, Anti-UUD 1945, Anti-NKRI, Anti-Bhinneka Tunggal Ika. Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di muka bumi Indonesia. Ungkapnya.

Presiden RI menyampaikan, jaga perdamaian, jaga persatuan,dan jaga persaudaraan diantara kita. Mari saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong untuk kemajuan Indonesia.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Rapat Jelang Hari Kelahiran Pancasila

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, Ahmad Lokot bersama Kasubbag TU, Amran memimpin rapat persiapan menjelang Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di ruang kerja Kakankemenag, Rabu 31 Mei 2017 yang dilaksanakan besok Kamis 01 Juni 2017 sesuai dengan Surat Edaran Kakanwil Kemenagsu.

Kemenag Tanjungbalai Gelar Rapat Jelang Hari Kelahiran Pancasila

Rapat dihadiri seluruh Kepala Seksi, Koordinator Umum, Koordinator Kepeg serta Pengawas PAI yeng membahas tentang petugas upacara dan teknis upacara.

Kakankemenag Tanjungbalai dalam arahannya menyampaikan walaupun dalam keadaan berpuasa serta libur tanggal merah kita harus tetap melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai bukti kecintaan terhadap pancasila sebagai ideologi negara dan juga sebagai Aparatur Sipil Negara yang baik.

Belaiu juga menambahkan jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dalam melaksanakan tugas yang telah diamanahkan kepada kita tapi jadikanlah puasa sebagai kekuatan dalam melaksanakan tugas serta amal ibadah kepada Allah SWT.